Perabotan Wajib Ada Setelah Menikah

Saturday, June 6, 2020

Bengkulu Tahun 2014, tepatnya bulan Juni, alhamdulillah Saya sah menjadi seorang istri seorang pria bernama Heripal Danindra (berasal dari Kerinci). Setelah menikah, dua hari di Bengkulu Saya kemudian diboyong ke Kota Depok, kota dimana suami tinggal (read: merantau). Saat itu kami tinggal sementara di rumah saudara perempuannya (ipar Saya) sembari mulai mempersiapkan segala sesuatu buat pindahan dalam rangka menempati rumah baru. Meski masih mengontrak Saya bersyukur, karena kami sepakat akan memulai hidup mandiri (berdua). 
Saat itu belum ada perabotan sama sekali (karena kontrakannya juga baru dapat) sebab suami juga baru tiga bulan kerja di salah satu Bank di Jakarta dan tinggal dengan saudaranya di Depok. Setelah beberapa hari, Saya pun mengajak ipar ke pasar (soalnya belum paham lokasi pasar, kwatir nyasar 😅) untuk membeli perabotan yang benar-benar dibutuhkan saat itu. Tentu saja ikut meminta sarannya, soalnya dia sudah menikah lebih dulu, jadi Saya pikir dia pasti paham apa yang benar-benar pokok diperlukan. 

Perabotan Wajib Punya

Beberapa perabotan penting ada setelah menikah, dan berikut list daftarnya: 

  • Kasur dan Bantal 

Penting nih buat tidur, usahakan jikalau pun belum kebeli bed cover maka ada baiknya beli kasur biasa dulu. Daripada tidur di lantai beralas tikar selembar, khawatir masuk angin sebab lantai yang cukup dingin. Selain itu, belilah bantal dan pasang sarung bantalnya agar saat tidur kepala lebih nyaman. Karena kalau salah memilih bantal, bisa mempengaruhi kesehatan seperti leher kaku, nyeri leher dan lainnya. 

  • Peralatan Dapur. 

Nah, daripada beli bahan makanan yang sudah jadi, ada baiknya masak sendiri (itupun jika Kamu sempat), kalau Saya waktu itu karena memang belum melamar pekerjaan kemana-mana, jadi di rumah aja, jadi Saya lebih memilih masak sendiri, selain lebih hemat juga lebih terjaga kebersihannya. Sebab, sebelum dimasak bahan-bahan yang Saya perlukan akan Saya rendam air terlebih dulu sebelum dicuci bersih 😁 


Barang perabotan wajib ada

Barang-barang dapur yang diperlukan diantaranya: Kompor (Saya pilih kompor Hock karena dari zaman Ibu alhamdulillah awet *bukan sponsor loh 😅), penggorengan, panci, pisau, serbet, sendok, gelas dan piring, penanak nasi, mangkuk, talenan/ papan pemotong, baskom. 

  • Peralatan Mandi

Diantaranya sabun, odol dan sikat gigi, shampoo, handuk, gayung dan ember besar.

  • Peralatan Tambahan. 

Ini nggak kalah penting buat jaga kebersihan rumah, diantaranya pengepel dan pembersih lantai, detergen, sabun pencuci piring dan spon, pembersih kamar mandi dan sikat, keset, hanger dan penjepit jemuran, setrika, sapu lidi dan ijuk, kabel colokan. 

Nah, itulah beberapa perabotan yang wajib ada. Jika Kalian punya budget lebih, bisa banget buat beli mesin cuci, televisi, kulkas, sofa, lemari, meja makan dan perabotan lainnya. Pokoknya sesuaikan deh sama budget yang ada, jangan sampai besar pasak daripada tiang ya! Pelan-pelan saja melengkapi perabotan rumahnya jika memang belum punya budget lebih. Sebab, masih ada hari esok Kamu dan si cinta butuh biaya buat makan dan keperluan sehari-hari. 

Setelah menikah beberapa perabotan ini wajib ada

Jika teman-teman punya masukan barang yang wajib setelah menikah atau punya cerita menarik, boleh banget share di kolom komen. Supaya bermanfaat buat yang membaca 🤗
44 comments on "Perabotan Wajib Ada Setelah Menikah "
  1. semua yang mba sebutkan emang harus punya, soalnya keperluan wajib semua deh. kan ga lucu kalau ada yang kurang kalo udah berumah tangga, apalagi kalau cuma berdua dirumah hehe

    ReplyDelete
  2. kalau menurut sy barang yg wajib ada setelah menikah tuh kompor sama alat masak plus makan mbak hehe..soalnya ga mungkin jajan makan terus kan Hehe

    ReplyDelete
  3. Ehm, dua lagi yang bisa ditambah dalam list belanjaan kalau baru menempati rumah baru kursi tamu (jika ada budget) atau setidaknya karpet persiapan jika ada tetangga yang datang sebagai bentuk penghormatan penghuni baru. Kemudian tempat sampah baik untuk dapur maupun luar rumah.

    ReplyDelete
  4. Dulu aku pas baru nikah sengaja gak beli tipi dan juga mesin cuci mba. Rasanya eman karena masih berdua. Eeh setelah nambah anggota akhirnya beli mesin cuci biar gak mbabu banget, wkwkwk.
    Tapiiii pas hamil anak ke 4, entah kenapa saya suka sekali nyuci pake tangan. Iiih kalo diinget kok bisa itu ya.. Alhamdulillah pas hamil ke 5 kemarin gak kumat nyuci pake tangan.. hihi

    ReplyDelete
  5. Saya sudah punya semua sebelum saya menikah. Orang tua saya bilang, cicil satu-satu, nanti waktunya sudah menikah, sudah beres, lengkap.

    ReplyDelete
  6. wah bener banget ini list-nya...Karena yang wajib ini kalau bisa ada sebagai modal pertama tinggal berdua setelah menikah. Yang lain bisa nyusul lah..pelan-pelan disesuaikan dengan kemampuan:)

    ReplyDelete
  7. Jadi inget 2 tahun lalu, barang pertama yang kami beli setelah menikah dari hasil sumbangan pernikahan adalah kran kamar mandi. LOL

    ReplyDelete
  8. bener banget namanya memang kalau udah menikah pasti kita harus memikirkan barang-barang apa saja yang harus kita miliki salah satunya ini ya mbak ya

    ReplyDelete
  9. Karena lumayan banyak, bagus juga tuh sebelum nikah udah mulai dibeli dikitdikit. Yaa hitunghitung sebagai persiapanlah..

    ReplyDelete
  10. betul betul. semua yang wajib punya yang mba paparkan bener.
    untuk barang elektronik seperti kulkas pun menurut saya wajib punya jika budget berlebih.
    karena bisa nyetok bahan makanan, jadi ndak tiap hari ke pasar, apalagi kalo di dekat rumahnya ndak ada warung.

    ReplyDelete
  11. Ehehehe bener yaak. Bakal jd bingung juga kalau ngga ada persiapan alat2 di atas. Kadangmikirnya yaa nikah aja. Dulu aku gitu. Wkwkw tp setelah nikah Pelan2 nabung untuk beli perabot ini itu

    ReplyDelete
  12. Kayaknya sya sependapat dengan mba deh. Barang2 yg mba tulis itu udh lengkap banget utk pasangan baru. Kalau nantinya mau nambah kebutuhan tersier mgkin jika sudah beberapa bulan menikah. Yg penting kasur san peralatan memasak harus ada

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah abis nikah dapat kado seprei dan beberapa perabotan yg bermanfaat. Untuk org yg tinggal di apartemen sih ga perlu byk barang

    ReplyDelete
  14. Sy juga menikah taun 2014n jadi kangen masa-masa itu. Nabung dikit2 buat memenuhi isi rumah sama perabot rumah tangga.

    ReplyDelete
  15. Ternyata banyaknya perabotan yang harus dimiliki setelah menikah itu. Kalau saya dulu yang pertama kali itu tempat tidur dan almari. Selebihnya masih nebeng ke ortu, hehe

    ReplyDelete
  16. Semua yang berkaitan sama urusan tempat tidur dan kamar mandi jelas jadi kebutuhan utama. Setelah itu perlengkapan dapur, deh. Biar bisa praktek masak buat yang selama sebelum menikah nggak pernah masak atau cuma rajin nyimpan dan nge-share resep di media sosial, huehehe ...

    Kalau dipikir-pikir, kebutuhan primer kita tuh nggak banyak. Tapi seiring berjalannya waktu dan tuntutan pekerjaan, bisa jadi bertambah. Lainnya kadang hanya sebatas estetika aja seperti lukisan atau pernak-pernik. Ya nggak, sih?

    ReplyDelete
  17. Akupun gitu mba elva, setelah menikah nyicil-nyicil satu-satu beli barang perabotan rumah (masih numpang ama rumah mertua) dan alhamduliilah dari pas pindah rumah semua kepake banget

    ReplyDelete
  18. Semua yang kak Elva buat masuk ke barang wajib semua saat aku pertama nikah.
    Karena saat itu kita masih ngontrak, kita gak mau punya banyak barang biar gak repot pindahan.

    ReplyDelete
  19. Semnjak awal menikah kami udah komitmen untuk melengkapi setiap perlengkapan rumah tangga, baik itu di kamar, di dapur dan di sumur. Meskipun hanya satu biji dari masing masing perlengkapan. Sebagai modal awal dalam berumah tangga.

    ReplyDelete
  20. setuju banget mb elva, perabotan wajib ini harus banget nih ada setelah menikah, aduh adem banget liat rumah mb elva seneng deh hihi

    ReplyDelete
  21. saya dulu pas nikah beli apa ya,
    lupa saya beli apa
    oh iya kompor, gas dan alat masak itu dia

    ReplyDelete
  22. Perabotan yang dituliskan di artikel ini juga yang saya miliki di awal berumah tangga. Peralatan dapur yang paling diutamakan.

    ReplyDelete
  23. Sebelum nikah saya dah ada tpt tidur dan alat dapur lengkap.
    Setelah nikah ga beli2 lagi sampe skrag, kursi tamu, meja makan pun dah biasa melantai haha

    ReplyDelete
  24. biasanya selalu memberikan hadiah seperti kompor, magicom kak untuk hadiah yang menikah wkwkw aku mah masih memberi hadiah belum dihadiahi.

    ReplyDelete
  25. Setelah saya dan istri menikah, perabotan yang kami beli adalah kasur besar. Soalnya waktu masih menjomblo saya atau dia hanya punya kasur single, itupun kasur anak kos, hehe

    ReplyDelete
  26. waktu baru nikah itu rasanya seru banget ya ngisi rumah dengan pas-pasan. aku bersyukur kakak-kakak mama pada patungan ngasih hadiah mesin cuci. kalau kaya kasur dan peralatan dapur kami udah nyicil sebelum nikah. jadi pas pindahan perabotan besar udah ada.

    ReplyDelete
  27. Jadi ingat pas pertama kali ngontrak rumah petak, Mbak Elva hahaha. Kasurnya tipis, lalu dialasi tikar. lemari bajunya yang plastik, kalau disenggol dikit goyang hahaha. terus kompor hock itu memang mantap sekali. Kompor minyak tanah saya sampai sekarang masih ada.
    Tapi memang bagusnya ngontrak satu rumah dengan listrik sendiri. Kalau petakan, dengan listrik bersama, nyolok nasi atau setrika saja sering turun hahaha.

    ReplyDelete
  28. Wah daku ngapain nih ah, biar nanti pasca menikah udah tahu barang apa aja yang wajib dibeli hihi

    ReplyDelete
  29. Iya Mba itu peralatan2 wajib ya Mba. Intinya, yang hal-hal penting yang dapat membuat hidup terasa nyaman ya Mba.

    ReplyDelete
  30. MasyaAllah.. isi rumahnya bagus sekali.
    Ini bisa jadi tips ampuh buat pasangan muda yang baru pindahan ke rumah sendiri ya, Mbak. Ngga bingung dan jadi ngga boros buat beli barang2 yg ngga berguna

    ReplyDelete
  31. Makanya kadang kl resepsi pernikahan, orang² suka ngasih kado barang² gitu ya mbak... Bed cover, blender, dispenser, kulkas malah pernah hihi... Dulu waktu saya S2, ada teman sekelas yg married, kita patungan hasilnya malah bs dpt kulkas 1 pintu

    ReplyDelete
  32. Makanya saya selalu mikir kado nikah buat sodara-sodara deket itu gak jauh-jauh dari rice cooker sama kompor gas... meskipun gak romantis kayak cinderamata, tapi fungsional. Dan ternyata memang itu barang wajib ya...

    ReplyDelete
  33. untuk awalnya kayaknya segitu cukup deh kak, nanti juga akan ketemu apa yang dibutuhkan oleh masing-masing rumah tangga. karena belum tentu kebutuhan daerah satu dengan daerah lainnya akan sama. jadi sambil jalan aja deh

    ReplyDelete
  34. Inget ibuku pernah cerita pas awal menikah, isi rumahnya nyicil katanya 😁 pertama kasur bantal, alat mandi dan kompor

    ReplyDelete
  35. peralatan buat di dapur itu sih ya mbaa memang paling terasa, aku juga masih mencicil nih buat memenuhi perkakas dapur. Impian sih butuh oven banget hehe

    ReplyDelete
  36. Sy inget dulu kali pertama istri datang ke kontrakan. Dia minta beli alat masak biar g jajan Mulu jadi biar hemat

    ReplyDelete
  37. Kalau mpo suka kulkas biar enak kalau naruh sayuran dan buah buahan. Tidak cepat basi makanan dan tetap segar sayuran dan buah

    ReplyDelete
  38. Wajib punya ya kalau sudah pindah dari rumah orang tua ke rumah sendiri, perlengkapan penting banget ini.

    ReplyDelete
  39. Lemari baju juga harus ada nih, jadi inget dulu abis nikah kami masih pake perabot pinjaman kakak, eh lama-lama alhamdulillah bisa beli dan jadi milik sendiri 😁

    ReplyDelete
  40. nah kalo aku dulu sih emang yang utama dl dapur (termasuk kulkas) lalu mesin cuci..Item lainnya bisa menyusul haha

    ReplyDelete
  41. Iya, pelan2 aja ya ngisi perabotan rumah. Sesuai dengan budget yg dimiliki. Bener banget, jangan sampai besar pasak dibandingkan tiang.

    ReplyDelete
  42. Perabotan wajib setelah menikah adalah kasur dan dapur serta sumur. Minimal tikar, kompor, dan air bersih, he he

    ReplyDelete
  43. Waktu pindahan rumah baru setelah menikah, kalau saya yang dibutuhkan alat kebersihan, kemudian ya peralatan mandi, dan peralatan dapur dan peralatan makan.

    ReplyDelete
  44. Jadi ingat saat aku ngontrak rumah kosong, yg dibeli hanya kasur, bantal, guling & kipas angin dulu, hihihi maklum uang seadanya 🙈

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature