Cara Menghasilkan Uang dari Menulis

Tuesday, October 6, 2020
Cara menghasilkan uang dari menulis


Di era serba digital seperti sekarang ini tentunya mempermudah siapapun dalam mengakses berbagai info, bahkan melalui digital seseorang juga bisa mendapat penghasilan tambahan, baik berjualan melalui media sosial bahkan dalam hal menawarkan jasa melalui online. Namun, diantara kalian apakah sudah tahu, jika kita juga bisa menghasilkan uang dari menulis? Nah, agar nggak makin penasaran, kalian bisa baca ulasan Saya berikut hingga tuntas.


Saya pribadi yang sudah mulai berkecimpung di dunia kepenulisan, tentunya sudah merasakan beberapa manfaat dari hobi menulis yang telah Saya tekuni sejak akhir tahun 2015 lalu. Awalnya, Saya menulis hanya ingin belajar membuat sebuah karya fiksi, lalu merambah ke karya nonfiksi, yang mana kedua kegiatan itu sama-sama mesti dipelajari dan ditekuni agar berhasil. Beberapa teman kepenulisan juga ada yang tetap aktif menulis meski ia sudah memiliki pekerjaan tetap. Itu artinya menulis adalah salah satu cara kita agar tetap belajar dan terus belajar.


Hingga kemudian, Saya pun akhirnya makin jatuh hati dengan dunia tulis menulis hingga saat ini dan merasakan manfaat dari kegiatan menulis tersebut, diantaranya menambah jejaring pertemanan dengan sesama penulis, bahkan sampai mendapatkan penghasilan. Ngomong-ngomong soal mendapatkan penghasilan dari menulis, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan, diantaranya:

  • Menerbitkan Buku

Jika kalian hobi menulis mengenai beragam tips, ataupun cerpen hingga novel, tentu saja karya tersebut dapat diajukan ke berbagai penerbit, dan jika penerbit suka dengan karyamu maka karya tersebut akan dicetak dalam bentuk buku yang kemudian dipasarkan ke toko-toko buku, dan kamu tinggal menunggu royalti yang akan didapat dari penjualan buku tersebut.


  • Membuka Jasa Penulisan

Saat ini mulai banyak marketplace, bahkan situs-situs yang membutuhkan jasa penulis artikel, sebab beberapa diantaranya tidak sanggup menulis sendiri artikel untuk situsnya, sehingga kemudian mereka membutuhkan jasa penulis tersebut. Disinilah peluang emas buat penulis mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Terlebih jika tulisanmu banyak disukai, maka pelanggan pun akan terus memesan artikel yang mereka butuhkan. Tentunya dalam hal ini kamu dilarang buat copy paste hasil karya tulis orang lain, sebab jika itu terjadi bisa dipastikan pelangganmu kecewa dan mereka tidak akan menggunakan jasamu lagi. Sangat disayangkan, bukan?


  • Mengirim Tulisan ke Berbagai Media

Ada beragam media yang menerima karya tulis seperti media cetak maupun online, dan tentu saja dengan rate card yang berbeda-beda, tergantung ke media mana yang dituju. Proses mengirim tulisan pun bisa dengan dua cara, melalui email atau kirim langsung ke alamat media yang dituju. Dan, otomatis akan dibayar jika tulisan kita tersebut dimuat. 


Nah, ngomongin soal media online, kalian mesti tahu info menarik yang akan Saya sampaikan berikut, yakni menjadi bagian dari SociaBuzz Tribe, sebab Saya sudah merasakan sendiri manfaat ketika bergabung dengan SociaBuzz Tribe.


Sekilas Mengenai SociaBuzz Tribe

Cara mendapatkan uang dari menulis


Bagi sebagian orang tentunya sudah kenal dengan salah satu fitur SociaBuzz Pro, namun bagi yang belum tahu setelah membaca ulasan berikut pastinya kalian akan lebih tahu.


Jadi, SociaBuzz Tribe ini berfungsi untuk memudahkan para blogger maupun penulis dalam menerima dukungan dari pembaca serta penikmat karyanya dan dengan bergabung kita bisa menghasilkan uang. Caranya cukup mudah, yakni dengan membuat halaman SociaBuzz Tribe dan kemudian ajak para pembaca untuk menyampaikan apresiasi serta dukungan melalui halaman Suku SociaBuzz tersebut


Beberapa kelebihan SociaBuzz Tribe dibandingkan platform galang dukungan lainnya yang harus kalian ketahui, diantaranya:

  • Halaman galang dukungan bisa dibuat semenarik mungkin sesuai keinginan.
  • Metode pembayaran lengkap, yakni bisa melalui dompet digital maupun transfer bank. 
  • Cepat cair, maksimal 3 hari kerja dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa kalian rasakan.


Bagaimana? Tertarik buat gabung? Kalau begitu, buruan dan nikmati segala manfaatnya.


Cara Membuat Halaman SociaBuzz Tribe

Berikut adalah cara yang bisa kalian lakukan, diantaranya:

  • Upload foto profilmu dan isi deskripsi, lalu buat beberapa pilihan dukungan
  • Jika semua tahapan sudah selesai dilakukan, selanjutnya kalian tinggal share halaman galang dukungan ke berbagai media sosialmu. 






Nah, itulah beberapa info yang bisa Saya share buat teman-teman, semoga bermanfaat!



33 comments on "Cara Menghasilkan Uang dari Menulis"
  1. Wah menarik sekali ini info sociaBuzz Tribe nya mba.
    Dari tiga kelebihan dibandingkan platform lainnya, point yang terakhir itu bakalan jadi point paling menguntungkan buat penggunanya
    Bila dana cepat cair tentu membuat semangat dan makin produktif menulis

    ReplyDelete
  2. Yang paling penting emang cepat cair ya kak Elva 😁.
    Secara kadang kerjaan nulis lama banget cairnya. Kadang harus dengan nominal tertentu dulu baru bisa dicairkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya mbak, krn itu kan jadi penyemangat

      Delete
    2. Ku jadi kepengen daftar sociabuzz tribe kak. Manatau ada rezeki menulis lewat sociabuzz.
      Soalnya seneng banget bisa berpenghasilan dari rumah sambil jaga anak ya kan kak

      Delete
  3. Wah, aku sudah lama banget mendaftar ke sociobuzz ini. Sering dapat notifikasi juga dari situsnya. Duh, sepertinya harus mulai luangkan waktu buat ngoprek nih. Sayang banget kan kalau nggak dimanfaatkan. Siapa tahu tercipta peluang penghasilan tambahan dari sini. Duh, makasih udah diingetin, Kak Elva ...

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah dapat info baru. Jadi ingin ikutan Mbak, semoga nanti bisa ikutan gabung.
    Mengikuti jejak Mbak Elva.

    ReplyDelete
  5. Punya ketrampilan menulis tuh enak banget, ya. Peluang memperoleh penghasilan ada banyak. Meski tentunya harus ada upaya tersendiri, ya. Makanya, sejak kecil anak-anak kukenalkan ke dunia menulis juga, nih. Agar di masa depan bisa berguna untuk diri sendiri maupun orang lain. Menuliskan tulisan bermanfaat semoga bisa menjadi amal jariyah, ya.

    Siapa tahu juga nanti mereka ikut terlibat di platform seperti sociobuzz ini. Halah, padahal anaknya masih kecil, hahaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl udah dikenalkan dari kecil, lama2 pastinya mereka bakalan tertarik

      Delete
  6. aku pernah coba mau daftar di sociabuzz tapi ngga pede karena kurang optimal medsosnya.. hihi Dan mengira Blogger ngga bisa dapat kesempatan.

    Ternyata ada yg lain lagi nih jalan buat Blogger di sociabuzz, kayaknya sekarang harus segera gabung di sociabuzz tribe.

    ReplyDelete
  7. Sepertinya aku sudah pernah daftar deh tapi entah sampai selesai atau gak. Nanti pas senggang coba cek lagi ah menarik juga infonya. Terima kasih sudah diingatkan kembali.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah saya sudah dapat rezeki dari menulis dengan jalan di atas, Mbak Elva. Dimulai dari senang menulis, lalu coba kirim ke media anak, terus dapat tawaran menerbitkan buku, dan termasuk job menulis di blog juga.

    Dan memang zaman now walau peluang di media semakin terbatas, tapi kesempatan selalu terbuka khususnya di dunia digital dan media online. Inilah yang membuat saya terus semangat menulis.

    ReplyDelete
  9. Saya punya akun juga di Sociobuzz tp gak pernah diceki-ceki lagi hihi.,. baca artikel mbak Elva ini jadi termotivasi deh buat melihat lagi akun saya. Ada Sociobuzz Tribe juga yaa

    ReplyDelete
  10. Saya punya akun di sociobuzz tapi saya anggurin. Hahaha.. Baca tulisan ini jadi pengin ngulik lagi dehhh.. semoga ada rejeki datang juga lewat sociobuzz..

    ReplyDelete
  11. Aku pernah daftar tapi masih belum jodoh kali yaaa. Semoga rezeki datang pada waktunya. Hehehe.

    ReplyDelete
  12. wah perlu nih saya. urusan nulis udah dari zaman baheula. tp di platform digital masih meraba2. maklum generasi-x, lambat bener urusan teknologi 😀

    ReplyDelete
  13. Wah info ini saya baru tau mbak..dan sy senang ternyata fee-nya cepat cair ya..langsung ke tekape ah.. mksh infonya

    ReplyDelete
  14. Aku baru tau infonya nih, semoga ga ketinggalan jauh mau ikutan juga. Apalagi menulis juga sudah menjadi hobi aku, bisa jadi semangat untuk menulis

    ReplyDelete
  15. Aku sering denger soal Sociabuzz tapi nggak pernah tahu sedetail ini. Baru tahu kita bisa menghasilkan uang lewat sini dengan kirim tulisan kita. Aku sangka mempertemukan brand dan influencer tapi ternyata lebih ke tulisan ya. Cara daftarnya ternyata mudah juga ya mba

    ReplyDelete
  16. Wah, aku belum gabung nih Mbak Elva di Sociobuzz, lengkap ini tutorialnya ..bisa nanti dicoba
    Memang jika kita bisa memanfaatkan peluang maka bisa menghasilkan pendapatan dari menulis ya.
    Profesi yang ditekuni sesuai passion pasti akan menyenangkan jika dijalani

    ReplyDelete
  17. Wah aku belum nyoba yang sociobuzz ni mbaa. Nyoba aahh. beberapa udah nyoba, buat penjajakan, hehehe. nampaknya harus nyoba sociobuzz juga nih siapa tahu cocokk yeyy

    ReplyDelete
  18. Aku tertarik sih bikin tribe ini, tapi bingung mau dimasukin konten apa. enaknya gimana ya?

    ReplyDelete
  19. saya pernah denger tentang sociabuzz, tapi belum pernah daftar. aku coba ah

    ReplyDelete
  20. wahh sangat menarik, aku juga segera mendaftar, cepat cair yahh? wahh jadi semangat menulis donkk

    ReplyDelete
  21. Baru masuk ke dunia blogger profesional sebulanan nih, tapi udah pengen tahu rasanya dapet job dari menulis di blog sendiri. Aku pertimbangan kak untuk gabung Sociabuzz Tribe

    ReplyDelete
  22. Sudah lama banget enggak login di Sociabuzz. Pasca ada fitur Sociabuzz Tribe ini, tampaknya bergeliat lagi ya aktivitas buzz disana. Jadi penasaran dan pengin login lagi.

    ReplyDelete
  23. Lihat keuntungan ketiga dari Platform Sosiobuzz, saya jadi pingin daftar deh.
    Emak-emak kayak saya tuh kalau disodorkan duit emang gercep banget hahaha... noted ni mbak. Makasih infonya ya

    ReplyDelete
  24. Pernah bergabung dengan sociabuzz. Tapi yang fitur pro nya belum pernah. Pernah dpt job juga dari situ. Sepertinya semakin menarik buat para blogger.

    ReplyDelete
  25. menarik ya mbak. seperti semacam patreon kah ini?
    jadi mendukung usaha kita untuk menciptakan konten berkualitas

    ReplyDelete
  26. Menarik nih sociabuzz ..aku jadi pengen bikin akunnya apalagi pembayarannya cepat wah keren

    ReplyDelete
  27. Aku kemarin sempat login kak , eh tapi ada yang salah dehh , nanti coba ulang lagi dehh makasih infonya kak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature