Belajar Kelola Keuangan dari Keluarga Surya

Sunday, July 8, 2018

Pernah mendengar tentang 'belajarlah hingga ke Negeri Cina?'. Itu sebuah umpama bahwa kita harus belajar hal positif apapun dari siapapun, dimanapun hingga kapanpun. Lalu, apa hubungannya dengan keluarga Surya? Pasti diantara teman-teman ada yang memiliki pertanyaan seperti itu. Tentunya ada kaitannya, antara belajar dengan apa yang saya peroleh dan pelajari dari  sitkom Keluarga Surya ini. Next for your information!

Keluarga Surya merupakan sitkom yang mengedukasi untuk keluarga Indonesia, tepatnya untuk pasangan suami-istri, terlebih lagi yang sudah memiliki anak. Sitkom Keluarga Surya ini mengedukasi mengenai cara mengelola keuangan. Tahu kan ya, jika kita tidak pintar-pintar dalam mengelola keuangan, bisa-bisa membuat pengeluaran lebih besar dari pendapatan, seperti kata pepatah zaman dulu yang masih dipakai hingga sekarang, bahwa jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Balik lagi ke sitkom #KeluargaSurya, di episode keempat yang bertema Drama Liburan kali ini menceritakan kisah sang ayah Surya dengan sang ibu Mentari yang harus kompak dalam mengelola anggaran keuangan rumah tangga, terlebih lagi keduanya telah memiliki anak yang sudah bersekolah, tentunya antara Ibu Mentari dan Ayah Surya harus memiliki perencanaan keuangan yang benar-benar matang.

Dalam kisah episode keempat ini, menceritakan Ayah Surya yang akan melakukan rapat kerja (raker) ke Bali dan membawa serta anggota keluarga, yakni Ibu Mentari, serta kedua anaknya (Fajar dan Cahaya). Jika bagi sang ayah perjalanan ke Bali ini merupakan rapat kerja, tentunya berbeda dengan sang ibu yang ingin menggunakan kesempatan itu untuk travelling bersama kedua anaknya. Nah, pada cerita inilah yang membuat saya belajar lebih banyak, dimana ternyata Ibu Mentari tidak hanya semata-mata menjadi ibu rumah tangga, namun ia juga seorang blogger. Mungkin diantara teman-teman masih ada yang belum tahu apa itu blogger? Sedikit informasi untuk teman-teman yang belum tahu, namun yang tahu bisa langsung scroll pada bacaan berikutnya! 😉

Sekilas Tentang Blogger

Blogger itu ialah sebutan untuk seseorang yang menulis di blog (web blog), yang mana tulisannya baik berupa jurnal atau buku harian ditulis atau ditampilkan di web. Dari hasil menulis di web (blog) ini seseorang bisa mendapat penghasilan, bisa melalui kerjasama untuk me-review suatu produk maupun jasa. Tentunya dengan hasil review yang membangun serta konten yang bersifat positif, bukan hoax.

Lalu, apa hubungannya dengan Ibu Mentari pada sitkom Keluarga Surya? Jelas ada. Ibu Mentari yang merupakan seorang blogger menggunakan keahliannya dalam menulis untuk me-review sebuah tempat yang ada di Bali, yang menjadi tujuan raker Ayah Surya. Meskipun Ayah Surya bekerja, bukan berarti Ibu Mentari berdiam diri saja menikmati hasil kerja sang suami. Justru Ibu Mentari ikut membantu perekonomian keluarga dengan pundi-pundi rupiah yang diperoleh dari hasil nge-blog tersebut.


Soal liburan. Mungkin diantara teman-teman ada yang mengalami drama sebelum melakukan liburan, entah itu berakhir dengan ending yang batal liburan atau mungkin budget yang keluar berlebihan. Nah, untuk itulah pentingnya kita mengelola keuangan sebijak mungkin. Sebagaimana yang dilakukan oleh Ayah Surya, yakni dengan mencatat semua pengeluaran bulanan. Dimana dari pencatatan tersebut, keluarga Surya tahu anggaran yang akan keluar untuk liburan setelah sebelumnya mencatat pengeluaran pokok seperti belanja bulanan hingga biaya pendidikan anak. Ibu Mentari pun turut serta memberi solusi agar dapat meminimalisir pengeluaran, yakni saat liburan nanti Ibu Mentari mengajak untuk menginap di penginapan murah yang terpenting ada kolam berenangnya.


Pesan Penting dari Sitkom Keluarga Surya.

Dari cerita Keluarga Surya episode keempat ini memberikan pelajaran penting, terutama buat kita yang masih belum begitu paham cara yang baik dalam mengelola keuangan, diantaranya:
  • Tulis anggaran pemasukan dan pengeluaran harian pada buku khusus. 
  • Jika kita mencatat pengeluaran dan pemasukan yang diperoleh, tentunya akan memudahkan kita untuk mengetahui seberapa banyak anggaran yang dikeluarkan sehingga kedepannya kita bisa meminimalisir pengeluaran yang belum begitu penting untuk kedepannya.
  • Sisihkan sebagian dana pemasukan untuk ditabung. Sebisa mungkin untuk menabung secara rutin setidaknya setiap hari dari sisa uang belanja.
  • Gunakan keahlian untuk memperoleh penghasilan tambahan. Diantara kita mungkin masih ada yang belum PeDe dengan keahliannya, namun kuncinya adalah rutin mengasah skill yang dimiliki. Sebab terkadang dari hobi tersebut pun kita bisa memperoleh penghasilan.
  • Jika ingin traveling bersama anggota keluarga ada baiknya membuat planning jauh-jauh hari. Sebab, biasanya traveling dadakan tanpa planning bisa membuat pengeluaran lebih besar daripada yang sudah memiliki planning sebelumnya. 

Nah, buat teman-teman yang masih bingung dengan cara mengelola keuangan sebagaimana yang dilakukan Ayah Surya dalam sitkom Keluarga Surya ini tentunya kita dapat belajar mengenai kalkulator finansial by Sun Life Financial Indonesia yakni kalkulator digital untuk mencari tahu apa saja yang perlu kita persiapkan untuk mencapai tujuan keuangan.

Sekilas Tentang Sun Life Financial

Mungkin diantara teman-teman ada yg bertanya-tanya, apa sih Sun Life Financial? Dan apa sih manfaatnya buat kita? Oke! Next For Your Information, Guys! 
Sun Life Financial ialah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan jasa keuangan Internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi. Bukan hanya itu saja, Sun Life Financial juga memberikan solusi mengenai pengelolaan kekayaan maupun aset, baik individu maupun korporasi.

Tidak hanya itu saja, Sun Life Financial berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mencari kemapanan Financial dan menjalani hidup yang lebih baik. Bahkan telah membantu ribuan penduduk Indonesia yang kurang mampu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak melalui sebuah program yang diluncurkan pada tahun 2016, yakni program Sun Bright.


Sun Life Financial yang sejak tahun 1995 ini telah menyediakan berbagai produk proteksi dan pengelolaan kekayaan yang meliputi asuransi pendidikan, kesehatan, asuransi jiwa hingga perencanaan hari tua kepada para nasabah. Berbagai produk inovatif pun telah disediakan untuk nasabah melalui lebih dari 102 kantor pemasaran konvensional serta 58 kantor pemasaran Syariah di 72 kota di Indonesia.

Buat yang masih penasaran seperti apa sitkom Keluarga Surya ini, bisa ditonton pada video di bawah ini:



Bagaimana? Sudah merencanakan ingin liburan kemana? Jangan lupa untuk menerapkan metode kelola keuangan seperti Ayah Surya dan Ibu Mentari agar liburan tetap menyenangkan dan pengeluaran dapat ditekan. 😉
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature