Beberapa Kesalahan Sepele yang Sering Dilakukan Traveler Ketika Traveling

Saturday, September 22, 2018

Traveling? Duuh, itu saya banget. Apalagi objek wisata yang menjadi target merupakan tempat yang belum pernah dikunjungi. Tentunya berbagai persiapan sangat perlu dilakukan. Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh (Traveling) tentunya sudah terbiasa dalam hal mempersiapkam segala sesuatunya. Lalu, bagaimana dengan yang baru mau mencoba traveling? Tentunya, traveling bagi mereka yang belum terbiasa tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebab, tidak jarang traveler harus berhadapan dengan berbagai kendala yang tidak terduga. Bagi Anda yang ingin memulai hobi sebagai traveler, tentu saja tidak ingin menghadapi situasi-situasi yang tidak diinginkan, bukan? Berikut ini beberapa kesalahan umum para traveler yang bisa Anda hindari ketika akan melakukan traveling: 

* Membawa Barang Terlalu Banyak. 
Hal ini pernah saya alami saat baru pertama kali melakukan traveling, hampir semua barang masuk dalam daftar list yang wajib saya bawa. Tentu saja itu dikarenakan saya tidak bisa memperkirakan barang-barang apa saja yang perlu dibawa selama traveling, sehingga pada akhirnya saya membawa barang terlalu banyak. Setelah berada di lokasi dan pulang kembali ke rumah, saya cek ada begitu banyak barang yang saya bawa tersebut tidak terpakai sama sekali.

* Terlalu boros. 
Nah, selama traveling tentunya Anda akan merasakan euforia yang luar biasa sehingga pada akhirnya bisa menjadi bumerang karena tidak mengelola dengan baik. Meskipun Anda adalah tipe orang yang hemat, bukan tidak mungkin Anda berubah menjadi orang yang boros ketika sedang traveling. Sebab, rasa senang dari traveling ini kadang membuat seseorang mengeluarkan uang jauh lebih ringan. Sehingga tidak sering para traveler ini kehabisan biaya di tengah-tengah masa liburannya. Hasilnya banyak traveler yang berubah menjadi pengamen ataupun pekerja kasar.

* Tidak menyiapkan salinan dokumen penting. 
Ketika Anda traveling, Anda adalah pendatang. Jadi, Anda harus selalu membawa dokumen-dokumen penting yang bisa membuktikan identitas Anda. Baik Anda traveling ke luar maupun di dalam negeri, identitas diri sangatlah penting. Selain untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal darurat, dokumen-dokumen penting ini dapat mencegah Anda untuk dipulangkan secara paksa oleh pemerintah setempat. Namun membawa dokumen penting saja belum cukup. Sebaiknya, Anda juga menyiapkan salinan dari dokumen-dokumen ini untuk berjaga-jaga.

Itinerary terlalu padat.
Tidak ada orang yang mau travelingnya kacau. Jadi, banyak dari traveler yang sudah merancang itinerary jauh-jauh hari. Tempat apa yang harus dikunjungi, kuliner apa yang harus dicicipi, atau siapa yang harus ditemui. Namun, sayangnya banyak dari traveler yang justru terlalu banyak merancang rencana, hingga itinerary mereka sangat berdekatan satu sama lain. Padahal banyak hal tak terduga yang bisa terjadi selama traveling. Misalnya saja penerbangan delay, cuaca buruk, atau transportasi darat yang terjebak kemacetan. Untuk itu, sebaiknya sediakan jeda waktu yang wajar dalam itinerary Anda. Anda juga tidak harus mengunjungi semua tempat menarik di destinasi traveling Anda.

Memilih maskapai yang memiliki jeda transit terlalu pendek.
Apabila Anda akan traveling ke luar negeri, besar kemungkinan Anda harus transit terlebih dahulu. Transit ini pun dilakukan bukan di negara tujuan, melainkan di negara lain. Jadi, bisa saja Anda memerlukan visa tersendiri agar bisa transit di negara tersebut. Untuk mendapatkannya tentu saja tidaklah sebentar. Oleh karena itu, banyak para traveler yang gagal terbang dengan penerbangan selanjutnya hanya karena masalah administrasi itu. Jadi, sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu saat memilih tiket penerbangan.

Apabila negara yang menjadi transit memerlukan visa dan keperluan administrasi lainnya, sebaiknya pilih penerbangan dengan masa transit yang cukup panjang. Dengan demikian, Anda dapat mengurus dokumen-dokumen penting dengan lebih leluasa. Namun kalau Anda tidak ingin repot mengurus visa transit, sebaiknya Anda memilih penerbangan direct saja. Misalnya, Anda akan berlibur ke Hong Kong, maka Anda bisa memilih Cathay Pacific. Selain nyaman, maskapai ini juga menyediakan penerbangan langsung. Sehingga Anda bisa langsung traveling bebas repot.

Bagaimana? Sudah siap traveling ke beberapa wisata lainnya tanpa ribet? Say yes dong! 
15 comments on "Beberapa Kesalahan Sepele yang Sering Dilakukan Traveler Ketika Traveling"
  1. Noted kak! Barang jangan terlaku banyak ya yang penting yang penting aja. Iya jeda transit juga harus diperhatiin ya biar cukup waktu dan nggak terburu-buru.

    ReplyDelete
  2. Kesalahan sepele yang bisa bikin Traveling kita jadi chaos sih sebenernya, biasanya dilakukan saat bepergian untuk pertama kalinya karena belum ada pengalaman pribadi. Jadi dejavu, pernah ngalamin juga bepergian bawa barangnya kebanyakan, pulangnya tambah banyak karena kalap belanja belinji, nyeselnya so pasti belakangan, haha

    ReplyDelete
  3. Hahaha dulu saya kl buat itinerary padat merayap, makin ke sini, makin santai, kl ga sempet semua, ya udah, lanjut besok lagi haha

    ReplyDelete
  4. Jadi emak eh ibu bangsa hehe kayaknya aku paling binun pas harus meminimalisasi barang bawaan saat traveling. Kayaknya penting semua hahaha. Sama juga nih kalau itinerary terlalu padat saking kepengen semua destinasi wisata harus dijajal satu per satu waaah yg ada cuapek luar biasa ya mb Elva. Mau cari2 tiket pesawat murah ah ada rezeki bisa traveling deh :)

    ReplyDelete
  5. Aku semenjak ada anak, lebih memilih traveling yang santai dan gak bikin jadwal yang padat karena kasihan takut capek. Tapi beda kalau lagi sama teman pasti padat, explore sana sini

    ReplyDelete
  6. Iya nih tipsnya bner bngt kadang kbanyakan bawaan sih intinya yg gk penting jd dibawa

    ReplyDelete
  7. Aku paling boros jajan sih, tapi selain laper perut kan laper mata

    ReplyDelete
  8. Jleb banget sama yang terlalu boros :)

    Tapi kayaknya memang agak susah buat irit deh hahahahaha

    ReplyDelete
  9. Sering banget ngalamin tuh itinerary terlalu padat, banyak pengennya tapi waktu kurang plus kadang ada hal-hal di luar kendali kita kayak faktor cuaca. Kalo udah gini ya akhirnya milih fleksibel aja sama keadaan.

    ReplyDelete
  10. Bawa fotokopi KTP atau passport penting juga ya mba.. Aku usahakan selalu bawa di tempat yang berbeda.. Untuk itinerary yang padat bener banget tuh, yang ada liburan jadi berasa capek dan terburu-buru ngejar destinasi yang mau dikunjungi..

    ReplyDelete
  11. Saya banget tuh traveling dgn membawa banyakbarang. Eh terus malah gak bisa jalan2.huft.. pengen mengulanginya lagi deh

    ReplyDelete
  12. Belum pernah keluar negeri sekali pun, jadi ini catatan yang bakal sangat membantu sekali. Sejauh ini kalau jalan ke destinasi-destinasi domestik, poin boros ini yang susah dihindari. Soalnya saya suka makan, hahaha. Jadi kalau udah lihat makanan khas dan tampaknya enak, pengen nyicipin deh. Kudu lebih disiplin lagi deh.

    ReplyDelete
  13. Karena saya seringnya travelling bersama keluarga, kesalahan sepele yang sering kami lakukan adalah membawa barang terlalu banyak. Maklum, bepergian ama anak kecil banyak banget printilinnya mulai dari pakaian cadangan sampai mainan.

    ReplyDelete
  14. Cathay ini andalan kami kalok traveling, Mbak. Tempo hari ke Jepang, kami naik Cathay. Tahun depan ke Eropa, juga pesan tiket Cathay. :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature