Victor Wirawan, Sosok Elon Musk Indonesia

Thursday, December 20, 2018

Victor Wirawan? Elon Musk? Apa sih hubungan keduanya? Mungkin diantara teman-teman ada yang bertanya-tanya terkait judul tulisan saya. Alright! Saya akan menjelaskannya. 

Victor Wirawan adalah Elon Musk Indonesia. Pernah dengar atau tahu tentang Elon Musk? Dikutip dari wikipedia, Elon Musk ini merupakan tokoh bisnis, penemu, dan industrialis Amerika Serikat, ia telah mendirikan beberapa perusahaan teknologi populer, termasuk SpaceX yang bergerak di teknologi antariksa; Tesla Inc. yang bergerak di bidang otomotif; OpenAI, SolarCity, Neuralink, serta beberapa perusahaan lainnya. 

Lalu, apa hubungannya dengan Pak Victor Wirawan? Tentu saja ada. Jika di Amerika Serikat memiliki Elon Musk, di Indonesia pun juga ada, yakni Victor Wirawan, Elon Musk-nya Indonesia. 

Mengenal Lebih Jauh Victor Wirawan 

Pict: @victorwirawan

Sore, tanggal 17 Desember 2018, tepatnya sekitar jam 17.31 WIB, saya bersama beberapa orang teman blogger kembali mengunjungi Kantor AKI Grup FORESTA BUSINESS LOFT 1 NO 17 JL. BSD RAYA UTAMA, tentunya untuk menemui Pak Victor Wirawan. Tentunya itu bukanlah pertemuan pertama kali saya dengan beliau, sebab beberapa waktu yang lalu saya pun pernah bertemu beliau saat memperkenalkan karyanya, yakni Baran Energy


Pict: @victorwirawan

Pict: @victorwirawan

Buat teman-teman yang penasaran seperti apa itu Baran Energy, apa saja manfaatnya, tentu saja bisa baca-baca di ulasan saya yang berjudul "Cerdas Menggunakan Energi dengan Baran Energy

Pertemuan kami kali ini tentunya lebih santai, sebab ngobrol sembari menikmati secangkir teh, kemudian dilanjut dengan makan malam. Dari pertemuan kedua inilah saya mengetahui seperti apa perjuangan beliau dalam mewujudkan terobosan energi terbarukan, Baran Energy. Yang tentunya penuh perjuangan serta tantangan tersendiri, namun berkat tekad yang kuat, akhirnya terwujud. 

Bakat bisnis dari Pria kelahiran Malang ini sebenarnya sudah terasah sejak kecil, tepatnya saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang mana saat itu Pak Victor Wirawan muda perlahan mulai mengenal dunia bisnis. Berawal dari hobinya mengadu ikan cupang, ia kemudian berbisnis di sela istirahat sekolah, yakni dengan berjualan ikan cupang. Karena bisnisnya tersebut besar harapan untuk maju, beliau kemudian semakin mengembangkan usaha bisnis ikan Cupang, bahkan tak tanggung-tanggung dengan mengembangbiakkan serta menjual ikan cupang ekspor. Tentunya ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi anak seusianya kala itu. 

Kegagalan Membuatnya Semakin Mandiri 

"Kegagalan adalah cambuknya orang-orang sukses" 
Tepat di usianya yang ke-19 tahun, Victor Wirawan kemudian memulai bisnis rokok yang berlokasi di wilayah Jawa Timur. Keberaniannya dalam mendirikan pabrik rokok ternyata hanya bermodal nekat serta ide. Lalu, bagaimana soal dana? Tentunya beliau peroleh dari orang lain. Namun disayangkan, pabrik rokok yang didirikannya hanya bertahan tiga tahun, ia bangkrut. 

Dari kegagalan tersebut, pria kelahiran tahun 1983 ini belajar banyak hal, yakni tentang trik memasarkan produk, karena kebangkrutan yang ia alami terdahulu berawal dari proses pemasaran. Tepat di tahun 2007, Victor Wirawan akhirnya dipercaya oleh salah satu lembaga negara untuk mengelola proyek Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), yakni sebanyak 10.000 unit rumah. 

Dari kepercayaan yang diberikan kepadanya tersebut, pria muda yang meskipun terlihat tengil, suka makan di kaki lima dan suka menggunakan kaos oblong serta celana jeans ini kemudian mencoba untuk memulai membangun seperti rumah, jembatan dan infrastruktur lainnya, sehingga dari pengalaman yang didapatkannya selama membangun, kemudian akhirnya terjun ke bisnis properti, dimana ia menjadi investor sekaligus mengelola bisnis tersebut. 


Pict: dokumen pribadi

Nah, saat mengembangkan bisnis di bidang properti itulah yang kemudian ide brilian Pak Victor Wirawan kembali mencuat, yakni perumahan yang menggunakan energi terbarukan, Baran Energy. 
"Sayangnya, karya saya ini dianggap ingin menyaingi perusahaan besar energi listrik seperti PLN" ucap Pak Victor Wirawan. 
Padahal, hakikatnya beliau tidak ingin menyaingi, namun ingin membantu agar konsumsi terhadap listrik (PLN) terbantukan dengan adanya baran energy dan membantu banyak orang. Semoga terwujud ya, Pak! 


Nah, buat teman-teman yang masih ingin mengetahui banyak hal tentang Baran Energy dan Pak Victor Wirawan, bisa berselancar di akun @baranenergy dan Instagramnya @victorwirawan
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature