Tips Agar Sinopsis FTV Kamu di ACC

Senin, 01 Juni 2020

Meskipun kedepannya Kita akan menjalani kehidupan New Normal setelah beberapa bulan di rumah aja, tentu saja kesehatan dan kebersihan tetap harus dijaga, gunakan masker selalu saat ke luar rumah. Lalu, apa hubungannya dengan di ACC-nya sinopsis FTV? Pasti bertanya-tanya. Tentu saja ada. Jika beberapa bulan ini penerimaan sinopsis sempat ditutup (karena pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan untuk syuting film seperti biasa), namun tidak ada yang bisa memprediksikan jika bulan depan atau bulan depannya lagi penerimaan sinopsis kembali dibuka. So, persiapkan sinopsis kalian mulai dari sekarang, agar saat penerimaan sinopsis itu datang, Kalian bisa langsung kirim tanpa perlu terburu-buru untuk menulisnya bahkan mengedit ulang, karena kalian sudah punya banyak stok ide cerita yang sudah siap kirim.

Nah, dalam hal menulis sinopsis FTV, jauh beda loh ketika menulis sinopsis novel. Sebab, jika tulisan tidak sesuai format, jangan harap karya Kalian bakal di ACC. Ini nih yang sering terjadi pada beberapa pemula yang ingin mengirim ide ceritanya buat FTV (pengalaman saat Saya membaca beberapa pemula kirim sinopsis tersebut).

Format Menulis Sinopsis FTV 

Dalam menulis sinopsis FTV, sangat penting memerhatikan beberapa hal berikut, sebab jika tidak sesuai format jangan harap karyamu akan dibaca😅. 

  • Jumlah Halaman

Ketik sinopsis dengan rapi menggunakan Microsoft Word Office (MS Word) antara 2-5 halaman, tidak boleh lebih ya! Dan, itu sudah termasuk lembaran karakteristik pemain. 

  • Jenis Kertas dan Font

Tulis di MS Word menggunakan ukuran kertas A4, dengan jenis font Courier New ukuran 12, spasi 1. Dan rata kanan-kiri serta berparagraf atau sedikit menjorok ke dalam. 

  • Ketentuan Judul dan Nama Penulis

Untuk judul, semuanya gunakan huruf besar dan di bold dengan ukuran font 20, sedangkan nama penulis gunakan huruf kecil di bawah judul, seperti contoh berikut:
MIE AYAM LEVEL CEMBURU 
Dede Hartini 



  • Penggunaan Kalimat

Jangan gunakan kalimat yang bertele-tele dan juga tidak menggunakan bahasa novel, ya!

  • Cara Mencari Ide Cerita yang Sesuai Keinginan FTV yang Dituju

Sering-seringlah menonton FTV dan membaca beberapa contoh sinopsis FTV, lalu catat hal penting apa saja yang terjadi saat film tersebut berlangsung, seperti misalnya isi cerita tersebut tentang apa (FTV religi, atau remaja, dll), tujuan dan konfliknya apa saja dan pemainnya ngapain aja! 

Nah, kalau untuk dikirim ke stasiun televisi seperti SCTV (yang biasa tayang di jam 10.00 pagi), inti ceritanya mesti ada konflik dan konflik, kemudian berakhir dengan happy ending. Ingat ya! Kudu happy ending, sebab kalau sad ending bukan tipe FTV komedi romantis yang kerap tayang di SCTV tersebut. Namun, beda stasiun televisi tentunya beda pula endingnya. Seperti yang pernah Saya tulis berdua senior Saya yang bernama Exan Zen, dengan judul "Penjual Roti Berjamur" yang pada masanya tayang di stasiun televisi MNCTV dalam program Kuasa Illahi, dimana endingnya si pelaku kejahatan maninggal dunia dan lebih ke religi.

  • Penutup dan Karakteristik Pemain

Tulis kalimat "SEKIAN" pada akhir tulisan sinopsismu, sebagai tanda jika ceritanya sudah berakhir. 

Tulis Karakteristik pemain di bawah kalimat "SEKIAN". Dan yang tidak kalah penting untuk diingat, jumlah pemain maksimal 7 orang dan tidak boleh lebih. Dan, jangan sekali-kali cantumkan pemain bayi, karena susah cari pemain bayi tersebut. 

  • Pengiriman Naskah Sinopsis

Format pengiriman naskah sinopsis FTV berikut juga menjadi bagian penting yang harus diingat, yakni kirimlah file tulisan dalam bentuk doc atau docx, dengan nama file SINOPSIS FTV REGULER-JUDUL SINOPSIS-NAMA KAMU. Seperti contoh berikut: 
SINOPSIS FTV REGULER-MIE AYAM LEVEL CEMBURU-Dede Hartini


  • Pentingnya Sertakan Biodata Narasi dan Surat Pengantar

Biodata narasi dan surat pengantar penting untuk disertakan, agar yang menerima emailmu tahu siapa Kamu dan apa tujuanmu. Tulis biodata narasi pada badan email bersamaan dengan SURAT PENGANTAR, sertakan pula kontak yang bisa dihubungi (Nomor WhatsApp atau nomor telepon), agar saat sinopsismu diterima, Kamu mudah dihubungi.

  • Subjek Email

Perhatikan, untuk bagian subjek email, isilah dengan tulisan SINOPSIS FTV REGULER. Jangan tulisan yang lain ya, auto nggak akan dibaca 😅.

  • Saatnya Kirim Sinopsismu

Kirimlah sinopsis FTV yang sudah diulis ke alamat email yang akan dituju, atau Kalian bisa kirim langsung ke alamat PH (Production House) yang akan dituju melalui pos ataupun JNE (Jika tidak tersedia alamat email pada PH tersebut). Nah, untuk prosedur pengiriman ke alamat PH-nya langsung, Kalian harus pastikan terlebih dulu apakah sinopsis yang Kalian buat sudah berbentuk hard file dan bukan soft file (Maksudnya, bukan dalam bentuk docx lagi, akan tetapi sudah dicetak seperti buku). 



Nah, kalau Saya sudah punya mentor yang bernama Pak Endik Koeswoyo, jadi sinopsis bisa dikirim ke beliau. Hanya saja, pengiriman ke Pak Endik Koeswoyo tidak bisa dilakukan semua orang loh, sebab hanya anggota grup whatsaap (WAG) JPI aja yang bisa kirim, karena di group JPI tim sudah belajar bersama tentang aturan, tema serta segala macam seluk beluk FTV.  Termasuk kapan kita bisa kirim sinopsis, kerena tidak juga bisa setiap saat kita kirim, hal ini dikarenakan untuk mempermudah menyeleksi, serta memberi masukan-masukan pada sinopsis yang masih kurang menarik. Di sinilah letak menariknya belajar bersama-sama mengenai dunia FTV. Dan, hal ini juga bertujuan untuk memudahkan orang-orang penting yang bekerja di sana jika karya sinopsisnya OK untuk ditayangkan. 

Dari beberapa Anggota Jaringan Penulis (JPI), sudah banyak yang telah mengembangkan dirinya dari penulis SINOPSIS menjadi penulis SCENE PLOT hingga ke penulis SKENARIO, ya meskipun belajarnya juga dari jarak jauh. Sebagaimana yang disampaikan oleh Pak Endik saat memberi pengarahan kepada kami, menjadi penulis itu kuncinya yakni: sabar, sabar dan sabar. Selain itu, ketika sinopsismu dikirim maka lupakan, karena jika berjodoh, kamu pasti akan dihubungi, sebagaimana Kamu berjodoh dengannya daripada ditunggu-tunggu namun yang ditunggu belum ada kepastian, kan bikin nyesek *eaaa 😂

Semoga info yang Saya sampaikan bermanfaat yaaa!
10 komentar on "Tips Agar Sinopsis FTV Kamu di ACC "
  1. Menggali bakat lain selain menulis di blog. Semangat untuk menaklukan hati production house. Semoga di Terima naskah FTV

    BalasHapus
  2. Mas Endik saya kenal ketika masih di Taiwan dan kerjasama dalam proyek menulis untuk majalah, saat itu, sebelum semua media cetak pada gulung tikar hehee

    BalasHapus
  3. Bagus. Aku termasuk yang sering ditolak dulu, skrg jd kapok. Mungkin krn salah dalam penulisan. Makasih udh sharing

    BalasHapus
  4. Ilmu yang sangat bermanfaat, Kak. Terima kasih banyak karena sudah sharing. Semoga jadi berkah dan amalan pemberat ke surga kelak. Aamiin...

    BalasHapus
  5. Terimakasih kak Elva. Saya dari dulu penasaran nih gimana sih caranya gabung jadi JPI? Saya sudah DM instagram tp belum dibalas sampai saat ini. Pengin jg dong jadi membernya kak. Terimakasih :)
    Salam, www.jeyjingga.com

    BalasHapus
  6. Terima kasih sudah berbagi, Mbak. Menarik sekali:) Saya mau coba, aahhh...siapa tahu berjodoh, hehehe

    BalasHapus
  7. tapi aku sukanya cerita romantis sad ending nih atau plot twist yang gak ketebak penonton gitu, jadi gimana ya? hehe

    BalasHapus
  8. menarik untuk dipelajari btw sy belum pernah nulis sinopsis ftv...kalau mau lihat contoh sinopsis adakah?

    BalasHapus
  9. mau tanya kak, surat pengantar itu seperti apa?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature