Bersama Dompet Dhuafa, Wujudkan Gerakan Sejuta Wakif

Friday, February 2, 2018

      Tanpa disadari ataupun tidak, hingga saat ini telah terdapat 29 orang juta orang miskin, dan dari total 176,74 juta peserta BPJS kesehatan, sebanyak 92 juta (52 persen) merupakan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Indonesia menjadi Negara dengan tingkat kesenjangan paling tinggi urutan ke – 4 di Dunia. Meskipun kekayaan per orang meningkat sebanyak 6 kali lipat selama periode 2000 – 2016, akan tetapi menurut standart Internasional kekayaan rata-rata orang di Indonesia masih rendah. Tercatat total harta empat orang terkaya di Indonesia sebanyak 25 Milliyar Dollar AS, setara dengan gabungan kekayaan 100 juta orang termiskin (Oxfam International).


    Selasa, 30 Januari 2018, saya menghadiri acara Dompet Dhuafa di Gado-gadi Boplo, meskipun cuaca di Depok terlihat kurang bersahabat. Acara yang memberi informasi mengenai Public Expose Dompet Dhuafa. Tentunya dengan beberapa orang pemateri yang telah lama berkecimpung di Dompet Dhuafa, masing-masing pemateri yakni:
1. Pak Ismail A Said, Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika.
2. Drg. Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.
3. Pak Iwan Ridwan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Enterprise.
4. Pak Mukhlis Bahrainy, Pengusaha Agroindustri.
5. Pak Fadhil, Pendamping Ekonomi Program Green Horti Mojokerto

Kilas Dompet Dhuafa

     Dompet Dhuafa (DD) merupakan organisasi nirlaba milik masyarakat global, dan juga merupakan lembaga filantropi Islam yang bersumber dari dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF)  dan dana halal lainnya yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik (prophetic socio-technopreneurship).

   Dompet Dhuafa memasuki usia yang ke – 25 ini, mencoba berkolaborasi dengan membawa budaya masyarakat Indonesia untuk terus bersama memajukan bangsa. Dan, selama tahun 2017 Dompet Dhuafa telah berkiprah berkontribusi menyelesaikan masalah kemanusiaan di dalam dan luar negeri, bekerjasama dengan berbagai multistakeholder, baik pemerintah dan NGO Nasional serta Internasional. Saat ini Dompet Dhuafa telah memiliki 17 cabang dan perwakilan dalam negeri, 5 cabang berada di luar negeri, 9 kantor layanan, 138 program, 18 gerai sehat layanan kesehatan Cuma-Cuma, 5 rumah sakit, 4 sekolah, 7 outlet Dayamart, 1 De Fresh, 11 unit bisnis, sebagian besar pertumbuhan merupakan hasil pendekatan Dompet Dhuafa terhadap khasanah budaya lokal.

    Dompet Dhuafa telah memperluas jaringannya di 21 provinsi di Indonesia dan kantor perwakilan di 5 negara Hong Kong, Australia, Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan. Dimana semua kegiatan itu dilakukan dengan dukungan 60.000 donor setia yang secara ekonomi mapan, professional dan berpendidikan.

Laporan Kinerja Dompet Dhuafa


     Menurut Drg. Imam Rulyawan MARS, selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi mengatakan bahwa Dompet Dhuafa selama perjalanan 25 tahun ini semakin menguatkan potensi lokal dengan menjalankan konsep Social Enterprise seperti program Green Horti dan Kebun Indonesia Berdaya.

    Jumlah penerima manfaat Dompet Dhuafa dari tahun 1993 hingga tahun 2017 yakni sebanyak 16.80 juta jiwa dan layanan, sementara jumlah penerima manfaat Dompet Dhuafa di tahun 2017 sebanyak 1,76 juta jiwa dan layanan. Sementara pada kesempatan lain, Bapak Iwan Ridwan selaku Direktur Dompet Dhuafa Social Enterprise menuturkan bahwa Dompet Dhuafa Social Enterprise melakukan pengembangan dan penguatan usaha-usaha dengan berbasis Social Enterprise yang professional menuju kemandirian usaha dan menciptakan nilai-nilai sosial dalam rangka meningkatkan pemertaan sosial, menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


     Sinergi antara Dompet Dhuafa Filantropi dengan Dompet Dhuafa Social Enterprise terus melebarkan sayap dengan berbagai program untuk bahu membahu membangun program yang berkelanjutan.

    Selain itu, pada bidang retail bisnis, melalui unit usaha Dompet Dhuafa Niaga selama tahun 2017 telah dikembangkan unit usaha Daya Mart yakni model bisnis retail berbasis pemberdayaan dengan konsep 100 persen kepemilikan diarahkan untuk kaum Dhuafa. Sebagai piloting Daya Mart dikembangkan di daearah Sumatera Barat dan selama tahun 2017 sudah dibuka sebanyak enam gerai dengan managemen dari Dompet Dhuafa Niaga.


    Daya Mart juga dapat menampung produk Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM) lokal untuk dipasarkan melalui Daya Mart. Strategi yang dikembangkan oleh Daya Mart antara lain memperkuat permodalan dan membangun jaringan distribusi dengan warung/ kios di sekitar Daya Mart. Sedangkan pada bidang agro industry Dompet Dhuafa Social Enterprise (DDSE) melalui PT. Karya Masyarakat Mandiri (KMM) dengan program Indonesia Berdaya telah mengolah lahan seluas 8, 5 hektar yang ditanami dengan aneka tanaman buah.

    Sementara pada bidang kesehatan DDSE selama tahun 2017 mengembangkan social hospital network, yaitu rumah sakit berbasis wakaf. Konsep social hospital network dimana nantinya setiap Rumah Sakit afilliasi Dompet Dhuafa akan dikelilingi minimal empat klinik sebagai feeder Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan demikian akan semakin banyak kaum dhuafa yang dapat dilayani.

    Dompet Dhuafa telah memiliki banyak jumlah relawan mencapai 8.481 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Lima pilar yang dimiliki oleh Dompet Dhuafa seperti Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial serta dakwah menjadi pondasi dalam mengembangkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.


    Nah, buat sobat yang ingin bergabung menjadi donator, atau hanya ingin mengetahui lebih jauh mengenai Dompet Dhuafa, dapat melalui situs di bawah ini:
IG: @dompet_dhuafa
Twitter: @dompet_dhuafa

FB: dompet dhuafa
30 comments on "Bersama Dompet Dhuafa, Wujudkan Gerakan Sejuta Wakif"
  1. Thanks for sharing mba :D
    Nanti saya coba buka website nya pengin tahu juga, hehe

    ReplyDelete
  2. Bangga dan salut sama semua program dompet dhuafa ini, sukses mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat Indonesia yang kekurangan

    ReplyDelete
  3. Keren2 ya program dompet dhuafa, jadi semangat buat bisa memberdayakan para dhuafa.

    ReplyDelete
  4. Memberdayakan masyarakat dengan yang ada di sekitar ini yang tertanam.di aku kalau bicara DD. Makin banyak yang terangkat dan terbantu dengan program2nya.

    ReplyDelete
  5. Programnya keren² ya DD ini, sangat membantu dan menginspirasi

    ReplyDelete
  6. beruntung bisa datang ke acara jadi tau banyak program-program DD untuk para Dhuafa

    ReplyDelete
  7. Kehadiran dompet dhuafa sangat bermanfaaat bagi warga yang membutuhkan. Semoga makin banyak orang baik di dunia ini.

    ReplyDelete
  8. Masya Allah semakin lama relawannya semakin bertambah, semoga semakin banyak Saudara kita yang membutuhkan, mendapatkan kehidupan yang lebih baik, Amiiin

    ReplyDelete
  9. Seneng ya bisa ikut acara DD kemarin, menginspirasi banget

    ReplyDelete
  10. Thanks for sharing yaaa... Alhamdulillah ya dana umat membawa manfaat

    ReplyDelete
  11. Salah satu lembaga yang saya percaya utk infaq, sedekah dll ya Dompet Dhuafa ini.
    Baru tahu soal Daya Mart. Tapi di JAwa blm ada ya mbak? TFS

    ReplyDelete
  12. Aku dari dulu kalau bayar zakat dll selalu lewat DD soalnya praktis (bisa bayar lewat atm dan kadang ada tempat-tempat dimana mereka buka booth dan bisa langsung swipe kartu debet). Udah gitu tiap bulan selalu dikirimi laporannya juga lewat surat sehingga jelas dan transparan.

    Semoga Dompet Dhuafa bisa terus istiqomah menjadi lembaga yang selalu mengedepankan kepentingan umat dan bisa terus membantu mensejahterakan masyarakat Indonesia. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. usia 25 tahun ibarat manusia menjelang dewasa, makin matang

    sesuai sama DD yg makin banyak programnya dan sangat dibutuhkan kaum dhuafa

    ReplyDelete
  14. Indonesia harus bangga karena punya Dompet Dhuafa. Lembaga yg banyak membantu memberdayakan masyarakat dhuafa. Salut sama DD!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dan harusnya lebih kuat dukungan utk kesuksesan DD kedepannya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature