Germas Kenalkan Isi Piringku di SDN Rawa Barat 05

Monday, November 4, 2019

Halo Moms, pastinya sudah nggak asing lagi ya dengan "Isi Pirinku?" yang mana kalau dulu lebih dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna. Nah, pada kali ini Departemen Kementerian Kesehatan dan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat berkerjasama dengan stasiun televisi RTV aktif mengkampanyekan mengenai betapa pentingnya GERMAS kepada siswa-siswi SDN Rawa Barat 05, yang berlangsung beberapa hari lalu.

Tidak hanya murid saja, akan tetapi para wali murid selaku orang tua pendamping juga diajak ikut serta dalam memeriahkan acara bertajuk "Zona Ceria Goes to School". Diadakannya acara tersebut dengan maksud agar gizi seimbang anak dapat terpenuhi, tentunya dengan memberikan nutrisi yang baik kepada anak.

Kemeriahan Acara Zona Ceria GERMAS



Saat Saya memasuki lingkungan sekolah, anak-anak sudah duduk manis di lapangan sekolah dengan begitu bersemangat. Ada beragam kegiatan yang menambah semarak acara tersebut, seperti Tarian Tradisional, Paduan Suara, Atraksi Pencak Silat, Atraksi Sulap yang dibawakan oleh Kak Maulana, bahkan yang nggak kalah menariknya ada senam cuci tangan loh dari dokcil. Waah, pokoknya keren banget deh.




Nah, sebelum mengikuti seminar parenting menuju lantai dua sekolah, Saya sempat melihat keseruan lainnya loh di lapangan, dimana para ibu-ibu komite sedang mengikuti lomba Kreasi Sarapan Sehat, lomba tersebut bertujuan agar para ibu dapat selalu berkreasi membuat sarapan sehat untuk buah hati tercinta. Sehingga sang buah hati menjadi anak yang sehat, cerdas dan bersemangat untuk belajar. 


Seminar Isi Piringku

Nah, kalau ngomongin soal isi piring, ternyata ada beberapa hal loh yang mesti diperhatikan agar gizi terpenuhi dengan seimbang yang tentunya akan Saya kupas berikut ini. Dua narasumber yang hadir pada acara seminar Isi Piringku adalah: 
  • dr. Rizkiyana Sukandhi Putra, selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. 
  • dr. Tan Shot Yen, selaku Pakar Kesehatan sekaligus ahli Gizi Nasional.



Pada kesempatannya, dr. Rizkiyana Sukandhi Putra menyanpaikan bahwa isi piringku menjadi sebuah pedoman agar masyarakat paham mengenai pentingnya makan makanan sehat dengan gizi seimbang. Dengan paham hal tersebut, tentunya para orangtua akan memberikan gizi seimbang untuk anak-anak mereka demi terwujudnya bangsa yang sehat, dan berdaya saing.

 "Pemahaman masyarakat akan pentingnya pemenuhan nutrisi pada anak sangat diperlukan, sebab hingga saat ini Indonesia masih menghadapi masalah kurangnya gizi pada anak, stunting"


Miris jika mengetahui hal tersebut, dan tentu saja itu menjadi PeEr kita agar lebih memperhatikan pemenuhan gizi seimbang pada anak. Tentunya nggak mau donk jika anak mengalami stunting. Dari persoalan stunting, dr. Tan menilai jika bahaya dari kesalahan pola makan sehat ternyata juga dapat menyebabkan stunting pada anak. Beliau pun menegaskan bahwa pemenuhan gizi seimbang anak sangat penting dan itu terdapat pada 1.000 hari pertama anak dilahirkan. Selain itu, dr. Tan juga menenkankan agar makanan yang dikonsumsi bukan sekadar enaknha saja akan tetapi juga hendaklah mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, untuk itulah dr. Tan juga menekankan mengenai pentingnya membuat perencanaan menu.

Apa Saja Isi Piringku yang Tepat?

Diantara Moms pasti ada yang bertanya-tanya demikian! Pada kampanye Isi Piringku ini, dr. Tan menekankan agar sebaiknya membatasi penggunaan gula, garam dan lemak. 
  • Makanan Pokok.

Kita semua pastinya tau ya jika makanan pokok ini seperti beras, jagung, talas, singkong dan masih banyak lainnya. Yang tentu saja mengandung karbohidrat. Untuk takarannya, porsi makanan pokok ⅔ dari ½ piring. 

  • Sayuran.

Sayuran tentunya menjadi sumber vitamin dan mineral, terutama karoten, Vit. A, Vit. C, Zat besi dan juga fosfor. Sayuran tidak hanya dapat dimasak dengan cara ditumis, kukus ataupun direbus, akan tetapi juga dapat dikonsumsi mentah (Tentunya hanya beberapa sayuran saja). Untuk porsi yang tepat, mengkonsumsi sayur baiknya ⅔ dari ½ piring. 

  • Buah-buahan.

Nah, kalau buah-buahan, porsi yang baik untuk dikonsumsi yakni sebanyak ⅓ dari ½ piring. Ada beragam jenis buah-buahan yang dapat kita konsumsi, sebab buah-buahan merupakan sumber vitamin (Vitamin A, B, B6, C) dan juga sebagai antioksidan.

  • Lauk-pauk.

Lauk-pauk merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh kita. Lauk-pauk yang merupakan sumber protein hewani seperti ikan, kambing, sapi, dll. Sedangkan lauk-pauk yang merupakan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, tempe, dll. Nah kalau lauk-pauk ini, porsi yang tepat untuk dikonsumsi adalah ⅓ dari ½ piring.

Nah, itulah beberapa isi piringku yang perlu kita ketahui, Moms. Agar bisa kita terapkan dalam menyiapkan makanan sehat setiap hari untuk keluarga tercinta. Selain itu, juga mesti didukung dengan melakukan Germas, yakni dengan cuci tangan pakai sabun, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, minum air 8 gelas sehari dan jangan lupa untuk selalu cek kesehatan. Apabila kita melakukan beberapa hal tadi dan memperhatikan isi piringku, insyaa Allah persoalan Stunting tidak terjadi di keluarga kita. Aamiin.

 Yuk Moms, mulai dengan diri kita!
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature