Tips Nyaman Berwisata Bersama Balita

Sunday, February 18, 2018
Picture: by pixabay

Weekend atau akhir pekan merupakan hari yang dinanti-nanti oleh anggota keluarga, terutama orang tua yang rutinitasnya enam hari bekerja, tentu saja membutuhkan liburan untuk menyegarkan otak. Berlibur bersama keluarga merupakan ‘ajang’ mempererat tali kasih sayang antar anggota keluarga. Sebab, selama enam hari dalam sepekan waktu dihabiskan untuk pekerjaan.

Namun, meskipun begitu pada kenyataannya ada juga yang ingin menghabiskan waktu libur panjang hanya di rumah, terutama bunda yang masih memiliki balita. Tentu saja ketika akan memutuskan untuk berwisata, ada beberapa hal yang membuat seorang ibu lebih memilih berlibur di rumah, salah satunya adalah akan merasa repot apabila membawa balita berwisata. Akan tetapi, ada sebagian ibu yang lebih memilih berwisata dengan membawa si kecil dan tentu saja dengan tujuan agar si kecil dapat mengenal alam sekitar.

Ketika bunda memutuskan akan melakukan perjalanan wisata bersama si kecil, misalnya ke Ancol, Taman Mini, Ragunan atau tempat wisata lainnya, tentu saja sebagai seorang ibu harus siap segala sesuatu ketika mengajak buah hatinya yang masih balita. Tentu bunda tidak mau kan, saat asik-asiknya menikmati objek wisata tiba-tiba si kecil menangis terus-menerus karena merasa tidak nyaman? Nah, untuk itu sebelum melakukan perjalanan berwisata, ada baiknya mempersiapkan poin-poin berikut:

1). Persiapkan pakaian yang nyaman.

Pakaian merupakan hal yang terpenting diperhatikan ketika akan memutuskan untuk melakukan perjalanan. Sebab, ada beberapa teman yang mengatakan kepada saya, saat baru beberapa menit menggendong si kecil ke suatu acara mereka ingin segera pulang, hal itu dikarenakan ketidaknyamanan terhadap pakaian yang mereka pakai.

Nah, untuk itu baik Bunda maupun si kecil perlu menggunakan pakaian yang nyaman di badan apalagi saat melakukan perjalanan berwisata, seperti misalnya: bahan dapat menyerap keringat, serat kain halus. Hindari menggunakan pakaian berbahan sifon, sebab bahan jenis sifon tidak menyerap keringat sehingga dapat menimbulkan bau badan yang tak sedap. Untuk model baju yang akan dikenakan ketika berwisata, selain model polos, Bunda juga bisa memakai pakaian model baju batik, karena trend saat ini baju batik tidak mesti dipakai pada saat acara resmi saja, akan tetapi juga cocok dipakai saat berwisata. yang terpenting bahannya nyaman ya bunda.

2). Bawa bekal secukupnya.

Berdasarkan pengalaman saya saat melakukan perjalanan wisata, menang besar kemungkinan di lokasi wisata ada penjual makanan maupun minuman. Namun, tentu saja harga antara jajanan di lokasi wisata 'sedikit' mahal daripada yang dijual pada warung-warung di luar lokasi wisata.

Nah, untuk itu Ada baiknya kita bawa bekal sendiri dari rumah, sebab selain lebih hemat kebersihannya juga terjaga. Bila perlu, sediakan camilan sehat buat si kecil.

3). Bawa Stroller.
Pic. By pixabay

Saat berwisata sebaiknya sedia stroller atau kereta bayi ya bunda, sebab bila si kecil dalam keadaan lelah serta mengantuk selama bepergian kereta bayi ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur sementara yang cukup nyaman.

4). Bawa mainan seperlunya.

Meskipun sepele akan tetapi ada baiknya Bunda membawa  mainan si kecil, agar si kecil merasa senang. Apalagi ketika sedang beristirahat, tentu saja mainan menjadi pengalih perhatiannya agar tidak rewel.

5). Sedia minyak telon, tisu dan handuk kecil.

Saat berwisata terutama ketika membawa balita, minyak telon sangat penting untuk dibawa. Ini bertujuan agar ketika si kecil digigit semut ataupun nyamuk bunda dapat mengoleskan tubuhnya yang kena gigitan tersebut, agar si kecil tetap nyaman dan tenang. Sedangkan tisu dan handuk akan sangat dibutuhkan ketika si kecil BAB (buang air besar) ataupun BAK (buang air kecil).

6). Kantong kresek.

Sebelum berpergian hendaklah kantong kresek juga dibawa ya Bunda, sebab ketika berpergian terutama saat berwisata, kantong kresek ini akan sangat berguna sekali. Apalagi ketika si kecil buang air besar (BAK) tentu saja berguna saat ingin membuang pampers namun ternyata tong sampah cukup jauh dari WC tersebut.

Apabila bunda telah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mengajak si kecil berwisata, tentu saja perjalanan wisata akan menyenangkan dan akan memberikan kesan tersendiri bagi si kecil. Bahkan si kecil akan merindukan momen berwisata bersama kedua orang tuanya.

Nah, itulah beberapa yang harus dipersiapkan sebelum mengajak si kecil berwisata bunda. Jika bunda ataupun ayah punya tips lain, boleh share di kolom komentar.

15 comments on "Tips Nyaman Berwisata Bersama Balita"
  1. Jangan lupaaa bawa kameraaaa, buat yg suka poto-poto hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kamera sih gak bisa tinggal itu mbak

      Delete
  2. Ok mba, terimakasih tipsnya, kebetulan maret nanti ada planning ngetrip ke jaws for the very first time bareng bocil... Jadi berguna banget diingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak. Moga ngetripnya menyenangkan

      Delete
  3. iya bawa kresek itu wajib kadang ga hanya buat buang pampers juga mba kalau sekarang anakku dah gede biasanya buat buang sampah karena aku ga mau biasain buang sampah sembarangan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap itu mbak, jadi anak2 terbiasa untuk membuang sampah ke tempat sampah

      Delete
  4. Yang penting perbekalan makanan dan minuman sih, sama perlengkapan bayi. Kalo musim hujan, saya malah lebih memilih liburan di dalam rumah aja, repot nanti kehujanan, kasian si kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hujan siapapun jg gak ada yg mau berwisata :)

      Delete
  5. kalau aku, pas jalan-jalan itu yang utama adalah bawa cemilan dan air putih yang banyak :)

    ReplyDelete
  6. Popok sama cemilan kayaknya yang lumayan wajib dibawa kalau saya pas piknik sama anak

    ReplyDelete
  7. Makasi tips nya,, kantong kresek jd masuk list nih,, kecil tp terlupakan..

    ReplyDelete
  8. wah jadi inget jaman anak2 masih kecil, kalau jalan2 atau liburan bawaannya segudang

    ReplyDelete
  9. kalo kami, bawaannya banyak yaaak

    ReplyDelete
  10. anak-anak suka sekali di ajak ke alam bebas, jadi butuh tenda dan tikar, sama baju

    ReplyDelete
  11. Tips yang bagus mba, memang harus dan perlu di perhatikan kalo berwisata bareng keluarga apa lagi sama balita beda halnya jika berwisata sendiri atau tidak sama keluarga :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature