Mengelola Keuangan dengan Smart Money Game bersama Kelas Belajar Namora

Thursday, November 7, 2019

"Ya ampun, baru dua minggu gajian, uangku udah menipis!"

"Kemana ya larinya uangku? Udah tinggal 50 ribu, padahal tiga hari lalu dapat bonus dari atasan. Tabungan juga nggak ada!" 

Hayooo ngaku, siapa yang begitu? Gaji nggak tau larinya kemana aja, tabungan nggak punya! Nah, itu tandanya perlu belajar me-manage keuangan. Mengapa? Sebab, tanpa disadari waktu terus berjalan dan tidak mungkin berbalik ke belakang, yang artinya apabila kita tidak memulai dari sekarang untuk mengelola keuangan dari hasil jerih payah yang kita dapatkan, maka bisa dipastikan kedepannya tidak punya tabungan, dan hari tua merana bahkan menjadi beban bagi diri sendiri.

Belajar mengelola keuangan tentu saja sangat penting, dengan tujuan agar masa depan lebih terjamin. Sebab, tentunya kita akan mengalami yang namanya masa tua, bukan? Bahkan masa dimana kita akan menghadapi yang namanya sakit. Namun, saya berharap kita sehat selalu. Aamiin. Tentu saja uang yang telah kita kelola sebelumnya akan sangat membantu. Saya punya pengalaman, dimana sebelum belajar mengelola keuangan Saya masih kecolongan, tidak punya tabungan. Sehingga, disaat-saat darurat dengan terpaksa Saya harus meminjam pada saudara. Menyedihkan :(. Padahal, kalau saja Saya dapat mengelola keuangan dengan baik dan tepat sasaran, setidaknya Saya memiliki tabungan dan uang tidak kekurangan. Buktinya, teman seprofesi bisa memiliki tabungan (saat berbincang tentang rencana masa depan), bahkan dari tabungan tersebut dia bisa membuka usaha kecil-kecilan, warung kelontong. 

Nah, dari sanalah saya belajar dan termotivasi untuk bisa memulai hal yang sama, mengelola keuangan. Tentunya dimulai dari belajar dengan teman, mencari informasi tentang belajar kelola keuangan baik melalui online maupun offline. Dan, alhamdulillah perlahan Saya mulai mengerti arti pentingnya mengelila keuangan dan bagaimana agar keuangan Saya selalu sehat. Karena kebutuhan dan keinginan yang begitu tinggi, sehingga akhirnya uang yang didapat terkesan tidak cukup, padahal kalau uang dikelola dengan sangat baik, tentunya hal itu tidak terjadi.


Ada beberapa manfaat jika seseorang mengelola keuangan dengan baik, diantaranya: 
  • Masa depan lebih terencana.

Apabila seseorang dapat mengelola keuangannya lebih baik, tentu saja masa depannya akan lebihbaik. Sebab, segala sesuatu yang terencana tentunya akan dirasakan manfaatnya baik sekarang maupun nantinya.

  • Dapat terhindar dari hutang.

Siapa sih yang ingin terlilit hutang? Tentu saja tidak mau donk. Nah, untuk itulah pentingnya kita bisa mengelola keuangan, agar kita tau mana kebutuhan yang mesti didahulukan daripada keinginan yang bisa dipenuhi belakangan.

  • Memiliki perlindungan dari kejadian tak terduga.

Kita tahu, jika hidup terkadang penuh dengan ketidakpastian dan bisa saja sewaktu-waktu mengalami kejadian yang tidak terduga. Apapun itu, tentunya akan ada risiko terburuk yang bisa saja terjadi dan mesti dihadapi, sehingga membutuhkan perlindungan untuk diri kita maupun keluarga. Nah, dengan kita mengatur keuangan secara maksimal, tentunya kita juga akan memikirkan tentang hal tersebut, yakni bagaimana memilih perlindungan yang sesuai untuk kita ataupun keluarga, seperti misalnya dalam bentuk asuransi. Dengan belajar kelola keuangan, pastinya kita akan memikirkan hal tersebut sehingga merencanakan untuk memiliki pos-pos khusus.

Itulah beberapa manfaat dari mengelola keuangan dengan baik yang bisa teman-teman terapkan dan rasakan manfaatnya.

"Waah, kalau begitu saya mau banget belajar kelola keuangan. Tapi, belajar dimana dan berapa budget yang harus dikeluarkan?"

Soal dimana belajar kelola keuangan, baru-baru ini alhamdulillah Saya berkesempatan belajar langsung dengan ahlinya loh 😍, bertema "Financial Planning dengan Smart Money Games".

Belajar Kelola Keuangan dengan Permainan Game


Diantara teman-teman pasti bertanya-tanya, mau belajar kelola keuangan apa bermain? Nah, disinilah Saya merasakan asiknya belajar mengelola keuangan dengan sebuah permainan, karena sebelum-sebelumnya yang pernah Saya ikuti rata-rata hanya penyampaian materi tanpa praktek secara langsung, sehingga untuk pengaplikasian yang sebenarnya terkadang Saya masih tetap saja merasakan bingung. Dengan bermain, secara tidak langsung kita telah belajar sehingga mengerti pos-pos keuangan apa saja yang mesti kita persiapkan. Ibaratnya dalam bentuk nyata, kita bekerja sehingga menerima gaji, lalu apa yang mesti kita lakukan dengan gaji-gaji yang kita peroleh tersebut? Lalu, persiapan apa yang mesti dilakukan (saat masih bekerja) jika tiba-tiba perusahaan mem-PHK? Dan masih banyak hal lainnya yang Saya dapatkan melalui permainan games tersebut.

Acara yang Saya ikuti pada 3 November 2019 lalu, di-inisiasi oleh Namora Business Organizer (EO yang menyelenggarakan khusus kelas-kelas keuangan, baik untuk umum maupun Start Up) yang bekerjasama dengan Ibu Mike Rini CFP selaku Founder Mitra Rencana Edukasi sekaligus yang menjadi fasilitator pada acara tersebut. Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk menjangkau masyarakat luas melalui edukasi mengenai pentingnya mengelola keuangan dengan baik sehingga masyarakat luas turut merasakan manfaatnya.

Sekilas Mengenai Ibu Mike Rini


Diantara teman-teman mungkin ada yang belum kenal dengan beliau. For Your Information! Ibu Mike Rini ini merupakan Perencana Keuangan Independen sekaligus pendiri dari Mitra Rencana Edukasi, yang telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dalam layanan perencanaan keuangan pribadi serta pengelolaan kekayaan. Kliennya pun kebanyakan berasal dari kalangan professional, pengusaha hingga eksekutif, bahkan keahlian dan profesionalismenya pun telah diakui oleh Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Instansi pemerintah maupun perusahaan swasta. Waah, keren yaaa!

Berkat keahlian Bu Mika Rini (IG: @mikerini_mre dan @mitrarencanaedukasi), ia pun kerap diundang menjadi pembicara di berbagai seminar maupun lokakarya, pernah menjadi narasumber di berbagai stasiun televisi seperti Berita Satu TV, Metro TV, dan Kompas TV. Beliau juga telah banyak membantu kliennya dalam melakukan perencanaan keuangan dengan tujuan untuk memproteksi kekayaan, investasi jangka panjang, pewarisan kepada generasi penerus dan kegiatan Philantrophy.

Oiya, dalam satu tahun ini Namora ternyata sudah menyelenggarakan 3 kelas belajar kelola keuangan loh! Nah, untuk kelas keempat akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini, yakni tanggal 21 November 2019 dengan tema mengenai "Budget".


Waah, pasti banyak hal yang akan kita dapatkan setelah ikutan kelasnya. Untuk pendaftaran, kalian bisa hubungi langsung Kak Anggia ya😍. Nomernya tertera pada Flyer atau mau kepoin Instagramnya boleh banget.
IG Namora: @namora.boz

20 comments on "Mengelola Keuangan dengan Smart Money Game bersama Kelas Belajar Namora"
  1. Salah satu alasan sayab ingin belajar mengatur keuangan itu karena supaya terhindar dari hutang. Tidak ingin dong numpuk hutang tapi kehidupan gini gini saja.

    ReplyDelete
  2. Acara bagus ya mbak tapi sayang jauh dari tempat domisiliku saat ini. Karena walaupun ibu rumah tangga sebaiknya kita memang harus membuat budget keuangan rumah tangga kita agar gak over pengeluaran.

    ReplyDelete
  3. Mengelola keuangan tuh emang penting banget, apalagi setiap tahun aku selelu membuat anggaran keluarga, karena setiap tahun selalu mengalami perubahan. Belum lagi tahun depan anakku sudah masuk sekolah dasar.

    ReplyDelete
  4. oh ini seru juga ya mengelola keuangan dengan cara permainan gitu, jadi lebih mudah buat diingat dan langsung diterapkan

    ReplyDelete
  5. Ahh bener kak elva. Biasanya kalo bahas finansial begini seringnya hanya materi saja. Padahal oraktek langsung secara fun juga perlu ya. Apalagi tipe pembosan kayak aku nih

    ReplyDelete
  6. Duh, aku juga masih sering kewalahan atur keuangan keluarga..

    Enak banget klo bisa belajar di kelas ini

    ReplyDelete
  7. Keputusan kadang harus cepat, tepat dan tahu resikonya. Masalahnya kita sering salah ambil keputusan.

    Kalau sering latihan pasti terbiasa nih dengan bermain smart game

    ReplyDelete
  8. Boleh nih uba sesekali ikut kelasny seru kayaknya belajar literasi keuangan dgn Cara yg fun

    ReplyDelete
  9. Masa depan lebih terencana itu memang penting mbak El, makanya kelola keuangan diperlukan pengaturannya dengan baik

    ReplyDelete
  10. hmm menarik nih, walaupun aku punya usaha kecil2an tapi mesti belajar keuangan untuk mompreneur :)

    ReplyDelete
  11. Menarik nih, aku jadi mau juga ikutan nih. Belajar bagaimana mengelola keuangan baik dinrumah tangga juga di bisnis

    ReplyDelete
  12. Wah, ada permainan yang berksitan dengan pengelolaan keuangan ya

    ReplyDelete
  13. Kalau sudah berbicara tentang "budget" pasti deh bikin kita mengernyitkan dahi. Whaattt? Belum habis bulan duit udah kembang kempis? Hahaha :D Begitu kan biasanya, mbak Elva? Itu aku juga wkwkwkwkw. Gara2 dana tak terduga suka terpakai buat hal2 yang mungkin sebenarnya belum perlu amat tgapi dibeli. Asik nih bisa belajar mengelola keuangan :) Kepo jadinya.

    ReplyDelete
  14. Wkwkwk saya dan suami jg sering gitu. "ingat deh pernah dipakai beli apa? Gak mungkin ilang gitu ajah". Sampai udah dicatat tetap ajah heran sendiri

    ReplyDelete
  15. Nggak diceritain gimana maksud mengelola uang dengan money gamenya ya? Atau yuni yang nggak nangkep maksud tulisannya?

    ReplyDelete
  16. Hari gini emang mesti melek literasi finansial.. kalo nggak bahaya....

    ReplyDelete
  17. Ini mah pengalaman aku bngt gajian msih lamaa duit belanja dah habis hahha pengen juga ikutan kelasnya biar keuangan kita bisa termanage

    ReplyDelete
  18. Waahh.. kelas belajar membuat budget, bisa juga buat ibu rumah tangga? Memang sih kalau punya usaha bagus belajar budget, biar usaha mumpuni dan arus cash flow terjaga

    ReplyDelete
  19. Paham cara mengelola keuangan itu semacam ilmu wajib buat wanita. Karena pada akhirnya wanita pasti akan selalu berhubungan dengan pengelolaan keuangan minimal keuangan rumah tangga. Cara belajar mengelola keuangan lewat games sepertinya asyik juga. Interaktif dan pasti ada sisi funnya..

    ReplyDelete
  20. Mesti saya sudah mengelola keuangan rumah tangga selama 17 tahun lebih penting juga belajar dari smart money games di kelas belajar Namora ini . Cuss kepoin dulu aja sosmednya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature