Tentang Kenangan Bersama Ibu

Saturday, May 5, 2018

"Aduh, Mak, Maag ku kambuh!"
Mak berlari menghampiri saya yang meringis karena maag saya kambuh. Tahu kan, jika maag nggak boleh telat makan? Tapi karena nafsu makan saya yang emang maju mundur cantik, sehingga kadang saya lalai sarapan pagi sebelum berangkat kerja. Bukannya Mak nggak menyiapkan sarapan, tapi saya-lah yang ogah-ogahan. Padahal, nasi goreng itu Mak masak beberapa jam sebelum saya berangkat kerja, dan sebagai bekal karena nggak sempat sarapan di rumah. Tapi, nasi goreng yang tiap kali saya bawa membuat saya tidak berselera, karena nasi gorengnya menjadi terlihat 'basah' menghilangkan selera 😥.

Itu hanyalah segelintir kisah. Lalu, apa hubungannya dengan sekarang? Ya ada dong! Jadi, ceritanya hari ini saya jalan-jalan ke Gandaria City Mall Jakarta Selatan, sesampainya di sana saya melihat ada demo masak menggunakan Skippy. Nah, saat Chef Okta yang akan demo itu bilang mau masak Nasi Goreng, teringatlah saya akan kejadian beberapa tahun silam yang berhubungan dengan Nasi Goreng juga (kembali pada kisah saya). Yang terlintas saat Chef Okta berkata 'Nasi Goreng Seafood', pasti hanyalah nasi goreng biasa, yang pernah Mak masakin buat saya dulu tapi ternyata ada sesuatu yang unik, yakni nasi goreng dipadukan dengan Skippy. Wow banget pikir saya! Dan, saya pun mendekat, demi memantik rasa penasaran akan rasa yang dihasilkan pemaduan tersebut. 


Setelah Nasi Goreng Seafood matang, saya dan pengunjung yang hadir pada acara Skippy disuguhkan hasil masakan Chef Okta, terbayarlah sudah rasa penasaran saya. Rasa nasi gorengnya berbeda dari rasa nasi goreng yang pernah saya makan, nasi goreng yang dipadukan dengan Skippy ini terasa 'nyes' di lidah, enak karena ada rasa kacangnya juga. Tidak hanya itu, Chef Okta juga membeberkan rahasia agar nasi goreng yang dibuat bisa bertahan cukup lama di kulkas. Pikir saya, 'bisa nih buat persiapan berbuka'. 


"Saya pernah buat nasi goreng, tapi kenapa rasanya udah nggak enak dan rada basah gitu, Chef?" 

Saat salah satu pengunjung menanyakan pada Chef Okta berdasarkan pengalamannya. Dan, ternyata itu terjadi karena saat nasi goreng sudah matang serta masih anget, sudah ditutup rapat ke dalam wadah. Oooh, akhirnya dapat ilmu baru saya di acara demo hari ini.

"Nah, bagi ibu-ibu yang ingin menyimpan nasi goreng ke dalam kulkas, ada baiknya didiamkan beberapa saat hingga uap panasnya benar-benar hilang. Agar nasi goreng yang akan disimpan ke dalam kulkas tidak menjadi lembek dan rasa tetap enak" ucap Chef Okta.

Pas banget kan ya sebentar lagi mau bulan puasa, bisa nih buat buka puasa nanti. Pulang dari acara langsung praktek buat olahan dengan campuran skippy peanut butter.  Karena penasaran dengan komentar suami, akhirnya saya mencoba memasak nasi goreng yang didemokan oleh Chef Okta tadi. Berikut bahan dan caranya: 

Bahan: 

1 porsi nasi putih (yang telah didinginkan dari rice cooker)
2 sdm Skippy Creamy Peanut Butter 
2 butir telur ayam Cumi yang telah dibersihkan (boleh ganti udang, kerang hijau) 
2 daun bawang, iris tipis 
3 buah cabai merah, iris tipis 
4 lembar daun jeruk, iris tipis Minyak goreng secukupnya untuk menumis Garam secukupnya 

Bumbu nasi goreng (haluskan): 

5 butir bawang merah 
5 siung bawang putih 
2 kemiri atau seperlunya 

Cara Membuat: 

  1. Panaskan minyak goreng.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukan irisan daun bawang, daun jeruk dan cabai. Sambil diaduk.
  4. Lalu masukan telur kemudian disusul cumi, masak hingga kekuningan. 
  5. Kemudian masukan nasi putih. Aduk rata. 
  6. Setelah itu tambahkan Skippy Creamy Peanut Butter. Kecilkan api. 
  7. Nasi Goreng Seafood Skippy siap disantap bersama anggota keluarga. 

Oiya, saat demo tadi Chef Okta juga membeberkan rahasia agar bumbu yang digiling (bumbu nasi goreng) bisa awet. Yakni ganti air yang biasa dipakai untuk memblender bumbu dengan menggunakan minyak goreng, dan jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Sebab garam adalah pengawet alami.
Selain itu, Skippy juga telah teruji BPOM RI ML 217809001264, sehingga saya nggak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi dan memberikan untuk keluarga saya. Selain dapat dijadikan campuran nasi goreng, Skippy Peanut Butter ini juga dapat dibuat menjadi campuran sate, mie goreng, kari kuning, gulai sapi, topping pizza, toast monkey sandwich, oatmeal cookies, pie kacang, sandwich panggang dan masih banyak lagi.

Nah, itulah resep perpaduan antara nasi goreng dengan Skippy Creamy Peanut Butter. Kalau teman-teman sudah nyobain masak apa aja sih menggunakan Skippy? Yuk, share di kolom komen!

disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature