Manfaat Membaca Buku

Friday, October 16, 2020



Manfaat membaca buku

Hai pembaca setia blog elvanasira, sudah berapa buku yang sudah kalian baca tahun 2020 ini? Ada peningkatan atau mengalami penurunan terhadap minat bacanya? Ngomong-ngomong soal minat baca, membaca buku mesti dibiasakan, setidaknya dalam sebulan punya target mesti baca berapa buku. Namun, jika tidak sempat membaca banyak buku dalam sebulan, setidaknya punya target dalam setahun. Seperti yang dilakukan mbak Ipeh Alena, yang mana pada tahun 2020 dia memiliki target meski yang tercapai akhirnya hanya 26 buku saja yang berhasil dibaca. Lebih baik, daripada tidak sama sekali.


Membaca buku dapat menambah wawasan kita dalam berbagai hal seperti mengenai ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya, bahkan dengan rajin membaca tentunya akan menambah ilmu dan dapat membantu mengubah masa depan lebih baik. Perlu kita ketahui membaca buku banyak informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang


Di era modern seperti sekarang ini, media buku tidak hanya berupa buku cetak, akan tetapi juga hadir dalam bentuk buku digital sehingga praktis bagi kita untuk mendapatkan informasi apapun. Selain yang Saya sebutkan tadi, berikut adalah beberapa manfaat membaca buku yang perlu teman-teman ketahui.


Manfaat Membaca Buku

Membaca buku banyak memiliki manfaat, yang mana tidak sekarang namun suatu saat akan memberikan dampak positif bagi kita. Diantaranya:

  • Dapat Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, tentunya kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup, baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang. Karena dari proses membaca buku, tentu saja dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, mengetahui informasi baru yang selama ini belum kita ketahui, yang mana kemungkinan besar hal tersebut dapat berguna bagi kita nantinya. 



  • Dapat Menstimulasi Mental

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang memerlukan latihan agar tetap kuat dan sehat seperti organ tubuh yang lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia, karena dari proses membaca buku dapat menjaga otak kita agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. 


  • Menambah Kosakata

Dengan rajin membaca, tentu saja manfaat lainnya yang dapat dirasakan adalah kita dapat mengartikulasikan, membantu menyampaikan pendapat dengan bahasa yang lugas, serta dapat menambah rasa percaya diri pada saat berbicara dengan ataupun di depan orang lain. Semakin banyak melakukan kegiatan membaca buku, maka akan semakin banyak kita mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal yang belum diketahui, serta dapat menambah jumlah kosakata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.


  • Melatih Keterampilan Untuk Berfikir dan Menganalisa

Manfaat lainnya dari membaca buku adalah dapat melatih otak kita untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis berbagai masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca. Hal tersebut juga dapat membantu mengembangkan karakter kita di masa mendatang.


  • Melatih Agar Dapat Menulis Dengan Baik

Dalam hal menulis, kita perlu melatih dan menambah kosakata, tentu saja bisa kita peroleh dari kegiatan membaca buku. Bahkan dari aktivitas membaca buku tersebut otomatis dapat membantu kita untuk dapat membuat karya tulis sendiri dengan bahasa yang lebih baik  dari apa yang telah kita baca sebelumnya.



Nah, itulah beberapa manfaat dari membaca buku yang perlu teman-teman ketahui. Membaca buku harus dibiasakan sedini mungkin, meski sebulan hanya bisa membaca 5 buku, mana tahu bulan depan bisa nambah hingga bisa membaca lebih dari 5 buku. Semoga bermanfaat.

17 comments on "Manfaat Membaca Buku"
  1. Bener kak, baca buku tuh bisa bantu nambah kosakata banget. Aku loh baru tau ada istilah "Melipir" sama "sepelemparan daun/kayu" gara-gara baca buku.

    ReplyDelete
  2. senenang ya bisa membaca banyak banget manfaatnya, apalagi ayat pertama quran jg nyuruh kita baca ya mbak

    ReplyDelete
  3. Banyak banget manfaat dari membaca buku yang bisa diaplikasikan dalam hidup, saya minimal 1 buku dalam 2bulan yang harus dibeli

    ReplyDelete
  4. Setuju mbak, dengan membaca dapat menambah kosa kata dan pengetahuan terlebih sebagai narablog ya karena butuh inspirasi untuk menulis

    ReplyDelete
  5. Saya berusaha membaca buku agar kemampuan menulis juga semakin tajam sih mba. Emang membaca itu banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  6. Kebiasaan Membaca buku ini sekarang yg mulai jarang. Padahal manfaatnya sangat banyak. Bagi penulis, membaca kayaknya menjadi hal yg wajib. Agar tulisan nya semakin baik

    ReplyDelete
  7. Memang betul kak, aku dulu dapat door prize bisa menjawab karena sering baca buku. Berharap harga buku bisa terjangkau. Kalaupun harganya mahal minimal punya banyak uang untuk beli. Hihihi

    ReplyDelete
  8. setuju kak! biasanya selesai membaca buku, aku jadi dapet insight baru yang bisa membantuku dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari :D

    ReplyDelete
  9. salah satunya juga menambah wawasan ya. dari membaca wawasan kita akan lebih luas dan jadi semakin paham deh. selain itu, enggak malas membaca. sekarang banyak banget yang bilangnya blogger atau penulis tapi pas di kasih brief untuk campaign, pada males baca hihi.

    ReplyDelete
  10. setuju banget kalau membaca buku itu harus dimulai sejak dini sehingga anak-anak terbiasa dengan membaca buku dan kedepannya tidak perlu untuk dipaksa membaca karena sudah menjadi suatu kebiasaan yang baik

    ReplyDelete
  11. Wah sedih banget nih menjelang pergantian tahun aja tapi kayaknya buku yang kubaca di tahun ini sedikit banget kak. Tapi emang Iya ya manfaat membaca itu banyak banget apalagi sebagai blogger kayak kita ini harus lebih banyak membaca agar kosakata kita menjadi meningkat

    ReplyDelete
  12. Semakin anak daring di rumah, semakin sempit waktu me time buat baca buku kak Elva 😭

    Kepengen emang bisa minimal satu pekan satu buku. Banyak manfaat yang bisa didapat .
    Minimal bisa ngerefresh setelah beraktivitas seharian.

    ReplyDelete
  13. Ulasan yang lengkap banget mbak Elva. Makanya gak heran kalau ada ungkapan yang bilang, kalau baca buku itu sama kayak sedang membuka jendela dunia

    ReplyDelete
  14. Banyak sekali ya kak manfaat membaca buku itu, dapat juga mencegah penyakit pikun ya kak .

    ReplyDelete
  15. Betul banget, mbak. Setuju semua. Apalagi membaca juga bisa menghindarkan kita dari kepikunan saat sudah tua nanti

    ReplyDelete
  16. Banyak banget ta Mbak manfaat membaca buku. Sayangnya buku sudah tidak seramai dulu ya peminatnya.

    ReplyDelete
  17. Yup.. disaya terasa banget manfaatnya mengasah kemampuan berfikir dan menganalisa dari membaca buku kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature