Transportasi Alternatif Gondangdia-Depok Saat Listrik Lumpuh Total

Monday, August 5, 2019

Jakarta, Minggu 4 Agustus 2019. Ini adalah kali pertama menjadi pengalaman Saya terjebak lumpuhnya listrik. Saat itu, Saya dan suami habis dari liputan acara Gramedia Writers & Readers Forum (GWRF) 2019 di Perpustakaan Nasional RI. Jika selama dua hari sebelumnya acara GWRF ini selesai hingga pukul 17.00 WIB atau 5 sore, hari terakhir itu sedikit dipercepat, 16.30 WIB. Awalnya, Saya bertanya-tanya, mengapa forum sedikit dipercepat, setelahnya baru saya ngeh, jika kemungkinan itu terjadi dikarenakan listrik lumpuh total. 



Sebenarnya, sejak siang (kira-kira jam 12) Saya sudah kehilangan signal, Saya pikir mungkin internet Saya aja yang gangguan, ternyata provider lain juga begitu (saat Saya tanya ke salah satu teman yang juga ikut acara di Perpusnas juga). Saya pikir hanya sebentar, ternyata lamanyaaa 😂😂. Hari semakin sore, rencana mau mampir sholat Ashar dulu di dalam Stasiun Gondangdia, dan Masyaa Allah, kami tidak bisa masuk karena listrik masih lumpuh total. Dan itu berdampak pada KRL yang juga ikutan lumpuh. Kami pun akhirnya menuju Masjid Cut Meutia yang letaknya tidak terlalu jauh dari Stasiun Gondangdia, sebab tadi mau sholat di lantai enam Perpusnas, sudah mau ditutup. 


Keadaan Stasiun Gondangdia Pasca Lumpuhnya Listrik

Usai sholat Ashar dan menyusul sholat Maghrib, kami pun kembali menuju stasiun, berharap bisa segera pulang ke rumah sesegera mungkin. Namun, ternyata listrik masih lumpuh total, dan itu berdampak KRL tidak bisa beroperasi. 




 "Tidak bisa dipastikan kapan KRL akan kembali beroperasi, karena sampai sekarang listrik masih lumpuh total" jawab petugas stasiun saat ditanya. 



Tahu nggak, saat melihat segerombolan manusia di stasiun dalam kegelapan, mendadak pikiran horor menyelimuti, ingat film Zombie. Hahaha.. Petugas stasiun pun menyarankan supaya naik Transjakarta yang titik pusatnya ada di dekat stasiun Manggarai. Dari stasiun Gondangdia menuju transjakarta Manggarai, kami disarankan untuk menggunakan kendaraan online, tapi karena internet pun ikut lumpuh, kami pun akhirnya naik taksi. 



Oiya, sebelum berangkat, mending deal-dealan dulu harganya sebelum kalian naik taksi ya gaes, ntar mendadak diminta fee Rp. 100.000 bahkan lebih, kan nggak mungkin kalian menolak lagi. Nah, kalau tadi kami deal di harga Rp. 50.000 dengan rute perjalanan dari Gondangdia menuju Transjakarta Manggarai. Sebenarnya, kalau mau naik taksi dari Gondangdia langsung ke lokasi tujuan, yakni Depok, bisa sih kalian bisa membayar dengan harga Rp. 300.000. Bahkan, bisa juga menggunakan grabcar ataupun gocar, namun karena internet masih lumpuh, jadi grabcar maupun gocar tidak bisa dipesan.





Karena hari belum terlalu malam, kami pun memilih transjakarta saja, sekalian melihat situasi terkini keadaan Jakarta dan sekitarnya, sepanjang perjalanan pulang, #padahalterasaberatdiongkos 😂. Dan, tiba disana ternyata transjakarta digratiskan, namun itu hanya karena listrik mati saja, kalau listrik sudah menyala maka harga kembali normal. 😍 Oiya, transjakarta yang saya tumpangi tadi jalurnya dari Manggarai menuju Universitas Indonesia ya! 

Semoga hari-hari kita selalu menyenangkan. Aamiin

Video ketika listrik masih lumpuh



Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature