Pesona Alam Kerinci yang Memesona

Friday, June 19, 2020
Menikmati pesona alam Kerinci

Desiran lembutnya angin, suara merdu kicauan burung dan irama langkah kaki para petani yang akan berangkat, menyambut kedatanganku dan suami. Tepatnya tahun lalu, tahun dimana pandemi covid-19 belum terjadi. Saat itu kami pulang untuk merayakan hari raya di kampung halaman Kerinci, Provinsi Jambi. Sungguh, pesona alam Kerinci yang selalu memikat hati, membawa kami untuk segera kembali.

Perlu teman-teman ketahui, jika Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi ini terkenal akan keindahan alamnya yang memesona, mulai dari sungai, perkebunan dataran tinggi, air terjun, hingga Gunung Kerinci yang selalu dirindukan untuk dikunjungi. O iya, saat berada di tengah-tengah (antara Desa Sungai Tutung dengan Desa Koto Lanang) mata akan dimanjakan dengan keindahan bukit-bukit nan menghijau, persis seperti berada di tengah-tengah kuali. Penasaran? Teman-teman bisa datang langsung kesana🤗.

Kalau Teman-teman berkunjung ke Kerinci, belumlah lengkap rasanya jika belum mampir ke berbagai lokasi objek wisatanya. Tapi, tentu saja nggak bisa ditempuh dengan sekali jalan, butuh beberapa hari untuk menjelajahi pesona alamnya, ya kecuali kalau Teman-teman punya tenaga super buat menjelajahi dalam waktu sehari saja. Kalau Saya sih belum sanggup, kecuali menjelajahi kuliner khas Kerinci Saya mau. Hahaha ....!

Baik menjelajahi objek wisata maupun kulinernya, akan sangat berkesan jika mengajak keluarga turut serta. Atau mungkin Teman-teman luar daerah yang ingin melakukan wisata alam dan ingin menginap, bisa banget! Karena hingga saat ini pun Kerinci terus berbenah, mempercantik lokasi wisata. Meningkatkan infrastruktur agar lebih baik lagi. So pastinya seru banget!
 

Tujuan Wisata Alam Kerinci yang Memesona

Selama  berada di Kerinci, ada beberapa objek wisata yang telah Saya kunjungi, meski belum semuanya, tapi sudah mengobati rindu pada keindahan alamnya. 
  • Danau Kerinci
Kalau Kalian ke Kerinci dan ingin menikmati Festival Kerinci, bisa banget datang saat acara festival tersebut diadakan, yang mana upacara pembukaannya berlangsung di Danau Kerinci. Selain itu, Kalian juga bisa berburu kuliner di pinggir Danau, sembari menikmati indahnya panorama dan sekumpulan burung belibis. Seruuu!

  • Wisata Pantai Pasir Panjang
Wisata Pantai Pasir panjang yang memesona

Objek wisata yang satu ini terbilang baru bagi Saya, karena awal menginjakkan kaki di Kerinci tahun 2006 lalu objek wisata ini belum ada. Nah, pada saat tahun 2019 barulah Saya menyempatkan diri mengunjunginya. Mungkin karena masih terbilang baru, sehingga di lokasi ini masih sedikit banget penjual makanan. Jadi, buat jaga-jaga ada baiknya membawa bekal sendiri dari rumah. 

Asiknya menikmati pesona alam kerinci

Objek wisata yang terletak di Desa Tanjung Tanah Kecamatan Danau Kerinci ini memiliki pesona yang nggak kalah menarik, di beberapa sisi masih terdapat lahan persawahan yang membuat keindahan wisatanya makin memesona. Buat pengunjung muslim/ muslimah, ada Surau yang letaknya tepat berada di sisi kiri saat akan memasuki objek wisata. Namun, karena masih dalam proses berbenah, tempat parkirnya belum tertata rapi. Semoga kedepannya makin lebih baik lagi. Sehingga pengunjung makin ramai, baik dalam maupun luar daerah Kerinci. 

  • Air Panas Semurup
Wisata Kerinci yang memesona

Wisata air panas semurup ini berlokasi di Desa Batu Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Apabila Teman-teman dan wisatawan ingin menuju ke lokasi, tentunya dapat menempuh jarak ± 12 kilometer dari Sungai Penuh. Di sini, selain ada tempat khusus untuk mandi ataupun berendam, wisatawan yang datang bisa juga loh merebus telur langsung ke sumber air panasnya, tapi tetap hati-hati ya dan jika membawa anak kecil mesti benar-benar dijaga. Jika pengunjung ingin merebus telur, di lokasi sudah ada warung-warung yang menyediaka Saat terakhir ke wisata air panas semurup, ada lokasi baru yang tidak jauh dari sana juga terdapat sumber air panas yang belum dikelola dengan baik, dan belum dipagari. Semoga kedepannya tempat tersebut dikelola dengan baik lagi dan diberi pembatas demi keamanan pengunjung terlebih anak-anak.

  • Kayu Aro Aroma Pecco
Kayu aro wisata alam kerinci yang memesona

Buat teman-teman yang ingin ke perkebunan teh, bisa banget nih ke Kayu Aro. Luasnya lahan kebuh teh ini membuat kita jadi lebih fresh, karena selain melihat hamparan kebun teh yang luas, mata kita akan dimanjakan dengan keindahan Gunung Kerinci dan belaian angin nan sejuk. Pas banget nih buat ajak keluarga bersantai setelah sepekan melakukan aktivitas kerja maupun sekolah (bagi anak-anak). Disana, tepatnya di sisi jalan juga terdapat penjual makanan, serta kuliner yang siap memanjakan lidah. Pokoknya mantul banget deh, apalagi gelar tikar di bawah pohon nan rindang, bisa-bisa lupa pulang 😆. 

  • Air Terjun Telun Berasap
Wisata air terjun telun berasap

Objek wisata yang satu ini nggak kalah menarik, sebab saat tiba di lokasi mata kita akan dimanjakan dengan keindahan bukit yang terlukis begitu sempurna, dan setelah menempuh perjalanan kaki (dari parkiran menuju lokasi air terjun) mata kita akan makin dimanjakan dengan pesona air terjun yang disertai percikan air persis seperti kabut asap. Terlebih saat matahari mulai naik, butiran air yang terpercik dari air terjun memantulkan cahaya yang disertai warna pelangi. Cantiknyaaa!

Pesona alam kerinci

Saat datang ke lokasi (2019), tepatnya taman air terjun tersebut sedang proses dipercantik, namun sayangnya pondokan yang menjadi tempat wisatawan datang belum diperbaiki, masih seperti yang dulu, bahkan lantainya terlihat mulai rusak dibeberapa bagian. Semoga kedepannya ini lebih diperhatikan oleh pengelola, agar diperbaiki lebih kokoh, soalnya ini menjadi tempat wisatawan berfoto-foto untuk mengambil hasil gambar yang ciamik karena posisinya tepat berdekatan dengan air terjun tersebut. Selain itu, tong sampah hendaknya ditempatkan di beberapa titik kumpul yang biasa digunakan wisatawan untuk beristirahat, agar sampah tidak berserakan. 

  • Bukit Khayangan
Bukit khayangan yang memesona

Pesona bukit Khayangan nggak kalah menarik untuk dikunjungi sebab dari atas bukit, Kita bisa menikmati eksotisme pemandangan alam Kerinci yang memanjakan. Kalau mau ke sini, ada baiknya agak siangan karena kalau terlalu pagi Kita nggak bisa menikmati keindahan alamnya sebab tertutup kabut. Selain itu, di lokasi juga ada budidaya Buah Markisa Ungu yang rasanya manis banget, tidak seperti markisa biasanya yang saat muda berwarna ijo dan ada rasa asemnya. 

Oleh-oleh bukit khayangan

Nah, selain beberapa tempat wisata tadi, Teman-teman juga bisa mengunjungi langsung wisata lainnya seperti Danau Kaco, Rawa Bento, Goa Kasah, Air Terjun Talang Kemulun, Danau Gunung Tujuh dan lainnya.

Persiapan Sebelum Menikmati Pesona Wisata Alam Kerinci

Buat Teman-teman yang akan berangkat secara rombongan ke lokasi wisata, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, agar perjalanan menjadi menyenangkan no drama-drama.

  • Lakukan persiapan jauh-jauh hari
Penting banget melakukan persiapan jauh-jauh hari, agar saat melakukan perjalanan wisata makin menyenangkan, bila perlu buat list barang apa saja yang akan dibawa agar nggak ada yang tertinggal.

  • Jaga kesehatan
Ini nggak kalah penting, karena kalau saat hari H ternyata sakit, pastinya seluruh keluarga akan bersedih dan rencana perjalanan wisata pun hanya akan menjadi rencana saja. Syukur-syukur kalau minggu besoknya bisa berangkat, namun jika ternyata benar-benar batal karena masing-masing telah sibuk dengan kegiatannya, bakalan sedih banget kan?

  • Bawa bekal makan dan minum serta tikar
Selain snack, membawa bekal makanan dan minuman juga perlu, agar saat tiba di lokasi wisata perut nggak keroncongan, sedangkan tikar agar bisa digelar dan duduk bersama anggota keluarga. Apalagi jika rombongan keluarga yang ikut cukup banyak, membawa bekal dan tikar sendiri tentunya bisa lebih menghemat budget.


Keindahan pesona alam kerinci

  • Bawa payung dan kotak P3K
Mengapa harus membawa payung dan kotak obat? Ini mau berwisata apa mau buka praktek pengobatan di tempat wisata? Heheh..., tentu saja itu buat jaga-jaga. Karena Kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi saat berada di lokasi wisata tersebut (harapannya sehat selamat selalu). Dengan membawa payung, saat terik payung dapat digunakan untuk melindungi dari panasnya matahari, apalagi kalau bawa balita. Sedangkan kotak P3K juga nggak kalah penting, buat jaga-jaga jika ada yang terluka (seperti misalnya anak-anak yang suka berlari-larian lalu terjatuh).

  • Jangan lupa berdoa
Berdoa sebelum berangkat dan setelah tiba di lokasi wisata tentunya sangat baik dilakukan, agar perjalanan selamat dan menyenangkan selalu.

Indahnya wisata alam kerinci

Nah, itulah beberapa lokasi wisata yang bisa Teman-teman kunjungi dan persiapan yang bisa dilakukan menurut versi Saya. Bagaimana dengan persiapan Teman-teman? Boleh banget share di kolom komen.
13 comments on "Pesona Alam Kerinci yang Memesona"
  1. Pesona alam Jambi ternyata bagus juga ya kak, pengen banget mengunjungi Sumatera lagi. Aku baru pernah ke Lampung sama Bangka aja nih

    ReplyDelete
  2. Untuk kuliner nya apa mba yang khas dari jambi? Kan gak lengkap rasanya berwisata tanpa mencicipi hidangan khas setempat

    ReplyDelete
  3. dari dulu pengen ke jambi belum ke sampaian juga, ada 1 nama yang selalu terlintas dan memanggil yakni muara bungo dan pengen sekali jg gpp bisa di sana

    ReplyDelete
  4. waaa pemandangan di kayu aro aroma pecco cantik banget yaaa, mirip mirip dengan kebun teh di dareah lembang bandung, kayanya punya udara yang sejuk banget di sana hihi

    ReplyDelete
  5. Gak sangka suasananya bagus banget, sejuk ya udaranya, jadi kangen pengen jalan-jalan ke pegunungan, pantai, apalagi mencoba wisata Kerinci

    ReplyDelete
  6. Bawa bekal itu memang perlu mbak El biar lebih hemat dan higienis juga ya, jadi lebih fokus juga buat wisata nya ya

    ReplyDelete
  7. Bagus bagus banget wisata alam Kerinci. Bener bener mempesona. Apalagi tuh air panas Semurup yah..wah bisa merebus telur. Semoga kapan nanti bisa berkunjung kesana juga

    ReplyDelete
  8. wahh envy banget, dua sejoli tak terpisahkan pokoknya, aku mah salfok sama foto mba elva berdua sama suami hehe.

    ReplyDelete
  9. wah kerinci, menyenangkan sekali aku pernah menginjakan kaki di kota ini, naik ke gunung Kerinci tapi udah lama banget tahun 2013 kalau ga salah, 7 tahun lalu tapi selalu membekas keindahannya

    ReplyDelete
  10. Huaah baguus. Mbak, kerinci ini dari Bengkulu gak terlalu jauh kan yaa? Mau ah kapan" main ke sana

    ReplyDelete
  11. Aku selalu penasaran mbak sama festival kerinci, wah semoga nanti bisa jalan2 ke sana juga deh

    ReplyDelete
  12. Wah banyak juga ya tujuan destinasinya..semoga ada waktu main ke sana

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah ke Kerinci jadi penasaran kesana deh, nanti ahh next time kesana sama suami

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature