Belajar Kelola Keuangan dari Keluarga Surya

Sunday, July 8, 2018

Pernah mendengar tentang 'belajarlah hingga ke Negeri Cina?'. Itu sebuah umpama bahwa kita harus belajar hal positif apapun dari siapapun, dimanapun hingga kapanpun. Lalu, apa hubungannya dengan keluarga Surya? Pasti diantara teman-teman ada yang memiliki pertanyaan seperti itu. Tentunya ada kaitannya, antara belajar dengan apa yang saya peroleh dan pelajari dari  sitkom Keluarga Surya ini. Next for your information!

Keluarga Surya merupakan sitkom yang mengedukasi untuk keluarga Indonesia, tepatnya untuk pasangan suami-istri, terlebih lagi yang sudah memiliki anak. Sitkom Keluarga Surya ini mengedukasi mengenai cara mengelola keuangan. Tahu kan ya, jika kita tidak pintar-pintar dalam mengelola keuangan, bisa-bisa membuat pengeluaran lebih besar dari pendapatan, seperti kata pepatah zaman dulu yang masih dipakai hingga sekarang, bahwa jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Balik lagi ke sitkom #KeluargaSurya, di episode keempat yang bertema Drama Liburan kali ini menceritakan kisah sang ayah Surya dengan sang ibu Mentari yang harus kompak dalam mengelola anggaran keuangan rumah tangga, terlebih lagi keduanya telah memiliki anak yang sudah bersekolah, tentunya antara Ibu Mentari dan Ayah Surya harus memiliki perencanaan keuangan yang benar-benar matang.

Dalam kisah episode keempat ini, menceritakan Ayah Surya yang akan melakukan rapat kerja (raker) ke Bali dan membawa serta anggota keluarga, yakni Ibu Mentari, serta kedua anaknya (Fajar dan Cahaya). Jika bagi sang ayah perjalanan ke Bali ini merupakan rapat kerja, tentunya berbeda dengan sang ibu yang ingin menggunakan kesempatan itu untuk travelling bersama kedua anaknya. Nah, pada cerita inilah yang membuat saya belajar lebih banyak, dimana ternyata Ibu Mentari tidak hanya semata-mata menjadi ibu rumah tangga, namun ia juga seorang blogger. Mungkin diantara teman-teman masih ada yang belum tahu apa itu blogger? Sedikit informasi untuk teman-teman yang belum tahu, namun yang tahu bisa langsung scroll pada bacaan berikutnya! πŸ˜‰

Sekilas Tentang Blogger

Blogger itu ialah sebutan untuk seseorang yang menulis di blog (web blog), yang mana tulisannya baik berupa jurnal atau buku harian ditulis atau ditampilkan di web. Dari hasil menulis di web (blog) ini seseorang bisa mendapat penghasilan, bisa melalui kerjasama untuk me-review suatu produk maupun jasa. Tentunya dengan hasil review yang membangun serta konten yang bersifat positif, bukan hoax.

Lalu, apa hubungannya dengan Ibu Mentari pada sitkom Keluarga Surya? Jelas ada. Ibu Mentari yang merupakan seorang blogger menggunakan keahliannya dalam menulis untuk me-review sebuah tempat yang ada di Bali, yang menjadi tujuan raker Ayah Surya. Meskipun Ayah Surya bekerja, bukan berarti Ibu Mentari berdiam diri saja menikmati hasil kerja sang suami. Justru Ibu Mentari ikut membantu perekonomian keluarga dengan pundi-pundi rupiah yang diperoleh dari hasil nge-blog tersebut.


Soal liburan. Mungkin diantara teman-teman ada yang mengalami drama sebelum melakukan liburan, entah itu berakhir dengan ending yang batal liburan atau mungkin budget yang keluar berlebihan. Nah, untuk itulah pentingnya kita mengelola keuangan sebijak mungkin. Sebagaimana yang dilakukan oleh Ayah Surya, yakni dengan mencatat semua pengeluaran bulanan. Dimana dari pencatatan tersebut, keluarga Surya tahu anggaran yang akan keluar untuk liburan setelah sebelumnya mencatat pengeluaran pokok seperti belanja bulanan hingga biaya pendidikan anak. Ibu Mentari pun turut serta memberi solusi agar dapat meminimalisir pengeluaran, yakni saat liburan nanti Ibu Mentari mengajak untuk menginap di penginapan murah yang terpenting ada kolam berenangnya.


Pesan Penting dari Sitkom Keluarga Surya.

Dari cerita Keluarga Surya episode keempat ini memberikan pelajaran penting, terutama buat kita yang masih belum begitu paham cara yang baik dalam mengelola keuangan, diantaranya:
  • Tulis anggaran pemasukan dan pengeluaran harian pada buku khusus. 
  • Jika kita mencatat pengeluaran dan pemasukan yang diperoleh, tentunya akan memudahkan kita untuk mengetahui seberapa banyak anggaran yang dikeluarkan sehingga kedepannya kita bisa meminimalisir pengeluaran yang belum begitu penting untuk kedepannya.
  • Sisihkan sebagian dana pemasukan untuk ditabung. Sebisa mungkin untuk menabung secara rutin setidaknya setiap hari dari sisa uang belanja.
  • Gunakan keahlian untuk memperoleh penghasilan tambahan. Diantara kita mungkin masih ada yang belum PeDe dengan keahliannya, namun kuncinya adalah rutin mengasah skill yang dimiliki. Sebab terkadang dari hobi tersebut pun kita bisa memperoleh penghasilan.
  • Jika ingin traveling bersama anggota keluarga ada baiknya membuat planning jauh-jauh hari. Sebab, biasanya traveling dadakan tanpa planning bisa membuat pengeluaran lebih besar daripada yang sudah memiliki planning sebelumnya. 

Nah, buat teman-teman yang masih bingung dengan cara mengelola keuangan sebagaimana yang dilakukan Ayah Surya dalam sitkom Keluarga Surya ini tentunya kita dapat belajar mengenai kalkulator finansial by Sun Life Financial Indonesia yakni kalkulator digital untuk mencari tahu apa saja yang perlu kita persiapkan untuk mencapai tujuan keuangan.

Sekilas Tentang Sun Life Financial

Mungkin diantara teman-teman ada yg bertanya-tanya, apa sih Sun Life Financial? Dan apa sih manfaatnya buat kita? Oke! Next For Your Information, Guys! 
Sun Life Financial ialah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan jasa keuangan Internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi. Bukan hanya itu saja, Sun Life Financial juga memberikan solusi mengenai pengelolaan kekayaan maupun aset, baik individu maupun korporasi.

Tidak hanya itu saja, Sun Life Financial berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mencari kemapanan Financial dan menjalani hidup yang lebih baik. Bahkan telah membantu ribuan penduduk Indonesia yang kurang mampu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak melalui sebuah program yang diluncurkan pada tahun 2016, yakni program Sun Bright.


Sun Life Financial yang sejak tahun 1995 ini telah menyediakan berbagai produk proteksi dan pengelolaan kekayaan yang meliputi asuransi pendidikan, kesehatan, asuransi jiwa hingga perencanaan hari tua kepada para nasabah. Berbagai produk inovatif pun telah disediakan untuk nasabah melalui lebih dari 102 kantor pemasaran konvensional serta 58 kantor pemasaran Syariah di 72 kota di Indonesia.

Buat yang masih penasaran seperti apa sitkom Keluarga Surya ini, bisa ditonton pada video di bawah ini:



Bagaimana? Sudah merencanakan ingin liburan kemana? Jangan lupa untuk menerapkan metode kelola keuangan seperti Ayah Surya dan Ibu Mentari agar liburan tetap menyenangkan dan pengeluaran dapat ditekan. πŸ˜‰
65 comments on "Belajar Kelola Keuangan dari Keluarga Surya"
  1. Hidup Ibu Mentariiii. Udah cantik Pinter pula ! Hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus itu mas. Agar kesejahteraan keluarga terjaga

      Delete
  2. Ketawa geli pas lihat Pak Surya sibuk berhitung hihihi

    ReplyDelete
  3. Menuliskan anggaran pemasukan dan pengeluaran itu suka males, tapi kalau disiplin nantinya enak, bakal keliatan uangnya lari kemana aja TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kl gak catat ya bingung itu uang larinya ke mana. πŸ˜‚

      Delete
  4. Iya banget. Episode-episode Keluarga Surya ini ngasih banyak hikmah soal finansial. Aku yang buta soal ginian jadi tercerahkan.

    ReplyDelete
  5. Sitkom yang kita banyak memetik pelajaran yaa...

    ReplyDelete
  6. Bener banget, aku juga gitu, meski destinasi bisa mendadak, atau waktunya bisa kapan saja, tapi dana untuk liburan sudah ada pos sendiri. Biar dapur aman hehehe

    ReplyDelete
  7. Apa aja bisa ya Ibu mentari ini.. sekarang liburan tapi tetap bisa menghemat pengeluaran keluarga.. bener bener contoh wanita idaman banget ibu mentari dan saya bangga menjadi blogger seperti Ibu mentari hihi semoga kecerdasan mengelola keuangannya menular ke saya

    ReplyDelete
  8. Wahh keren nk sitkomnya banyak manfaat ttg keuangan keluarga

    ReplyDelete
  9. Pengen coba jadi Ibu Mentari yg bisa mengelola keuangan.. Yg penting ngga tergoda sama SALE ya ehehe

    ReplyDelete
  10. Salam kan ke keluarga surya dari keluarga solihin ya mak dari Bengkulu. Inspiratif sekali

    ReplyDelete
  11. Keluarga Surya seru banget yah. Aku belajar banyak jadinya. Perencanaan Keuangan Keluarga. Seperti biaya Daftar masuk sekolah. Liburan Panjang. Biaya tetap kebutuhan rumah tangga. Dan masih banyak lagi. Semua memang membutuhkan perencanaan. Kadang yg diplan saja suka meleset yah. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  12. Hahaa... Lucu nnton dramamya mbx.. Ibu dan istri yg cerdas
    Wkwk

    ReplyDelete
  13. Nah benar sekecil apapun perlu untuk mencatat detil pengeluaran.
    Ibu Mentari ini benar - benar seorang ibu yang pintar ya juga ayah Surya seorang yang bijaksana dan detil

    ReplyDelete
  14. Mba, aku belum pernah nonton sitkomnya euy. Kayaknya seru & mengedukasi. Boleh nih kapan-kapan ditonton pas lowong. :)

    ReplyDelete
  15. Mba, aku belum pernah nonton sitkomnya euy. Kayaknya seru & mengedukasi. Boleh nih kapan-kapan ditonton pas lowong. :)

    ReplyDelete
  16. Sitkom ini sesuai realita anak zaman sekarang yang suka akan ngeblog dan kehidupan sulit kata na dolar naik

    ReplyDelete
  17. Saya setuju sama tips keuangan dari Sitkom keluarga surya, dengan mencatatkan pengeluaran dan pemasukan uang, jadi jelas arus finansial kita

    ReplyDelete
  18. Dulu ngebayangin literasi keuangan ribet. Tapi semenjak ada keluarga surya. Semua terasa mudah dan menyenangkan

    ReplyDelete
  19. Yay..udah ngelakuin semua tip keuangannya. Semoga bisa konsisten. Tapi musti belajar lagi nih soal nabung dan ngerencanain liburan

    ReplyDelete
  20. Wah sitkom keluarga surya ini cocok banget berarti ya buat pasangan muda atau yang keluarga kecil dalam mengelola keuangan ya Mba.

    ReplyDelete
  21. Say Suk dengan sitkom Kekuarga Surya ini, sangat mengedukasi dalam memberikan edukasi tentang pengelolaan keuangan.

    ReplyDelete
  22. Hampir smua sdh dilakuin nih. Tp untuk pengeluaran mendadak y ttp aj biar hemat bagaimanapun tiba2 perlu ngambil tabungan. Hihi. Emg yg plg oke it klo kt meningkatkan pemasukan rumah tangga dg meningkatkan passion ya..:)

    ReplyDelete
  23. sitkomnya seru
    semoga membuka mata dan memberikan pengetahuan kepada keluarga maupun pasangan yg baru menikah tuk lebih aware kelola keuangan keluarga
    alhamdulillah saat baru menikah banyak baca buku dan ikuti tips keuangan dr pakarnya di sosmed jd saya bisa handel keuangan keluarga dan dipercaya suami jd manajer keuangan keluarga

    ReplyDelete
  24. Aku masih belum bs istiqomah nulis pengeluaran pemasukan setiap hari selain pemasukan pengeluaran jualan, hehe.

    ReplyDelete
  25. Belum pernah nonton sitkom ini, terus jadi penasaran. Btw pesan pentingnya berguna banget untuk mengelola keuangan.

    ReplyDelete
  26. Saya nonton series keluarga Surya ini. Menarik banget, ya. Jadi bikin saya semangat belajar mengelola keuangan. Padahal saya suka malas mengelola uang :D

    ReplyDelete
  27. Saya jadi penasaran dengan sitkom ini karena sejujurnya belom pernah dengar. Ini bener banget kalo soal liburan saya dan suami persiapkan dari beberapa bulan. Biar aman dan tenang pake uangnya.

    ReplyDelete
  28. Sekarang lagi musim sitkom ya. Tp yang keluarga surya saya belum nonton, nanti di sempetin nonton ah penasaran jg

    ReplyDelete
  29. Menarik dan seru bahwa dari sitkom kita bisa belajar mengelola keuangan. Enak disimak, tak membosankan seeeti mendengar teori. Aku harus nonton sitkom Keluarga Surya nih

    ReplyDelete
  30. Belum pernah nonton sitkomnyaa. Otu ada di toutube atau di tivi biasa juga ada sih?

    ReplyDelete
  31. Ini Episode serinya nampaknya selalu seru ya. Jadi asyik nih keluarga banyak yang belajar dari sini ya. Great!

    ReplyDelete
  32. Pas banget mau merencakan liburan akhir tahun! MEsti nonton semuanya niiiih :D

    ReplyDelete
  33. Episode 4 ini saya belum lihat. Jadi penasaran. Apalagi istrinya itu blogger, wah saya banget. Jadi gak boleh tertinggal nih. Cuss ke TKP Keluarga Surya...

    ReplyDelete
  34. Aku tiap hari nyatet uang yg keluar masuk tapi tetep puciing

    ReplyDelete
  35. Kangen tayangan bermutu dan mengedukasi. Syukurlah ada keluarga Sury dan kini tinggal di lingkungan kami. Apalagi temanya soal perencanaan keuangan..berfaedah dan dibutuhkan bgt

    ReplyDelete
  36. Sitkom yang menarik ya mbak.. saya jadi semangat untuk nulis pemasukan dan pengeluaran sehari-hari dengan rajin

    ReplyDelete
  37. Sitkom yang menghibur dan juga memberi edukasi tentang keuangan, makanya setiap serinya layak ditonton nih sitkom Keluarga Surya. Suka!

    ReplyDelete
  38. Asiknya bisa ngeblog sambil bantu suami . suami raker bisa review tempat hotel dan kulinernya

    ReplyDelete
  39. Belajar dengan pendekatan seni menjadi efektif ya mba.
    Ngga kerasa pucing wkwk

    ReplyDelete
  40. iya mbak kebutuhan keuangan itu memang perlu banget buat dievaluask. btw ini asik bisa dibawa kayak gitu pengetahuannya jadi lebih gampang dicerna

    ReplyDelete
  41. Sitkom yang sangat menarik bagaimana kita mengelola keuangan seperti Ayah Surya dan Ibu Mentari😍😍

    ReplyDelete
  42. Bener mom, sebagai ibu rumah tangga, kita harus ahli dan cermat menghitung keuangan ya... Jangan sampai kekurangan bahkan utang ke sana kemari ujung2nya gak bisa nyaur. Malu deh...

    ReplyDelete
  43. kau penasaran dengan sitkom keluarga surya ini, bagus ya mba terutama untuk keluarga muda.

    ReplyDelete
  44. Nanti ikutan nonton, jadi penasaran. Yg pasti kelola keuangan keluarga ga segampang perencanaan ya mba. Tetap konsisten dengan rencana adalah yg paling utama

    ReplyDelete
  45. Penting banget ini melek perencanaan keuangan biar engga tersesat dengan sale, diskonan, dan duit ada teruss.. wkwkwk.. makasih mbak sharingnya.

    ReplyDelete
  46. Keluarga surya memang menggambarkan kehidupan zaman sekarang. Profesi bu Mentari sedang digandrungi saat ini.

    ReplyDelete
  47. Setuju mbak. Liburan mesti disiapkan dari jauh-jaub hari, apalagi dengan keluarga besar. Kalo enggak gitu, pengeluaran pasti langsung membengkak dan keuangan berantakan πŸ˜‚

    ReplyDelete
  48. keluarga surya bahagia, aku juga bajagia bacanya. jadi bahagiaaan semuaaaa

    ReplyDelete
  49. saya jga mulai mengelola pengeluaran setelah ngerasain cari duit sendiri. ternyata susah gampang sih. bahaya jg kalau gak ngatur keuangan bisa2 uang habis gak karuan.

    ReplyDelete
  50. Nonton sitkom keluarga surya nih seperti berkaca ke keluarga saya.. hahaha.. cuma ya AF ga seheboh pak surya dan saya ga sekalem bu mentari. Yes semua keuangan, terutama keuangan RT, memang harus bisa diatur. Kalau nggak pintar mengaturnya kita nggak punya investasi untuk masa depan.

    ReplyDelete
  51. Ooooh ternyata Ibu Mentari ini seorang blogger ya 😊 Produktif juga nih tipe ibu yg senang banyak pekerjaan yg dominating. Membantu Ayah Surya mengelola keuangan keluarga itu bagus banget. Kan biar jangan sampai lebih besar pasak drpd tiang ya

    ReplyDelete
  52. Aku sih suka nonton belajar keuangan keluarga dari keluarga Surya. Soalnya informatif dan menghibur

    ReplyDelete
  53. Iya nih setuju bnget mngelola keuangan hrs bersama keluarga dan sejak dini y jangan ditunda2

    ReplyDelete
  54. Di rumah, aku merasa berperan sebagai Ibu Mentari deh, haha. Suka dengan cerita2 di setiap episode Keluarga Surya ini, Sitkom yang menghibur namun penuh dengan edukasi terutama seputar keuangan, kereeeen

    ReplyDelete
  55. Enak ya jadi blogger bisa liburan ke Bali. Aku juga pernah ke Bali karena ngeblog.

    ReplyDelete
  56. Penting banget kita melek keuangan, biar sebagai menteri keuangan rumah tangga berjalan lancar

    ReplyDelete
  57. Aku udah nonton nih episode 4 keluarga Surya Meskipun durasinya pendek, emang banyak banget pelajaran yang bisa didapat dari video ini terutama soal mengatur keuangan. Aku sendiri sejak ngikutin kisahnya Keluarga Surya ini jadi termotivasi untuk mulai mengatur keuangan dan lebih rajin.

    ReplyDelete
  58. Okee thanks tipsnya.
    Bener banget akan pentingnya pengelolaan keuangan.
    Boleh nih untuk diajarkan kepada anak anak agar lebih hemat dalam menggunakan uang, dan belajar dalam menabung.

    ReplyDelete
  59. Waah...jadi semangat lagi buat catat catat pemasukan dan pengeluaran keuangan keluarga. Thanks ya mba artikelnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature