Domus Kembali Hadir di Pameran Konstruksi Indonesia

Wednesday, November 6, 2019

Halo pembaca setia www.elvanasira.com, bagaimana nih resolusi punya hunian sendiri di tahun ini? Sudah terealisasi kah? Atau belum rampung karena dana yang dikumpulkan belum cukup? Nah, ngomongin soal hunian, kalian pastinya sudah kenal donk dengan Domus? Kali ini Domus kembali hadir pada pameran Konstruksi Indonesia yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, jika teknologi Domus tidak hanya bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah tinggal saja, akan tetapi juga bisa buat ruko, pabrik, pasar bahkan gudang sekalipun. Tentu saja dengan komponen struktur dinding memakai kanal U dan rangka atap baja ringan, sehingga menjadikan Domus sebagai bangunan permanen yang kuat, kokoh, indah, dan juga tahan terhadap gempa. Namun, teknologi Domus tidak hanya bisa diaplikasikan untuk bangunan permanen saja loh, tetapi juga sangat tepat untuk diterapkan bagi hunian sementara (Huntara) bagi korban bencana alam. Waah, solusi terbaik nih.


Tatalogam Group Hadir di Pameran Konstruksi Indonesia 2019.


For your Information! Kali ini, Tatalogam Group kembali ikut berpartisipasi dalam Pameran Konstruksi Indonesia 2019, yang mana poin penting keikutsertaan Tatalogam Group dalam pameran ini ialah sebagai perusahaan yang fokus dalam industri baja, sehingga ingin lebih berpartisipasi aktif dalam pembangunan bersama pemerintah dan BUMN lainnya untuk Indonesia yang lebih baik, yang tentunya dapat dilaksanakan secara cepat tanpa mengabaikan kekuatan serta keindahan strukturnya. Peran serta Tatalogam Group dimulai dan ditunjukkan dengan keterlibatannya dalam pembangunan rekonstruksi pasca bencana di wilayah Lombok, Palu dan Konawe, dimana Tatalogam bekerja sama dengan Kementerian PUPR dan BNPB, dalam melakukan percepatan pembangunan hunian tetap bagi warga korban bencana di wilayah-wilayah tersebut, tentunya dengan menerapkan teknologi DOMUS. Oiya, pembukaan pameran ini dihadiri juga oleh Presiden RI Joko Widodo.


Belajar dari pembangunan rumah pasca gempa di Lombok, dimana masyarakat memerlukan waktu untuk memulihkan rasa trauma akibat gempa. Sehingga dibutuhkan huntara yang siap dialih fungsikan menjadi huntap dalam waktu singkat dan memiliki konsep berkelanjutan, sehingga tidak ada huntara yang mubazir dalam pembangunannya. Selain itu, Tatalogam Group juga berkomitmen untuk menggunakan baja dalam negeri guna mendukung pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan di Indonesia, serta mendukung adanya informasi ketersediaan material dan peralatan konstruksi, sebagai informasi rantai pasok yang akurat serta komprehensif.

Hadirnya Domus Menjadi Solusi Masa Kini 

Saya sangat mengapresiasi akan kehadiran Domus, yang terbukti menjadi solusi masa kini. Terlebih saat bencana gempa melanda, tentunya tempat tinggal menjadi prioritas utama. Nah, ternyata makin kesini ia semakin memperkenalkan teknologi barunya, dimana Tatalogam menghadirkan Domus Revo dalam pameran Indobuildtech yang telah berlangsung pada 20 Maret-24 Maret 2019 lalu di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

Perlu diketahui jika Domus Revo merupakan pengembangan dari rumah Domus yang telah dikembangkan sebelumnya. Bedanya, membangun rumah dengan teknologi ini jauh lebih cepat, sebab kerangka rumah bisa dikerjakan hanya dalam satu hari. Mantul ya! Selain itu, Domus Revo juga menjadi bangunan yang komponen-komponen penyusunnya telah dipersiapkan sebelumnya ataupun telah diproduksi di pabrik, sehingga setiap komponennya dikemas terpisah dan diberi label penjelasan secara detil tentang cara merakitnya. Tujuannya adalah agar masyarakat yang ingin mencoba merakit dapat melakukannya dengan mudah tanpa harus kursus terlebih dulu.


"Domus Revo memberikan kemudahan bagi konsumen dalam membangun rumahnya, semudah kita membeli furniture knockdown lalu kemudian merakit sendiri di rumah. Sehingga, konsumen bisa membangun sendiri, karena komponen-komponennya jelas dan begitupun dengan detil proses perakitan,” jelas Stephanus Koeswandi, selaku Vice President PT Tatalogam Lestari.

Yang perlu digaris bawahi adalah kelebihan teknologi Domus Revo ini, yakni membangun rumah dengan proses yang sangat cepat, tidak membutuhkan banyak pekerja serta tidak ada bahan-bahan yang terbuang ketika membangun rumah. Nah, dengan kelebihan-kelebihan inilah tentunya biaya untuk membangun rumah bisa terpangkas sehingga kita pun bisa menghemat pengeluaran. Mupeng yaaa!! 




"Waah, jadi pengen beli dan bangun rumah dengan Domus! Tapi, pasti mahal kan?" 

Tentu saja harga yang ditawarkan oleh Domus terjangkau. Domus Revo dibanderol mulai Rp. 2,2 juta per meter persegi (m²) dan itu tergantung finishing rumah. Selain itu, harganya juga sudah termasuk biaya pemasangan. Nah, makin mupeng kaaaan? Untuk tipenya, Domus Revo menawarkan beberapa tipe rumah diantaranya 21, 30, 36 dan 45 m2, tinggal kita pilih mau tipe yang berapa.
“Itu sudah termasuk lantai, dinding, penutup plafon, kloset plus keran serta pintu terpasang, juga instalasi listrik dan air. Kalau rumah konvensional harga borongan material minim Rp3,5 juta per meter persegi. Tipe 21 m2 sekitar Rp70-75 jutaan. Kadang biaya itu belum termasuk jasa tukang Rp100-150 ribu per hari. Jelas produk kami jauh lebih irit,” papar Stephanus Koeswandi.
Material Domus terbuat dari galvanis dengan taburan Zinc 180 gram/m2, sehingga diklaim awet dalam jangka panjang, baik untuk area luar (outdoor) maupun dalam (indoor). 


Dua Produk Terbaru

Ada dua produk terbaru yang disebutkan oleh Pak Stephanus, yakni:
  • 1. BKC (Bangunan Kuat Cepat) 
BKC ini merupakan bangunan konstruksi baja modern dengan konsep light pre-engineered building (Light PEB), yakni hasil dari perpaduan struktur cold-form galvanised steel dengan penggunaan material berkualitas tinggi dan dengan sistem pemasangan yang efektif serta efisien, sehingga menghasilkan bangunan yang kuat dan cepat dalam proses pembangunannya. 

Beberapa keunggulan dari BKC, diantaranya:
*Hemat biaya total konstruksi
*Bangunan rapi dan bersih
*Pelaksanaan lebih cepat dan lebih aman
*Bangunan dapat difungsikan segera
*Bebas Maintenance

Selain itu, desain bangunan BKC ini didukung dengan program software yang telah teruji dan mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan konsumen. Penggunaan baja lapis galvanis tegangan tarik tinggi (hi-ten) untuk seluruh struktur bajanya serta pilihan yang luas untuk penutup atap dan dinding dari baja lapis Zincalume memungkinkan umur pakai bangunan yang panjang serta ekonomis. Dengan konstruksi yang ringan namun juga kuat, sehingga total biaya proyek yang dikeluarkan dapat ditekan karena tidak membutuhkan ukuran pondasi yang besar seperti konstruksi baja konvensional pada umumnya serta dapat menghemat biaya lainnya.

Range Bangunan BKC
  • Jarak bentangan : ~35 Meter (Tanpa kolom tengah) 
  • Sistem: Single atau Multigables, Single beam atau sistem truss. 
  • Tinggi: ~ 7 Meter. 
  • Jarak Portal: 7 Meter
  • Kemiringan atap: 5°, 10°, 15°, 20°, dan 25°

  • 2. TATABUILDER
Bangunan baja pra-rekayasa merupakan solusi optimal untuk yang ingin membangun bangunan yang memiliki bentangan besar, seperti airport, pelabuhan, gudang, pabrik, bengkel, workshop dan lainnya. Selain itu, rangka bangunan dan komponen lainnya telah dirancang sejak awal dan diproduksi di pabrik sesuai dengan kebutuhan untuk kemudian dirakit atau dipasang di lokasi yang diinginkan.

Beberapa keuntungan Tata Builder, diantaranya:
  • Material sudah diperhitungkan pemasangannya sehingga siap pakai dan sangat mengurangi kebutuhan pemakaian bekisting, penutup maupun perancah.
  • Waktu konstruksi berkurang dan bangunan dapat diselesaikan lebih cepat sehingga emungkinkan lebih cepat pengembalian modal yang diinvestasikan sebelumnya.
  • Lebih sedikit limbah
  • Bahan canggih seperti komposit berstruktur sandwich dapat dengan mudah digunakan, meningkatkan isolasi termal, suara, dan sesak udara.

Nah, bagi yang ingin melihat pamerannya langsung, tentu saja bisa datang ke JIExpo Kemayoran karena pameran ini akan berlangsung dari tanggal 6-8 November 2019


Jadi, jangan sampai ketinggalan. Sebab, pada pameran ini juga diadakan kompetisi Keterampilan Konstruksi Indonesia loh! Waah, kira-kira siapa ya yang menang? Saya ikut kepo nih!
6 comments on "Domus Kembali Hadir di Pameran Konstruksi Indonesia"
  1. Percepatan pembangunan hunian yang aman dalam situasi krusial cocoknya dengan teknologi Domus ya

    ReplyDelete
  2. ini solusi jitu untuk yg ingin bangun rumah dgn cepat, aman, nyaman, menyenangkan!
    Mau mau mauuuuu

    ReplyDelete
  3. Namanya unik ya ka. Domus kayak kosakata dr negeri harrypotter. Kualitasnya jg sama keren kyk namanya

    ReplyDelete
  4. Wah pas banget nih artikelnya. Saya sedang mencari2 kontraktor buat bangun rumah papa. Nanti coba di rekomendasiin deh, semoga aja suka.

    ReplyDelete
  5. Sekarang bangun rumah jauh lebih mudah dan hemat ya. Bangun rumah cukup 5 hari dengan menggunakan besi baja ringan.

    ReplyDelete
  6. Baru baca lengkap daku, kirain biaya beli baja dati Domus gak termasuk pemasangan. Ternyata sudah termasuk ya harganya. Kalau gini kan bikin hemat dan cepat pembangunan kan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature