Cara Merawat Mobil yang Benar

Tuesday, July 10, 2018

Diantara teman-teman atau pemilik mobil mungkin masih ada yang tidak terlalu paham bagaimana cara merawat mobil yang benar agar pemakaian menjadi awet? Disebabkan karena kecenderungan hanya menerima segala jenis servis yang ditawarkan oleh bengkel langganan. Sebenarnya, tidak salah jika kita menyerahkan pada bengkel langganan, akan tetapi ada baiknya kita juga mengetahui bagaimana kondisi dan performa mobil milik kita pribadi, entah itu mobil baru maupun yang lama, sebab keduanya sama-sama membutuhkan perawatan, baik untuk bagian interior maupun eksterior.

Untuk eksterior mobil, hal yang perlu diperhatikan adalah cat, kaca serta lampu mobil. Akan tetapi, selain bagian eksterior, tentunya jangan lupa untuk memerhatikan interior mobil agar pemakaian mobil lebih awet sehingga dapat menunjang keselamatan pengendara.

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mesin dari mobil itu sendiri. Perawatan mesin secara berkala merupakan sebuah kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan agar mobil dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk bagian mesin, baik itu mobil matic maupun manual tentunya memiliki mesin yang berbeda, sehingga membutuhkan perawatan yang cukup berbeda. Namun untuk bagian interior tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan.


Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Pada Mobil. 

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar mobil senantiasa awet, baik interior maupun eksterior, diantaranya:


  • Mengganti Oli secara Teratur. 

Perawatan mobil yang paling penting yakni oli. Catatlah waktu penggantian oli, agar waktu penggantian oli berikutnya tidak melewati batas waktu. Hal lainnya yang dapat dilakukan yakni dengan mengganti oli jika kendaraan sudah menempuh jarak kelipatan 5000km. Selain itu, gunakanlah oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil agar performa mesin berfungsi secara maksimal. 


  • Ganti Air Radiator Secara Berkala. 

Penting untuk diketahui, jika air radiator juga memengaruhi performa kerja mesin pada mobil. Sehingga kita perlu mengganti air radiator secara rutin. Selain itu, hindari penggunaan air radiator yang asal-asalan terlebih yang tidak berkualitas, sebab kualitas air radiator berdampak pada pendingin mobil.


  • Gunakan Bahan Bakar yang Tepat. 

Penggunaan bahan bakar yang tepat juga menjadi cara agar mobil senantiasa terawat. Untuk itu, pastikan kita selalu mengisi bahan bakar di tempat yang resmi agar bahan bakar yang digunakan steril dan tidak ada campuran bahan lain.




  • Ban Mobil.

Perawatan ban mobil sebenarnya mudah dilakukan, yakni dengan menjaga tekanan angin ban. Selain untuk menjamin keselamatan selama berkendara, ban mobil yang terawat dengan baik akan memperpanjang usia ban dan menghemat biaya ganti ban. Berbeda dengan ban yang tidak terawat, selain ban akan mudah kempis dan mempersulit Anda selama berkendara. Lakukan spooring dan balancingjika ban dirasa sudah tidak lurus saat mobil berjalan.




  • Aki mobil.

Dalam merawat aki mobil terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, seperti ketinggian air aki, sebab ketinggian air aki harus sesuai dan pas yakni berada dibawah garis tertinggi dan diatas garis terendah. Jika Anda melihat air aki tidak pada ketinggian yang diharuskan, segera lakukan pengisian air aki. Hal kedua yang diperhatikan pada aki mobil adalah kebersihan kutub-kutub. Kutub-kutub pada aki cenderung sering kotor akibat reaksi kimia yang terjadi. Jika dirasa hal itu terjadi segera bersihkan agar arus listrik yang disalurkan oleh aki tidak tersendat. 


  • Lampu mobil.

Lampu merupakan komponen penting pada mobil. Lampu memiliki fungsi sebagai alat penerangan, dan memberikan isyarat kepada para pengemudi lain. Menggunakan lampu berkualitas merupakan cara agar lampu lebih awet dan menerangi lebih baik. Namun, kita juga harus memerhatikan apakah lampu tersebut menyerap listrik yang berlebihan, karena akan berdampak pada aki yang cepat habis.


  • Cat mobil.

Untuk merawat cat mobil, hal yang perlu dilakukan cukup mudah. Usahakan menempatkan mobil di tempat yang teduh atau tidak terpapar matahari secara langsung. Cat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung akan membuat cat mobil menjadi kusam.

Dan yang tidak kalah penting adalah pastikan kita merawat mobil secara teratur agar jangka waktu pemakaian mobil bertahan hingga lama. Dengan merawat mobil secara teratur dan tepat, kita juga bisa mencegah pengeluaran untuk kerusakan atau masalah mobil yang tidak terduga akibat kelalaian dalam merawat mobil.

Bagaimana? Mudah bukan dalam melakukan perawatan untuk mobil? 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature