Pentingnya Menyiapkan Semangkuk Sarapan Sehat

Tuesday, February 5, 2019

Sarapan? Bagi sebagian orang sarapan itu penting, akan tetapi sedikit sekali yang mau sarapan karena berbagai alasan, mulai dari repot membuat sarapan, nggak punya waktu untuk sarapan, dan berbagai alasan klasik lainnya. Padahal, faktanya, sarapan itu sangat penting. 

Ngomong-ngomong soal sarapan sebagai sumber tenaga, saya pernah mencoba sekali tidak sarapan. Dan, alhasil tubuh terasa tidak bertenaga, sehingga saya menjadi tidak fokus melakukan aktivitas, bahkan mendadak tubuh lemas dengan perut yang makin keroncongan. Hingga saya pun akhirnya membiasakan diri untuk sarapan setiap hari, namun sarapan yang praktis buat saya saat itu adalah goreng-gorengan, seperti bakwan, tempe dan tahu goreng. 

Kenyang? Ya, lumayan sih sebagai pengganjal perut sementara menjelang makan siang. 


Sarapan Jangan Sekadar Mengenyangkan Namun Juga Harus Menyehatkan

Saya pikir sarapan itu cukup hanya kenyang, sehingga bisa sarapan dengan gorengan saja. Namun, asumsi tersebut salah setelah saya mendapat pencerahan soal sarapan sehat itu seperti apa, tentunya pada acara Nestle NESTUM: 101 Nestum Healthy Bowls, dengan tema "Raih Hari yang Lebih Besar dengan Sarapan Lezat, Sehat dan Praktis", yang berlokasi di Glass House 8th Level – The Ritz Carlton Hotel, SCBD, Kini Kebayoran Baru - Jakarta Selatan.

Pada acara yang mengedukasi tersebut, turut menghadirkan beberapa orang pembicara, diantaranya: 

  • Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes (Ahli Gizi) 
  • Eka Herdiana (Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia) 
  • Windy Cahyaning Wulan (Business Executive Officer Dairy Nestlé Indonesia) 


Pada kesempatannya, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes selaku Ahli Gizi menyampaikan bahwa:
"Dengan mengkonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat lebih, baik itu dari segi fisiologi maupun psikologis, dibandingkan jika hanya mengonsumsi minuman saja." 

Apabila seseorang tidak mengkonsumsi sarapan lebih dari 2 jam setelah bangun tidur, ternyata dapat mengakibatkan kadar gula darah menurun. Dan, sebagai akibatnya tubuh akan merasa sangat lapar serta cenderung memilih menu yang kurang sehat dan minim zat gizi. Akan tetapi, ternyata sarapan itu bukan diminum, namun dimakan! 


Mengapa sarapan mesti dimakan? 

Pada hakikatnya, proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan tetapi juga organ lainnya, termasuk jantung yang bertugas sebagai pemompa darah. Sebab, makan melibatkan proses mengunyah yang merangsang fungsi otak untuk lebih fokus, mudah mengingat dan juga dapat mengurangi rasa lapar. 



Dalam hal sarapan, Dr. Rita menyampaikan bahwa: 
"Pilihlah menu sarapan dengan bijak, misalnya berupa makanan yang mengandung multigrain, serat pangan, vitamin dan juga mineral!"


NESTUM 101 healthy Bowls

by Nestle

Jika tahun lalu Nestle menghadirkan NESTUM sebagai pilihan sarapan yang cerdas, pada tahun ini Nestle berkomitmen untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang lebih sehat dan bahagia. 

Melalui peluncuran NESTUM 101 Healthy Bowls inilah Nestle mengajak masyarakat Indonesia, untuk berkreasi membuat ragam makanan untuk sarapan yang lebih praktis namun tetap sehat dan lezat. 



Pada kesempatannya, Ibu Windi Cahyaning Wulan selaku Business Executive Officer Dairy Nestle Indonesia menyampaikan bahwa: 
"Faktanya, sebanyak 51% orang Indonesia menyadari bahwa sarapan merupakan waktu makan terpenting dalam sehari, namun sayangnya 76% orang yang mengonsumsi sarapan di pagi hari belum memilih menu yang sesuai dengan Golden Standard breakfast, yakni harus terdiri dari makanan dan minuman, bukan salah satunya saja!" 

Golden Standard Breakfast ialah sarapan sebelum pukul 09.00 pagi untuk memenuhi kebutuhan zat gizi bagi tubuh agar siap memulai aktivitas. Mengapa sarapan harus sesuai dengan Golden Standard Breakfast? Sebab, dapat menstimulasi otak (terlebih pada anak), dapat meningkatkan rasa kenyang dan dapat mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak. Dan, semangkuk sarapan sehat nan lezat dan praktis tersebut adalah Nestle Nestum




"Gizi yang terkandung dalam satu mangkuk Nestle NESTUM setara dengan protein dari satu gelas yoghurt, kalsium dari satu gelas susu,  dan serat makanan dari satu lembar roti gandum" tambah Eka Herdiana Corporate Nutritionst Nestle Indonesia. 

Sekilas Tentang Nestle Nestum 

Nestle Nestum merupakan produksi dari Nestle Indonesia (anak perusahaan Nestle S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss). 



Nestle Nestum ini ialah bubur sereal sarapan multigrain pertama di Imdonesia yang memiliki semua kebaikan GRAINSMARTA, yakni perpaduan tiga jenis biji-bijian seperti gandum utuh, beras dan jagung yang kaya akan serat pangan, vitamin dan juga mineral. 

Nestle Nestum hadir dalam dua pilihan, yakni:
1. Nestle Nestum Porridge yang tersedia dengan rasa Manis dan Original.
2. Nestle Nestum 3-in-1 dengan rasa susu, Yakni Susu dan Pisang, serta Susu dan Coklat. 


Kreasi Nestum

Pada acara tersebut, saya dan undangan lainnya menyaksikan demo masak oleh Chef Staby Rafael, membuat kreasi masakan dari Nestum, yakni Nestle Nestum Bubur Ayam Kari.



Setelah demo masak, dilanjutkan sharing oleh Mbak Emilia Nico, seorang Food Stylist Muda yang berbakat. Mbak Emilia menjabarkan beberapa tips bagaimana cara membuat tampilan makanan lebih stylish agar memantik selera yang melihatnya, yakni tentang susunan yang benar, waktu yang tepat untuk memotret makanan, dan masih banyak lagi yang bisa kami praktekkan langsung saat akan membuat menu per tim.


Setelah sharing selesai, masing-masing tim yang terdiri dua orang, diminta membuat menu sekreatif mungkin untuk kemudian diunggah ke instagram yang mana akan dinilai oleh dewan juri. Dan, saat itu saya satu tim dengan suami saya, Heripal Danindra 😁. Berikut resepnya


~ Nestle NESTUM Rempah Gurih ~

Bahan:
Nestle nestum kira-kira 8-10 sendok makan
Cream 3 sdm

Rempah:
1/8 Bawang bombai, iris
3 lembar daun jeruk, iris
1 tangkai Serai, iris
Daging ayam yang sudah di goreng, suir.
1/2 sdt jahe halus.
1 lembar Daun bawang, iris
1 sdm Minyak utk menumis
Air 1 gelas

Cara Membuat:
✔ Panaskan minyak. Jika sudah sedikit panas, masukkan bawang bombai.
✔ Setelah kira-kira aroma bawang bombai tercium, masukan irisan daun jeruk, irisan serai.
✔ Setelah rempah keluar aromanya, masukan air dan suiran ayam. Tunggu hingga aroma kuat. Angkat
✔ Masukan nestle NESTUM ke dalam mangkuk, kemudian tuang air  rempah tadi (hangat kuku), aduk rata.
✔ Kombinasikan dengan susu, kemudian beri taburan nestle Nestum sebagai toping.

NESTLE NESTUM REMPAH gurih siap dinikmati bersama keluarga.

Yuk, kreasikan Nestle Nestum bersama keluarga. Semakin mendekatkan, semakin menghangatkan keluarga tercinta. 😍😍

#101NESTUMHealthyBowl
#NESTUMIniBaruSarapan
#101NESTUMSore
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature