Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, review serta tips menulis FTV berdasarkan pengalaman penulis.

Mendisiplinkan Diri dengan Mengikuti ODOP

Sunday, November 8, 2020


ODOP atau yang lebih dikenal dengan One Day One Post, merupakan salah satu cara untuk mendisiplinkan diri agar terus menulis dan tentu saja menulis setiap hari. Awal mula Saya mengenal istilah ODOP saat mengikuti beberapa komunitas blogger dan kemudian mulai mencoba ikut ODOP saat di komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) mbak Ani Berta mengumumkan akan mengadakan ODOP. Tentu saja bagi Saya itu adalah suatu kesempatan yang nggak boleh disia-siakan, apalagi diberi tema, soalnya selama ini Saya bingung mau menulis apa karena terbentur soal tema yang akan saya tulis di blog. Ngomongin soal ODOP, saya juga baru tahu nih soal adanya blogger squad ODOP setelah membaca ulasannya mbak Maria Tanjung mengenai Ilmu Baru di bloger squad ODOP dan setelah membaca ulasannya Saya jadi terpacu lagi buat ikutan ODOP seperti bulan-bulan sebelumnya, soalnya sebulanan baru-baru ini hingga saat ini semangat ikut ODOP terasa mulai berkurang. 


Bagi sebagian teman-teman yang lain termasuk Saya, mengikuti ODOP ini merupakan suatu tantangan tersendiri untuk memutus rasa malas. Sebab, rasa malas jika tidak diatasi bisa jadi akan semakin malas. Jangan sampai deh!


Manfaat Mengikuti ODOP

Bagi Saya, ada banyak hal yang didapat ketika mengikuti ODOP, tidak hanya untuk diri sendiri akan tetapi juga terhadap blog yang kita kelola, diantaranya:

  • Menjadi Disiplin

Dengan mengikuti ODOP, secara tidak langsung kita telah melatih diri untuk disiplin terutama disiplin dalam menulis. Dan, ketika terus dilatih maka saat menuangkan ide ke dalam tulisan semuanya akan lancar tanpa hambatan.

  • Mendapat Teman Baru

Dengan mengikuti ODOP secara otomatis Kita akan mengenal anggota baru yang ikut bergabung pada program ODOP tersebut. Bahkan, dari pertemanan baru tersebut terkadang kita akan mendapat wawasan baru, entah itu mengenai kebudayaan teman satu grup ODOP, bahkan saat membahas tema yang diberikan oleh ketua ketika mengikuti ODOP.

  • Blog Selalu Aktif

Dengan rajin mengikuti ODOP, tentunya blog akan selalu up date dengan tulisan-tulisan baru, sehingga blog tidak jamuran  hehehe. Makanya setelah mengikuti ODOP alhamdulillah blog selalu update dengan tulisan baru, meskipun tidak setiap hari alias dua sampai lima hari sekali. Nggak apa-apalah, daripada enggak sama sekali.

  • Mengasah Skill Menulis

Dengan ODOP pelan-pelan skill menulis terus terlatih, tentu saja dibarengi dengan rajin membaca agar kosa kata ketika menulis juga jadi lebih banyak, tidak monoton.

  • Mendapat Peluang Job Menulis

Disadari atau tidak, terkadang ada beberapa klien suatu brand tertentu yang mungkin saja tengah mengamati aktivitas di blog kita, sebab ketika blog kita aktif update tulisan akan ada beberapa klien yang menghubungi untuk mengajak kerjasama. Ini pernah Saya alami.


Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan saat aktif mengikuti ODOP, tapi jika sekiranya belum sanggu buat setiap hari posting tulisan, setidaknya tiga hari atau lima hari sekali kita update. 


Tips Agar Aktif ODOP

Kalau soal tips supaya bisa aktif nulis ketika mengikuti ODOP, sebenarnya itu letaknya di diri sendiri, mau semangat atau patah semangat, jangan aja patah hati, jangankan buat ODOP yang ada nggak nulis-nulis sampai berbulan-bulan karena hati belum move on, hahah, jangan sampai deh, rugi untuk diri sendiri. Nah, berikut tips yang bisa teman-teman lakukan ketika akan memgikuti ODOP, diantaranya:

  • Niat.

Sebagaimana yang kita ketahui, jika segala sesuatunya di awali dengan niat, jadi luriskan akan dulu niat teman-teman tuh mengikuti ODOP hanya karena ada iming-iming hadiah jika tuntas mengikuti ODOP atau karena niatnya memang ingin belajar disiplin dalam menulis. Boleh-boleh aja sih mengharapkan hadiah, tapi kalau semata-mata mengikuti ODOP karena hadiah, maka nggak menjamin semangat menulismu akan terus ada ketika kamu kecewa tidak mendapatkan hadiah tersebut dikarenakan peserta yang ikut ODOP banyak dan salah satu diantara temanmu yang mendapat hadiah tersebut.

  • Pastikan Kamu Menguasai Tema ODOP

Ini juga penting nih, supaya saat menulis tulisanmu mengalir dan nyambung, tapi kalaupun temanya sedikit berat bagimu ya apa salahnya perbanyak baca buku yang ada sangkut paud mengenai tema tersebut supaya wawasanmu bertambah dan menulis pun lancar.

  • Buatlah Jadwal


Membuat jadwal menulis juga penting, supaya kamu bisa rutin menulis setiap harinya. Semisal jadwal menulis dari usai sholat Subuh hingga jam 6 pagi, maka rutin saja menulis di jam-jam tersebut. Namun jika waktu dirasa masih kurang, teman-teman bisa menambah jadwal menulis di jam-jam sore usai meakukan kegiatan. Dan lakukan itu setiap hari. 

  • Matikan Semua Perangkat Elektronik yang Bisa Mengganggu

Siapa nih yang suka teralihkan fokusnya saat melihat layar HP ataupun televisi? Nah, saat teman-teman akan menulis, ada baiknya matikan semua elektronik yang mengganggu seperti televisi bahkan HP. Sebab, jika tidak dimatikan maka bisa dipastikan fokusmu bisa teralihkan, apalagi kalau HP sudah banyak notifikasi masuk, pasti deh kamu bakal penasaran buat melihat isi notifikasi tersebut hingga berlanjut saling balas-balasan komen dan akhirnya tulisanmu terbengkalai.

  • Jaga Stamina

Menjaga stamina juga sangat perlu, supaya kamu bisa terus menulis. Jika saja kamu sakit, maka bisa dipastikan semangat buat menulis kendor karena tubuh yang tidak fit. Untuk menjaga stamina, bisa dengan rutin berolahraga, makan makanan sehat dan bergizi seimbang. 


Nah, itulah beberapa hal yang bisa Saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan teruslah semangat

33 comments on "Mendisiplinkan Diri dengan Mengikuti ODOP"
  1. Menurutku memang kuncinya emang harus niat sih mba. Jangan sampai deh malah berhenti di tengah jalan. haha. Dan aku sendiri merasakan manfaatnya mengikuti ODOP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Al, kl udah niat dan dijadwalkan maka In Syaa Allah gak bakalan berat buat ODOP

      Delete
  2. Sebenernya aku kepengen coba ODOP tapi kayaknya ga sanggup hahaha :) Mungkin niatnya belum cukup wjwkwkwkwk. Kalo soal tema dan stok cerita sih alhamdulillaah banyak banget. Tapi aku memang seminggu 1 atau 2 judul aja mampunya mengingat ga boleh duduk kelamaan hehehe :) Maju terus, jeng Elva!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun masih mencoba rutin ODOP tapi ya tetap aja ada bolongnya mbak,

      Delete
  3. hebat mbak elva bisa ikut odop, aku belum pernah coba sih cuma kemarin pas ramadhan ikut 30 hari tantangan blogger perempuan..namun ga maksimal jadinya seo on pagenya jadi keburu2..maklum nulisku masih lambat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut mbak tapi ya itu ternyata masih ada bolongnya 😁, ternyata gak semudah yg dibayangkan buat bisa ODOP

      Delete
  4. Aku mau ikutan ODOP ah bulan Desember. Kebetulan mau ngurangi job juga biar lebih sering nulis. Thanks sharing-nya, mbak :)

    ReplyDelete
  5. November ini aku sudah berniat menulis tiap hari namun apa daya kadang suka terlena dengan rasa malas. Hiks hiks, emang rasa malas itu harus dilawan ya

    ReplyDelete
  6. Aku sempat pengen ikutan ODOP, tapi nggak kuat hehehe... Waktunya masih rebutan sama nemenin duo krucil. Tapi, thanks banget loh sama tipsnya.

    ReplyDelete
  7. wah keren sih mbaa kalo niat dan konsisten ikut ODOP, aku mah gakuat wkwkwk soalnya berebut waktu ama anak2 dan keluarga di rumah juga

    ReplyDelete
  8. Perjuangan banget emang ya, kak. Kalau ikuta odop tapi enggak serius niatnya. Soalnya, aku beberapa kali gagal karena keteteran. Huhu, masih belum konsisten akuh

    ReplyDelete
  9. benar mbak, ikut odop itu melatih kita untuk konsistem nulis...
    klo sering nulis tulisan juga makin bagus

    ReplyDelete
  10. Wah iya nih kak kalau udah ikutan ODOP pasti dsiplin .karena mau gak mau kita harus udah nulis dan setor setiap hari ya, bikin kita juga konsisten ya. Semoga aku bisa mendisiplinkan diri tapi masih 1 minggu sekali. wkwkwk

    ReplyDelete
  11. kalau saya biasanya bikin bank ide sampai banyak banget temanya bisa lebih dari 50 tema haha. itu juga belum sama anakannya. biar apa? biar setiap hari ada ide yang mau ditulis, karena ikut odop itu gak mudah kalau kitanya gak semangat. apalagi nulisnya tiap hari. belum lagi udah ada ide tapi gak mood nulis ide tsb. nah udah deh makin lama aja setornya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren juga nih mbak idenya, bikin semacam bank ide, jadi banyak stok buat nulis

      Delete
  12. ODOP ini bnayk banget manfaatnya ..masalahnya untuk sebagian besar orang termasuk saya komitmen dalam waktu yang masih belum konsisten hehehe...kadang waktuya terbagi dengan pekerjaan di dunia nyata..pernah ikut ODOP cuma separuh jalan ..tapi keren sih idenya biar belajar konsisten dalam membuat tulisan

    ReplyDelete
  13. Apapun yang dilakukan asalkan sesuai minat dan tetap semangat dan yang paling penting tidak mendapatkan gangguan dan hasilnya pasti akan sempurna sebab dilakukan dengan hati dan semangat untuk terus berkembang

    ReplyDelete
  14. 🤣🤣🤣 baca ini jadi ketawa. Mpo Malu euy tidak kelar odop . Kaburrrr aja ah

    ReplyDelete
  15. Saya salut banget dengan teman-teman yang bisa ODOP karena mereka terbukti sangat disiplin sekali. Pernah saya ikutan ODOP ini karena challenge dan akhirnya setelah itu tak mampu lagi

    ReplyDelete
  16. ODOP menjadi ajang blogger yang serius untuk mau terus mengasah kemamuan dan konsistensi menulis ya kak

    ReplyDelete
  17. Pengen banget bisa jalanin ODOP, biar blog lebih berisi, tapi kayaknya harus kumpulin tema tulisan dl baru diulas di blog ya mba biar tulisannya ga ngasal

    ReplyDelete
  18. Wah saya menyesal melewatkan ikutan menulis odop ...takut nggak kuat menjalaninya kak. Padahal kalau dikerjakan ya pasti mampu ya, kalah sebelum perang sih hehehe

    ReplyDelete
  19. Semangat terus ODOP nya ya bun, semoga konsisten, karena ini yang biasanya berat, hamba juga gak sanggup hikkksss

    ReplyDelete
  20. yang utama memang niat, insya Allah dengan niat yang kuat, mampu mengalahkan segala rintangan. ODOP bisa dilaksanakan dengan baik. kalau saya lebih ke kendala penguasaan tema. akhirnya membawa mood yang tidak baik. he he .. alasan lagi

    ReplyDelete
  21. Mbak Elva, aku harus jujur nih kadang kalau mau ikut odop tuh takut enggak konsisten. Emang membangun konsistensi tuh paling susah yaa

    ReplyDelete
  22. Aku cuma ngikutin one day one post saat ada challenge aja Kak. setelah itu sering nggak sempat mengerjakan one day one post. Pengen sih setiap hari ngerjain tapi nggak bakalan sempat BW.

    ReplyDelete
  23. Iya memang, dengan mengikuti kegiatan ODOP, kita jadi aktif menulis dan blog berasa hidup. Itu juga bisa mendatangkan rejeki

    ReplyDelete
  24. ODOP emang butuh istiqomah dan niat buat konsisten ya kak, kalo gak bisa keteteran banget itu

    ReplyDelete
  25. Hai kak, ada grup khusus untuk masuk odop gak? Aku mau juga gabung dong kak butuh Booster ntuk nulis biar makin rajin nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kak, di komunitas Indonesian Social Blogpreneur, Mbak Ani Berta

      Delete
  26. Sekalinya saya ikut ODOP saya nyerah mbak soalnya tema yang diberikan suka tak sesuai dengan nichie blog jadi agak repot juga menulis ODOP hehehe semangat ya yang bisa ber ODOP ria

    ReplyDelete
  27. ODOP emang banyak banget lo manfaatnya yang aku rasa Kak. Selain jadi konsisten untuk menulis juga terbiasa untuk mengatur waktu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature