Tips Liburan Menyenangkan Namun Tetap Hemat

Tuesday, April 17, 2018

Liburan merupakan cara jitu yang biasa dilakukan untuk menghilangkan kepenatan setelah bekerja full selama sepekan. Setiap orang punya cara memanfaatkan hari libur, baik itu hanya di rumah, bahkan mungkin liburan ke luar kota. Selain menghilangkan rasa penat, dengan liburan juga dapat mempererat cinta kasih antara istri pada suami dan sebaliknya, begitupun orangtua pada anak dan sebaliknya.

Liburan panjang tahun ini saya dan suami ingin berlibur ke Yogyakarta, yang terkenal dengan sebutan Kota Pelajar. Yogyakarta menjadi tujuan wisata yang banyak diminati para turis, baik domestik maupun mancanegara. Dan berlibur kali ini masuk ke dalam list pilihan di keluarga saya.

Sebagai seorang istri, tentu saja saya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga, terutama soal lokasi dan persiapan untuk tujuan liburan bersama keluarga. Dan tentu saja saya membuat list khusus untuk lebih menghemat pengeluaran. Ini saya lakukan agar sepulangnya dari berlibur, saya masih memegang uang untuk kebutuhan rumah tangga. Jangan sampai pulang dari liburan, sudah tak memegang uang. Berikut beberapa hal yang saya persiapkan:

  • Buat list tujuan perjalanan liburan.

Membuat list tujuan perjalanan itu penting. Mengapa? Jangan sampai tiba di lokasi kita bingung dengan tujuan mau berwisata kemana, sebab yang ada akan membuat pengeluaran semakin membengkak karena semua wisata dikunjungi tanpa perhitungan biaya yang harus dikeluarkan.

  • Bawa toiletress sendiri.

Saat liburan, penting banget membawa toiletress sendiri dari rumah, namun seperlunya tanpa berlebihan. Semisalnya: odol dengan sikat gigi sesuai jumlah anggota keluarga, shampoo sachet seperlunya, sabun dan lain-lain. Sehingga ketika dibutuhkan saat berliburan, kita tak perlu lagi membeli karena sudah bawa sendiri.

  • Bawa pakaian seperlunya.

Bawalah pakaian yang memang benar-benar dipakai, sehingga tidak memberatkan bagasi. Apalagi yang sudah biasa berpergian menggunakan pesawat, pasti sudah tahu ya jika kapasitas koper melebihi yang telah ditentukan akan dikenai biaya tambahan.

  • Bawa minuman dan Camilan secukupnya.

Membawa minum dan makanan seperti camilan memang terasa ribet bagi sebagian orang, toh bisa beli di jalan. Padahal,  membawa bekal sendiri dari rumah dapat mengurangi pengeluaran. Terkecuali jika minuman dan makanan tersebut habis, barulah kita membeli.

  • Cek harga tiket murah.

Jika melakukan perjalanan liburan ke luar kota, ada baiknya cek harga tiket jauh-jauh hari sebelumnya agar kita bisa mendapatkan tiket dengan harga miring.



Bicara soal perjalanan berlibur ke luar kota, selain list barang-barang yang akan dibawa, saya juga membuat list pesawat dan daftar hotel yang akan ditempati setibanya di Yogyakarta, bahkan jauh-jauh hari saya harus hunting tiket pesawat dan hotel. Akan tetapi, pengalaman hunting itu membuat saya lelah, sebab waktu saya cukup banyak tersita hanya untuk memesan tiket pesawat dan hotel. Pagi-pagi saya sudah harus menunggu Mbak dan Mas karyawan loket, untuk memesan tiket tujuan liburan. Demi untuk menghemat waktu dan pengeluaran, akhirnya saya tanyakan apakah ada tiket pesawat dan hotel yang sepaket. Namun, apa yang saya tanyakan di luar dugaan, sebab proses pemesanan tiket pesawat dan booking hotel hanya dapat dipesan secara terpisah. Sehingga cukup menghabiskan waktu.

Zaman Digital Memberi Kemudahan

Seiring berkembang dan semakin baiknya jaringan internet, tentunya telah membawa dampak yang signifikan bagi kehidupan, seperti kemudahan dalam perencanaan sebuah perjalanan. Bahkan, proses pemesanan pun dapat dilakukan secara online. Tentu saja proses pemesanan secara online lebih praktis.

Setelah saya cek harga tiket dan hotel sana-sini, saya melihat ada Paket Pesawat Hotel Traveloka, yang telah membuka pemesanan tiket dan hotel sebagai satu paket. Tentu saja itu menjadi angin segar buat saya yang menginginkan proses pemesanan praktis dan tidak harus menghabiskan banyak waktu sebagaimana yang pernah saya alami dulu. Saya pun tak ingin melewatkannya. Lalu kemudian coba-coba saya booking produk tiket dan hotel pada aplikasi Traveloka yang telah saya download. Dan, setelah dicoba, ternyata produk paket tiket + hotel sangat mudah digunakan, sehingga saya tak perlu lagi memesan tiket dan hotel secara terpisah. Benar-benar mudah dan saving time, sehingga saya pun jadi punya banyak waktu untuk mempersiapkan apa saja yang akan dibawa untuk menikmati liburan di Yogyakarta.

Mudahnya Proses Pembayaran

Selain saya tak perlu memesan tiket dan hotel secara terpisah, ternyata harga yang ditawarkan pun lebih murah dibandingkan dengan memesan tiket dan hotel secara terpisah, dan itu berarti saya menjadi hemat pengeluaran. Lumayan ya sisa uangnya bisa saya gunakan untuk wisata kuliner di Yogyakarta, bahkan saya juga jadi punya tambahan budget untuk beli oleh-oleh.



Tak hanya itu saja, saat saya mau membayar penesanan paket tiket dan hotel, eh proses bayarnya mudah bahkan tersedia banyak metode pembayaran yang bisa saya pilih.


Oiya, rencana mau liburan ke mana nih? Mau liburan hemat dan nggak bikin ribet? Cobain deh pesan paket pesawat dan hotel secara bersamaan, sebab lebih hemat dibandingkan dengan membeli tiket pesawat dan hotel secara terpisah. Hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun. Untuk tujuan dan harga bisa cek di aplikasi Traveloka ya.
6 comments on "Tips Liburan Menyenangkan Namun Tetap Hemat"
  1. Ga tahu kenapa saya selalu bawa pakaian kebanyakan tiap jalan, tas berat banget, masih harus banyak belajar nih...

    ReplyDelete
  2. Di Traveloka sekarang bukan cuma bisa pesan tiket pesawat ya mbak. Pesan hotel, beli pulsa, bayar listrik bahkan pesan tiket nonton pun bisa. Canggih nih.

    ReplyDelete
  3. Pemesanan tiket dan hotel sekaligus seperti ini memang jadinya jauh lebih murah, jadi lebih hemat ya.

    ReplyDelete
  4. Enaknya pakai Traveloka bisa sekalian pesan pesawat dan hotel secara bersamaan...Kereen!
    Btw, saya jarang bawa makanan/minuman kalau pakai pesawat..secara cairan dibatasi jumlahnya saat masuk kabin. Jadi, biasanya di tempat tujuan belanja di minimarket dekat penginapan stok camilan dan minuman :)

    ReplyDelete
  5. makasih kak untuk infonya, jdi lebih mudah yahh sekarang cari tiket dan hotel nya hemat pulaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature