9 Proses Mudah Dalam Pembuatan Website

Saturday, February 2, 2019

Mudah dalam membuat website? Tentu saja mudah, bagi yang sudah terbiasa membuatnya. Namun, belum tentu bagi Pemula. Dulu, pada saat saya akan membuat website, saya benar-benar dilanda kebingungan, bingung bagaimana cara memulainya sehingga kemudian saya mulai mencari-cari informasi dengan cara browsing di internet. 

Nah, buat yang masih bingung atau pemula dalam membuat website, di artikel berikut akan saya bahas bagaimana cara dalam pembuatan website. Saya akan beritahukan bagaimana proses pembuatannya. 


Sekilas Mengenai Website

Website adalah sebuah media online yang berisi berbagai konten dan artikel seputar tips, informasi, penjualan dan lain sebagainya. Semua orang bisa memiliki website dengan cara memilih jasa pembuatan website yang terpercaya. Maka, sebelum itu ada baiknya membaca penjelasan ini  hingga tuntas, yakni mengenai proses pembuatan website tersebut. 

Soal proses pembuatan, caranya cukup mudah untuk diikuti, namun manfaatnya akan sangat besar jika telah selesai menjadi sebuah web. Dan untuk itu, sebelumnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu proses pembuatannya. Saya akan lanjutkan pembahasan selengkapnya di bawah ini ya 😊. 


Proses Pembuatan Website 

Bagi teman-teman yang membutuhkan cara bagaimana tahapan dalam pembuatan website, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini. Agar teman-teman dapat membuat website dengan tepat dan cepat silahkan ikuti langkah berikut ini ya! IDwebhost 


Pict. IDwebhost


  • 1. Mulai memikirkan tema web 

Mengapa harus memikirkan tema web? Tentu saja tema web lebih kepada untuk tujuan apa seseorang membuat website tersebut. Misalnya, untuk tujuan informasi sebagai wadah berita terkini di daerah kabupaten sekitar. Maka sebaiknya website nanti hanya berfokus pada berita tentang kabupaten sekitar. 

Hindarilah pembuatan website yang bertujuan untuk mengumbar berita hoax daripada nantinya Anda akan terkena sanksi hukum. Akan tetapi jika sudah menentukan tujuan dan target dari pembuatan web ini untuk tujuan sebagai toko online dalam menjual produk, teman-teman bisa menyuguhkan tampilan seperti portfolio perusahaan, company profile hingga produk yang akan dipasarkan. 


Baca Juga: Tutorial Sederhana Membuat Blog


  • 2. Membuat konsep dan fitur 

Berdasarkan pada target dan tujuan dalam pembuatan website selanjutnya, tentu saja harus pikirkan juga konsep dan fitur yang dibutuhkan. Jika Anda binggung nggak perlu khawatir, sebab bisa menemukannya dengan browsing atau mencari referensi dari website sejenis yang sama seperti bisnis Anda. Selain itu, Anda bisa juga langsung melakukan konsultasi dengan pihak customer service pada layanan pembuat web yang akan Anda gunakan. 


  • 3. Mulai memikirkan nama domain 

Setelah mempunyai tema website, Anda bisa mulai membuat nama domain untuk perusahaan. Usahakan memakai nama yang pendek dan mudah diingat. Jangan lupa bahwa nama domainnya harus terkait dengan tema web mengenai berita di kabupaten, maka pilihlah yang terkait soal berita. Sebagai contohnya, jika Anda membuat web online shop maka nama domain harus berkaitan dengan brand Anda seperti misal menjual kue bisa memakai domain kuemurah.com. 

Selanjutnya, Anda dapat menyewa sebuah server yang bisa Anda pesan melalui jasa hosting salah satunya dari IDwebhost


Pict. IDwebhost


  • 4. Membuat tampilan grafis 

Tampilan grafis atau template merupakan tampilan website yang menggunakan bahasa pemrograman CSS, HTML dan jQuery. Teman-teman bisa memilih template yang paling interaktif. Mintalah pada jasa pembuatan website untuk membuatkan template yang paling bagus dengan loading cepat supaya lebih disukai oleh para pengunjung. 


  • 5. Membuat CMS atau sistem website 

Apabila template website sudah berhasil dibuat, selanjutnya anda buat CMS atau system website seperti database, menggunakan bahasa pemograman semisal, PHP, ASP, dan lainnya. ada banyak pilihan CMS yang dapat Anda gunakan, salah satunya yaitu CMS WordPress yang merupakan salah satu CMS yang paling populer dan banyak dipakai oleh orang untuk membuat website mereka. 


  • 6. Upload ke server 

Setelah pembuatan website selesai dibangun, kini giliran Anda untuk mencoba serta mengupload ke server. Melalui cara ini berarti Anda telah melakukan percobaan apakah website tersebut dapat diakses melalui jaringan internet atau belum. pastikan dalam hal ini anda sudah mempunyai server hosting yang cocok dengan kebutuhan website anda, jangan sampai Anda telah mempunyai trafik yang tinggi tetapi malah memilih paket hosting yang rendah karena hal ini akan membuat website anda down dan tidak dapat diakses. 


  • 7. Buatlah konten dengan judul dan kalimat yang menarik 

Setelah website sudah dapat diakses, tentu saja Anda harus bisa menarik perhatian warganet. Salah satu caranya yaitu dengan membuat konten dengan judul yang membuat orang semakin penasaran dan gunakanlah kalimat yang mudah dipahami sehingga pembaca tidak akan mudah merasa bosan. Dalam hal ini bagian yang terpenting bagaimana supaya warga net tidak bosan dan menyukai web anda. 

Baca Juga : 8 Tips Untuk Membuat Konten Menarik! 


  • 8. Sediakan kontak admin yang dapat dihubungi

Jika web telah selesai dibuat, jangan sampai lupa untuk menyediakan kontak yang mudah untuk dihubungi. Misalnya dengan mencantumkan alamat email atau nomor WhatApps Anda. Mengapa? Sebab, kontak merupakan hal yang wajib supaya saat orang membutuhkannya bisa dengan mudah untuk menghubungi pemilik web. Terutama untuk website jenis toko online ya.  


Pict. IDwebhost


  • 9. Selalu update 

Jika memilih situs sendiri pastikan hal yang satu ini jangan terlewatkan. Anda harus selalu update. Ini untuk menghindari para pengunjung supaya tidak bosan dan juga jangan sampai situs Anda ditinggalkan oleh para penggemar. Selalulah untuk membuat inovasi baru sehingga orang yang berkunjung tidak akan mudah bosan jika ingin mengujungi konten yang telah anda sediakan.

Nah, itulah cara yang benar dalam tahapan pembuatan website yang dapat dipraktekkan untuk siapa saja serta tujuan untuk apa. 

Dengan memiliki situs sendiri, Anda dapat lebih bebas untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk warga net, yang terpenting Anda harus update dan kreatif. Semakin kreatif Anda maka akan membuat website banyak dikunjungi oleh para pengunjung. 

Jasa pembuatan website sering kali melayani pemesanan web khusus toko online Bagi Anda yang ingin berjualan online, website merupakan media yang sangat bagus karena tampilannya yang sangat menarik. Selain itu, orang tidak membutuhkan aplikasi lagi untuk membukanya. Cukup dengan mencari dan mengakses website Anda menggunakan mesin pencari google. Jika apa yang Anda jual dibutuhkan oleh orang-orang, tentu mereka akan memesan pada Anda. 

Para pebisnis di jaman sekarang memang tidak boleh ketinggal dalam penggunaan media digital seperti website, sebab semakin ketatnya persaingan di dunia jual beli mengharusnya kita lebih teliti dan kreatif dalam melakukan promosi, harga produk dan berbagai pilihan produk secara online. Misalnya jika Anda membuka usaha pakaian. 

Website akan menjadi sarana termudah supaya customer bisa langsung melihat daftar produk pakaian anda, jenis bahan yang dipakai, motif, warna dan ukuran pakaian serta beberapa pakaian yang paling hits saat ini. Oleh karena itu mintalah kepada jasa pembuatan website terpercaya untuk membuatkan web toko online dengan langkah di atas.

Selamat mencoba! Dan, semoga sukses. 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature