Cara Merawat Mobil yang Benar

Tuesday, July 10, 2018

Diantara teman-teman atau pemilik mobil mungkin masih ada yang tidak terlalu paham bagaimana cara merawat mobil yang benar agar pemakaian menjadi awet? Disebabkan karena kecenderungan hanya menerima segala jenis servis yang ditawarkan oleh bengkel langganan. Sebenarnya, tidak salah jika kita menyerahkan pada bengkel langganan, akan tetapi ada baiknya kita juga mengetahui bagaimana kondisi dan performa mobil milik kita pribadi, entah itu mobil baru maupun yang lama, sebab keduanya sama-sama membutuhkan perawatan, baik untuk bagian interior maupun eksterior.

Untuk eksterior mobil, hal yang perlu diperhatikan adalah cat, kaca serta lampu mobil. Akan tetapi, selain bagian eksterior, tentunya jangan lupa untuk memerhatikan interior mobil agar pemakaian mobil lebih awet sehingga dapat menunjang keselamatan pengendara.

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mesin dari mobil itu sendiri. Perawatan mesin secara berkala merupakan sebuah kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan agar mobil dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk bagian mesin, baik itu mobil matic maupun manual tentunya memiliki mesin yang berbeda, sehingga membutuhkan perawatan yang cukup berbeda. Namun untuk bagian interior tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan.


Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Pada Mobil. 

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar mobil senantiasa awet, baik interior maupun eksterior, diantaranya:


  • Mengganti Oli secara Teratur. 

Perawatan mobil yang paling penting yakni oli. Catatlah waktu penggantian oli, agar waktu penggantian oli berikutnya tidak melewati batas waktu. Hal lainnya yang dapat dilakukan yakni dengan mengganti oli jika kendaraan sudah menempuh jarak kelipatan 5000km. Selain itu, gunakanlah oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil agar performa mesin berfungsi secara maksimal. 


  • Ganti Air Radiator Secara Berkala. 

Penting untuk diketahui, jika air radiator juga memengaruhi performa kerja mesin pada mobil. Sehingga kita perlu mengganti air radiator secara rutin. Selain itu, hindari penggunaan air radiator yang asal-asalan terlebih yang tidak berkualitas, sebab kualitas air radiator berdampak pada pendingin mobil.


  • Gunakan Bahan Bakar yang Tepat. 

Penggunaan bahan bakar yang tepat juga menjadi cara agar mobil senantiasa terawat. Untuk itu, pastikan kita selalu mengisi bahan bakar di tempat yang resmi agar bahan bakar yang digunakan steril dan tidak ada campuran bahan lain.




  • Ban Mobil.

Perawatan ban mobil sebenarnya mudah dilakukan, yakni dengan menjaga tekanan angin ban. Selain untuk menjamin keselamatan selama berkendara, ban mobil yang terawat dengan baik akan memperpanjang usia ban dan menghemat biaya ganti ban. Berbeda dengan ban yang tidak terawat, selain ban akan mudah kempis dan mempersulit Anda selama berkendara. Lakukan spooring dan balancingjika ban dirasa sudah tidak lurus saat mobil berjalan.




  • Aki mobil.

Dalam merawat aki mobil terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, seperti ketinggian air aki, sebab ketinggian air aki harus sesuai dan pas yakni berada dibawah garis tertinggi dan diatas garis terendah. Jika Anda melihat air aki tidak pada ketinggian yang diharuskan, segera lakukan pengisian air aki. Hal kedua yang diperhatikan pada aki mobil adalah kebersihan kutub-kutub. Kutub-kutub pada aki cenderung sering kotor akibat reaksi kimia yang terjadi. Jika dirasa hal itu terjadi segera bersihkan agar arus listrik yang disalurkan oleh aki tidak tersendat. 


  • Lampu mobil.

Lampu merupakan komponen penting pada mobil. Lampu memiliki fungsi sebagai alat penerangan, dan memberikan isyarat kepada para pengemudi lain. Menggunakan lampu berkualitas merupakan cara agar lampu lebih awet dan menerangi lebih baik. Namun, kita juga harus memerhatikan apakah lampu tersebut menyerap listrik yang berlebihan, karena akan berdampak pada aki yang cepat habis.


  • Cat mobil.

Untuk merawat cat mobil, hal yang perlu dilakukan cukup mudah. Usahakan menempatkan mobil di tempat yang teduh atau tidak terpapar matahari secara langsung. Cat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung akan membuat cat mobil menjadi kusam.

Dan yang tidak kalah penting adalah pastikan kita merawat mobil secara teratur agar jangka waktu pemakaian mobil bertahan hingga lama. Dengan merawat mobil secara teratur dan tepat, kita juga bisa mencegah pengeluaran untuk kerusakan atau masalah mobil yang tidak terduga akibat kelalaian dalam merawat mobil.

Bagaimana? Mudah bukan dalam melakukan perawatan untuk mobil? 
45 comments on "Cara Merawat Mobil yang Benar"
  1. Terus terang aku gak mudeng mobil kecuali isi bensin trus bawa ke tambal ban kalau gak enak bannya. Selebihnya milih ke bengkel hehe. Tapi emang penting sih tau soal perawatan mobil biar mobilnya awet jg yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taunya tinggal pakai ya mbak, soal interior dan eksterior mobil #cukupsuamiyangtahu 😂😂

      Delete
  2. Kalau mobil terawat, pemakaian pun aman.

    ReplyDelete
  3. Mengganti bahan bakar yg tepat ini yang sepertinya blm banyak disadari pemilik mobil di daerah saya. Soalnya meski termasuk mobil mewah, suka saja pakai bbm yang murah dan subsidian. Padahal seharusnya kan tidak boleh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak disayangkan masyarakat blm banyak yg tahu

      Delete
    2. Kalau saya lihat sih bukan blm tahu tapi mereka memegang sengaja. Mental subsidi an. Barang sendiri pengen yg bagus. Mobil mewah. Tapi BBM mau yang murah. Menyerobot subsidi buat sepeda motor dan angkot

      Delete
  4. Waha makasih banyak sharingnya, karena belum bisa nyetir, akhirnya cuma bisa duduk manis tanpa tahu bagaimana cara merawat mobil,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duduk manis dan syantik ya mbak wkwkwkw

      Delete
  5. Aku paling gak ngerti soal kendaraan padahal keseharian pake kendaraan pribadi. Ya sih setidaknya kita tahu kapan ganti oli, dan pengecekan sederhana setidaknya hrus tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, setidaknya kl tahu kita bakal ikut menjaga kondisi mobil sih kl menurut saya

      Delete
  6. Punya mobil bukan masalah punya aja ya tapi juga punya garasi dan pubya niat ngerawat hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Git. Kl gak dirawat yo sayang lah mobilnya

      Delete
  7. Aku pernah nyetir sendiri trus mobil mogok. DUh pusingnya dan panik. Dan mobil mogok ampe dua kali dalam sehari. Teryata ada kesalahan pemasangan aki. Aduh entah gimana trus balik lagi setelah aku elus2 dan manggil nama mobilnya . Hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasangan aki pun bisa memberi efek juga ya mbak. Hayuk atuh muli menjaga kondisi mobil

      Delete
  8. Ibuku lebih ngerti tentang mobil, rutin ganti air radiator, aki oil. Tapi paling cuek soal cat mobil hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mbak ibunya ngerti soal mobil. Mungkin wkt sekolah dulu udah mulai hobi otomotif kali ya

      Delete
  9. Aku kalau soal servis mobil biasa bagian suami hehe... tapi cuci mobil... aku bisaaaa dong 😍😘 Balancing dan spooring kudu tuh apalagi pas mau ke luar kota... semua penting sih. Lampu mobil..ganti ok I dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak agar selamat di dalam perjalanan juga itu

      Delete
  10. Merawat mobil itu harus seimbang luar dalam ya. Perawatan body dan perawatan mesin harus dilakukan secara berkala... Sehingga mobil awet dan selalu prima

    ReplyDelete
  11. Merawat atau mendandani kendaraan itu ibarat merawat diri yah. Harus telaten dan teratur

    ReplyDelete
  12. Soal mobil,.aku belajar saja,.tamya . ini itu sama suami. Suami aku care banget sama mobil, melebihi rawat dirinya.
    Makasih sharenya mba, jadi pengetahuan baru

    ReplyDelete
  13. agar mobil berjalan mulus dan awet memang eprlu perawatan, dan harus tekun biar mobilnya makin oke

    ReplyDelete
  14. Terima kasih mbak buat tips-tipsnya, bermanfaat banget. Jadi udah enggak ada alasan lagi ya bagi pemilik mobil untuk abai akan perawatannya. Menurutku mobil kita adalah cerminan pribadi. Kalau mobilnya dirawat, maka seperti itulah diri kita, begitu pun sebaliknya.

    ReplyDelete
  15. Perawatan mobil mah serahkan pada suamiku aja deh wkwk.. aku merawat anak2 aja

    ReplyDelete
  16. Wah, alu ga bisa nih urusan merawat mobil. Merawat motor aja,lekah klo nyucinya wkwk. Btwcmakasih tipsnya Elva

    ReplyDelete
  17. Aku nih paling nggak paham dan nggak mau ribet sama urusan mobil dan perawatannya. Biasanya semua udah disiapin sama paksu, soalnya kalau ikutan ngebengkel malah disuruh pulang dan nunggu dirumah. Ternyata ribet juga ya perawatannya, untung baca ini jadi nambah informasi tentang cara merawat mobil.

    ReplyDelete
  18. Yang gini ini, biasanya sih bagian Pak Suami, aku cuma ngingetin aja kali-kali aja ada yang terlewat hehehe. Meskipun dipakai di dalam kota saja, mobil harus dirawat biar ready setiap saat kalau dibawa ke luar kota.

    ReplyDelete
  19. Hahaha kalau interior sih masih bisa cari tahu, kalau mesin ini PR banget, tapi kudu cari tau juga minimal kasi air kalau kepanasan #mobilejadulsoale wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Bener banget yang disampaikan dalam tips ini. Penggantian oli, kondisi ban, dan memilih bahan bakar yang tepat untuk digunakan sudah pasti akan membuat suatu perjalanan lebih aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  21. Untuk mendapatkan performa mobil yang oke, mobil juga harus dirawat ya Mba, service berkala sudah agenda wajib untuk perawatan mobil, baik mobil masih dalam asuransi ataupun tidak

    ReplyDelete
  22. Ini penting banget nih supaya mobil terawat dengan baik yah, jadi ga cepet mogok

    ReplyDelete
  23. Terima kasih sharenya sangat membantu saya yang sangat cuek soal urusan mobil. Paling tidak bisa buat saya lebih berhati hati/perhatian dlm perawatan mobil.

    ReplyDelete
  24. wah, saya termasuk nggak terlalu peduli dengan perawatan mobil kecuali service dan ganti oli. semuanya diserahkan ke pak suami aja yang ngurus..hehe

    ReplyDelete
  25. Aku ga gitu paham soal otomotof sih. Tp ya aku tahu servicr berkala mobil itu penting banget

    ReplyDelete
  26. Semua item yang disebutkan di atas penting banget untuk dicek secara berkala, biasakan untuk melakukan service besar minimal setahun sekali

    ReplyDelete
  27. Lagi butuh bantuan duit nih buat ganti cat mobil. Dan ternyata itu biayanya mahal jugaaa

    ReplyDelete
  28. bener banget ini, jangan thaunya hanya makai saja ya kaaan

    ReplyDelete
  29. Tipsnya bermanfaat banget, selama ini cuma tahu duduk manis, nggak ngerti cara merawat mobil yang benar

    ReplyDelete
  30. Yang paling penting harus rutin di bawa ke bengkel buat diservice setiap bulan. dan mengganti mesin atau pretelin yang aus terutama buat yg doyan ke luar kota

    ReplyDelete
  31. Noted, Makasih sarannya Kak. mana tahu nanti punya mobil sendiri bisa diterapkan

    ReplyDelete
  32. Keren tips tips nyaa
    Selama ini aq taunya cuma cuci mobil dan isi bensin aja hahahahah ., eh tp biasanya jg kalo suami g sempat ganti oli, aq disuruh bawa ke tempat service dealer buat service berkala

    ReplyDelete
  33. Perawatan mobil memang sangat penting kak, tujuh tips di atas penting banget diketahui oleh siapapun, terlebih yang memiliki mobil, agar awet dan tidak boros dalam menjaga kendaraan pribadi.

    ReplyDelete
  34. Benar Mba, dengan merawat mobil dengan rutin akan menghindari kerusakan yang lebih besar atau parah ya.

    ReplyDelete
  35. kami belum punya mobil nih, tapi makasih tipsnya yaa, nanti diaplikasikan saat udah punya mobil nanti, hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature