Gramedia Writers and Readers Forum Menampilkan 45 Penulis

Thursday, August 8, 2019

Alhamdulillah beberapa waktu lalu Saya berkesempatan untuk datang pada acara Talkshow di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI - Jakarta. Saya mengikuti selama tiga hari tentunya dengan tema yang berbeda-beda, yang isinya bernas semua karena pada acara Gramedia Writers and Readers Forum 2019 ini Gramedia menghadirkan 45 penulis, baik senior maupun junior yang kualitas karyanya sudah tidak diragukan lagi. Nah, selama tiga hari kegiatan berlangsung, ada beberapa tema yang bisa Saya ikuti karena waktunya bersamaan. 

Acara yang diadakan oleh Gramedia dengan mengusung tema "Gramedia Writers and Readers Forum" merupakan salah satu upaya dalam mengajak masyarakat untuk lebih mencintai perpustakaan. Diharapkan dengan suksesnya acara ini berlangsung, maka makin banyak masyarakat yang mencintai buku lalu cinta membaca. 


Antara Puisi dan Prosa


Tema yang saya ikuti saat hari terakhir adalah bertema Antara Puisi dan Prosa oleh Sapardi Djoko Damono dan Yudhistira Massardi, Cerita Tentang Keadilan oleh Sindhunata dan Andi Tarigan, serta Padaempatannya, Pak Yudhistira memaparkan jika beliau pernah mengalami kesulitan saat awal membuat novel, sebab saat akan menuangkan ide membuat novel kemudian ia tulis, ternyata yang mengalir adalah puisi dan prosa. 

"Saya kemudian mencoba lagi untuk membuat novel, namun tulisan yang mengalir tetap saja puisi dan prosa meskipun telah mencoba berulang kali!" jelas Pak Yudhistira. 

Tidak hanya Pak Yudhistira, Pak Sapardi juga seorang penulis puisi dan prosa. Keduanya sepakat jika antara puisi dan prosa lebih enak menulis puisi, sebab prosa lebih banyak membutuhkan waktu dan prosesnya lebih panjang. 


Untuk mencari inspirasi, tentunya mudah didapatkan dimana saat sekarang ini sudah ada teknologi yang dapat membantu dalam mencari ide menulis tersebut, baik ide untuk menulis puisi maupun ide untuk menulis prosa. 
"Saya saja dulunya jika ingin mencari inspirasi tentunya dengan menggunting majalah ataupun koran. Berbeda dengan zaman sekarang, sudah ada teknologi yang bisa dimanfaatkan dan pastinya membantu, curi saja idenya kemudian kita tiru!" Jelas Pak Sapardi dengan mengenang.
Sementara soal inspirasi, baik Pak Sapardi dan Pak Yudhistira sepakat bahwa sekarang ini mencari inspirasi itu mudah. 



Pada sesi kedua saya mengikuti acara bertema "Cerita Tentang Keadilan oleh Sindhunata dan Andi Tarigan dan untuk sesi ketiga saya mengikuti Talkshow bertema "Perempuan, Matematika dan Sastra oleh Henny Triskaidekaman dan Rieke Saraswati". Semua tema yang Saya ikuti setiap harinya tentunya memberi kesan tersendiri, terlebih Saat ini saya sedang belajar menulis buku. 



Tentu saja kesemua tips dari para narasumber sangat bermanfaat buat saya dan orang-orang lainnya.
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature