Tomohon Berbunga-bunga di International Flower Festival (TIFF) 2018

Saturday, September 1, 2018
Pict. ist

Siapa nih yang suka dengan bunga? Sampai-sampai harus ke Keukenhof di Belanda demi untuk bisa melihat bunga indah, atau bahkan ada yang bela-belain ke Festival Pasadena di Amerika. Biasanya wanita ya yang identik sangat suka dengan bunga. 


Namun, sekarang kita nggak perlu lagi jauh-jauh ke Belanda ataupun ke Amerika. Karena saat ini pun dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam, kita sudah bisa tiba di kota yang akan berbunga-bunga, yakni Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Waaah, seru dan mengasyikkan pastinya.

Tomohon International Flower Festival (TIFF) telah digelar untuk yang kedelapan kalinya pada tanggal 8 hingga 10 Agustus 2018 lalu. Begitu semarak dengan didatangi oleh seluruh warga Tohomon sekitarnya bahkan para wisatawan pun turut hadir menyaksikan kemeriahan hari yang dipenuhi bunga-bunga tersebut, terutama bunga Krisan Putih dan Kuning. Sehingga bunga Krisan ini diklaim sebagai bunga yang terbaik dari segi kualitasnya di dunia. 

Pada pesta bunga kali itu, warga nggak perlu susah-susah mengumpulkan bunga Krisan, sebab bunga tersebut sudah banyak tumbuh di Tomohon sehingga pada akhirnya menjadi bunga khas festival hingga saat ini. 
"Bunga yang disajikan juga nggak kalah indah, krisan putih dan kuning di Tomohon memiliki kualitas terbaik di dunia, yang mana hasil tersebut diperoleh dari penelitian salah satu universitas internasional," kata Jimmy Feidie Eman selaku Walikota Tomohon saat meluncurkan TIFF 2018 di Kementrian Pariwisata, Jakarta, pada Senin lalu. 
Event yang semula hanya ingin diselenggarakan dua tahun sekali ini sebenarnya telah diselenggarakan dengan baik pada tahun 2008, 2010, 2012, 2014, 2015, 2016 dan 2017, hingga sebelum akhirnya menjadi reguler tahunan. Nah, untuk tahun 2018 ini, perhelatan festival bunga Krisan akan digelar lebih meriah, tentunya dengan standar Internasional, dengan mengusung tema ‘Beautiful Tomohon, Sing with Flowers'. Jadi, buat teman-teman yang sangat menyukai pesta bunga, Tomohon menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.


Pict. ist

Pemilihan tema ini tentunya dimaksudkan untuk memperkuat branding Tomohon sebagai kota bunga, sekaligus menegaskan kepada seluruh masyarakat Tohomon dan sekitarnya bahwa Tomohon memiliki kekayaan alam yang indah tiada duanya. Festival bunga ini berlangsung di Lapangan Kota Tomohon, dengan latar Gunung Lokon.

Tidak hanya itu saja, tahun ini TIFF juga akan menyajikan kontingen yang berasal dari 19 negara, dimana sebanyak 11 negara merupakan bagian dari anggota Council of Asian Flower Exhibition (CAFÉ), sementara 8 lainnya ialah Ceko, Nepal, Pakistan, Jepang, Kazakhstan, dan Georgia. Waah, sayang banget jika sampai dilewatkan, apalagi pesta bunga seperti ini hanya berlangsung di waktu tertentu saja.
"Tahun ini Raja dan Ratu Georgia dijadwalkan akan berlibur sembari menyaksikan festival ini!" ungkap Coreta Louise Kapoyos, selaku Ketua TIFF 2018.
Nah, untuk menjaga serta mengembangkan festival ini agar menjadi tontonan kelas dunia, tentu saja salah satu pembenahan yang dilakukan oleh penyelenggara yakni mengatur jalannya festival. Agar seluruh rangkaian kontingen berjalan lancar, tentu saja jumlah kendaraan akan dibatasi sebanyak 30 kendaraan sepanjang 10 kilometer.


Pict. ist

Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, sangat optimis akan hal ini dengan memaparkan data-data kenaikan wisatawan secara signifikan pada tiap penyelenggaraan TIFF, selain itu ia juga sangat berharap jika dengan adanya festival bunga ini kunjungan wisatawan mancanegara semakin melejit.
"Dari tahun 2016 ke 2017, wisatawan mancanegara yang datang untuk TIFF dari 26.441 jadi 39.000 orang, naik drastis," kata Coreta Louise Kapoyos.
Tahun ini ditargetkan akan ada kunjungan hingga 90.000 wisman serta pergerakan 500.000 wisnus. Tidak hanya itu saja, Menteri Pariwisata Arief Yahya pun turut optimis. Dimana hal tersebut tampak saat peluncuran event di Gedung Sapta Pesona, dimana Kemenpar memuji bahwa jika ini merupakan salah satu event Nasional terbaik yang telah masuk ke dalam Top 100 Calendar of Events (CoE) 2018 Pariwisata Indonesia. Keren banget yaaa!


Pict. ist


"Tidak sulit saat menyeleksi even ini untuk jadi acara unggulan Indonesia, sebab semua juri langsung setuju. Dan, kalau soal musik, tarian, saya percaya sama Sulawesi Utara," terang Menpar Arief Yahya saat menyampaikan kata sambutan.
Terkait dengan pertumbuhan kunjungan wisatawan, Mentri Pariwisata menyatakan rasa bangganya terhadap angka pertumbuhan wisnus maupun wisman yang terdapat di Sulawesi Utara. Tentunya hal tersebut tidak terpisah dari andil Tomohon dengan event tahunannya TIFF, dimana angka pertumbuhan wisawatan meningkat hingga tiga kali lipat. Untuk tahun ini, kunjungan wisman ke Tomohon ditargetkan hingga mencapai 90 ribu orang.
"Kita harapkan kedepannya festival bunga ini akan semakin banyak menarik peserta dari mancanegara,” pungkas Menpar Arief.
Nah, buat teman-teman yang penasaran dengan pesta bunga ini, catet ya tanggalnya agar tahun depan nggak terlewat lagi.
34 comments on "Tomohon Berbunga-bunga di International Flower Festival (TIFF) 2018"
  1. Yampuun bunganya cantik-cantik yaa,kaya festival bunga di LN juga. Tapi selewat kepikiran sayaaang juga ya bunganya. Habis selesai festival dikemanakan? bagi ke rumah aku terima dah wkwk cantik banget sieh...

    ReplyDelete
  2. Aku orang Indonesia baru tau nih Tomohon banyak bunga cuma taunya Belanda dan turkey hahahaha..
    Wah keren nih ya pasti.. sebagai warga negara kita harus mendukung apresiasi festival ini .. pengen sih liat kebetulan suka bunga juga tapi jauh.. akh baca tulisan ini jadi ikut terasa juga sih kemeriahan dan bangganya... Tks for sharing

    ReplyDelete
  3. Festivalnya seru banget ya ... kalau ada lagi ikutan ah

    ReplyDelete
  4. Bagus banget eventnya..foto terakhir berasa lagi di Meksiko atau negara Amerika latin gitu :D

    Semoga tahun depan lebih sukses lagi acaranya.

    ReplyDelete
  5. Baiklah aku catet ya Mbak..siapa tahu tahun depan bisa ke Tomohon..:)
    Seru banget nih festivalnya. Salut buat Tomohon. Pasti habis nonton festival bunga hati jadi berbunga-bunga...

    ReplyDelete
  6. Lihat event begini jd ingat tgl 9 besok ada Malang Flower Carnival. Pawai bunga2 gitu. Mirip2 lah...

    ReplyDelete
  7. Aku ...aku...aku mbaaa. Aku suka bunga hihihi. Semoga nanti bisa berkesempatan liburan le tomoho ya

    ReplyDelete
  8. Keren banget yah Indonesia juga ternyata punya festival bunga. Semoga selalu continue setiap tahun nya. Dan semiga diberi kesempatan untuk menyaksikan lgsg ke Tomohon. Ngiler banget kepengen petik atu aja... hihi

    ReplyDelete
  9. Waaahhh.. serasa di LN liat foto2 nya mba. Ngga nyangka ada Festival bunga sebagus inidi Indonesia.. di Tangerang semoga ada juga ehehe

    ReplyDelete
  10. Kalau ingat tomohon jadi ingat pasadena.pasadena tahun 90 an suka di siarkan langsung tvri dari amerika serikat. Indonesia selalu juara karena tema dan bunga cantik

    ReplyDelete
  11. Wah kalau nonton festival bunga seperti ini nggak kebayang deh pasti harumnya kayak apa.. Mungkin bisa kecium dari jarak jauh yah..

    ReplyDelete
  12. waaaa keren kerennn ini.. bunganya cantik-cantik. seru pasti ini acaranya

    ReplyDelete
  13. Wiih cantik bangett rangkaian bunga nyaa

    ReplyDelete
  14. Wah.. Kerennya di indonesia ad festival bunga jg. Cantik banget bunganya.. Pengennya bisa kesana jg. Ak sbnrnya tmsk pecinta bunga tp ga telaten nanamnya. Heu

    ReplyDelete
  15. Wow keren banget...pengen kapan2 ke menado lagi...pernah k menado acara kantor tp pas ga ada festival bunganya

    ReplyDelete
  16. Keren banget sih ini Tomohon Festival, bisa jadi nilai jual untuk para wisatawan ya. Bangga sekarang dengan beberapa daerah yang sudah membuat festival-festival seperti ini.

    ReplyDelete
  17. Dulu sering liat berta soal festival bunga di Tomohon, ternyata masim berlanjut sampai skrng dan kyknya lbh semarak yaaa

    ReplyDelete
  18. waah cantiknyaa festival bungaaa...pasti seneng banget ada di tengah bunga2. Bisa secantik bunga wkwk

    ReplyDelete
  19. Kreatif banget ini acaranya. Baru tau juga soal tomohon ini dari postingan kakak. Banyak sekali jenis bunganya. Demen aku.

    ReplyDelete
  20. Masyaallah cantiknya, wah bikin ga bosan fotoinya ini yan kapan Depok ada festival kayak gini

    ReplyDelete
  21. Halo mba Elva, acara Tomohon ini kayaknya wajib banget kita kunjungi ya mba. Bunganya banyaaak banget

    ReplyDelete
  22. Wah aku penasaran ingin nonton langsung event ini. Lama juga sih ga mudik ke Manado, padahal kelahiran sana. Thanks for sharing yaa mom

    ReplyDelete
  23. aku tuh suka penasaran mereka ngerjain rangkaian bunga ini dari jam berapa ya? fashion show aja makeupnya dari subuh, kalo bunga begini semalaman apa ya...

    ReplyDelete
  24. Waktu kecil, saya suka diajak nonton festival bunga begini sama orang tua. sekarang malah belum pernah nonton lagi. Kayaknya bakal nostalgia kalau bisa nonton festival bunga

    ReplyDelete
  25. Seru ya mba...saya belum pernah liat festival bunga begini

    ReplyDelete
  26. Aaahhh, cantik banget kayaknya mbaakkk! Aku suka bunga-bunga gitu, meriah! coba aku bisa lihat langsung, huhuhu

    ReplyDelete
  27. Aku pecinta bunga banget nih mbak. Pengen deh kalau ada festival seperti ini lagi aku bisa datang...semoga ya 😍😍😍

    ReplyDelete
  28. uwaaaahh cantik-cantik sekaliiii mbakk.. aku juga pengen dong liat

    ReplyDelete
  29. Aku pernah deegar tentang festival bunga ini mbaa. Keren yaa salut juga sams budaya yg masih terjaga 😍

    ReplyDelete
  30. Mbak disebut festival berskala internasional ini apakah krn terbuka utk dinikmati turis mancanegara juga ataukah krn pesertanya jg boleh berasal dr luar gtu kah?

    ReplyDelete
  31. ini pas lewat depan kita pasti harum bunga semerbak banget deh ya hihihi.. belum pernah lihat festifal bunga gini, cantik2 banget ya penampakannya..

    ReplyDelete
  32. dulu saya liat festival bunga itu di luar negeri via televisi
    ternyata ada di tomohon juga ya
    kebayang deh kerennya
    bunga bunga aneka warna yang cantik
    duuh...pengin menyaksikan langsung

    ReplyDelete
  33. Wah kerennya festival bunga di Tomohon. Keren banget dan pasti pengen selfie terus di depan bunga yaaa

    ReplyDelete
  34. Ahhh tahun depan wajib planning buat nonton ini!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature