Karakterisasi Pemain Beserta Contohnya

Sunday, June 14, 2020


Pentingnya menentukan karakterisasi pemain FTV

Karakterisasi atau perwatakan yang bersifat khas penting untuk ditulis dan sedikit dijabarkan. Hal tersebut dilakukan tentunya dengan tujuan agar bisa menjadi acuan kita untuk membuat cerita sinopsis tersebut akan seperti apa. Sehingga, saat menulis cerita/ sinopsis tidak tertukar. Jika diantara teman-teman sudah ada yang pernah menulis dan mengirim sinopsis untuk FTV, tentu saja sangat paham jika karakterisasi pemain perlu disertakan pada lembar akhir sinopsis yang akan Kamu kirimkan ke PH. Karakterisasi tokoh tentunya sangat penting agar dapat membantu seorang aktor untuk memahami tokoh yang hendak diperankannya. Jadi, bisa dibayangkan donk, kalau sampai sinopsis yang teman-teman tulis tidak disertakan karakterisasi pemain, tentu saja aktor yang dipilih untuk memerankan tokoh sinopsismu akan kesulitan.


Untuk memudahkan dalam menentukan karakterisasi pemain pada sinopsismu, maka ada baiknya Teman-teman catat semua hal tentang latar belakang tokoh seperti nama, tanggal lahir, tempat tinggal, hobi, warna favorit hingga sesuatu yang disukai dan tidak disukainya. Buat Kamu yang sudah biasa menulis cerita fiksi, tentu saja pemilihan karakterisasi tokoh sangat penting. Sebab, perlu teman-teman ketahui, cerita boleh keren bahkan gaya bercerita pun boleh menakjubkan, tapi jika cerita tersebut tidak didukung dengan karakter yang menarik dan juga otentik, maka bisa dipastikan cerita yang teman-teman buat tersebut tidak akan berarti apa-apa. 

Langkah-langkah Membuat Karakter Tokoh

  • Segi Penampilan Fisik

Untuk segi fisik, Teman-teman harus memiliki bayangan jelas mengenai bagaimana kira-kira penampilan fisik karaktermu, seperti bagaimana penampilan mereka di depan publik, gaya berpakaian kasual ataukah fashionable, serta aksesoris yang kerap dipakainya.

  • Tentukan Seluk Beluk Karakter

Dengan mengetahui seluk beluk karakter yang dibuat, tentunya bisa membantu membuat karaktermu "hidup" dan akan terasa "kompleks". Dan, dapat ditambahkan elemen lainnya seperti keadaan orangtua si aktor, pekerjaannya apa, hingga status sosial dan ekonominya seperti apa.

  • Tentukan Keinginan dan Tujuan dari Karaktermu

Teman-teman pastinya memiliki keinginan dalam hidup, seperti misalnya ingin sukses, lalu tentu saja keinginan tersebut mendorong teman-teman untuk melakukan sesuatu yang menjadi cara untuk menggapai keinginan tersebut. Nah, seperti itulah yang bisa teman-teman gambarkan pada karakter yang akan teman buat untuk sinopsis. Selain itu, tempatkan juga karakter yang teman-teman buat pada kondisi yang menyulitkan, dimana keinginan mereka berbenturan dengan keinginan orang-orang terdekat. Kemudian, tentukan juga apakah karakter yang teman-teman buat berhasil menggapai keinginannya ataukah mengalami kegagalan dan konsekuensi yang harus mereka tanggung.

  • Bentuklah Hubungan antar Karakter.

Membentuk hubungan antar karakter ini juga penting dilakukan, agar cerita yang teman-teman buat lebih kompleks dan menarik. Seperti misalnya, tipe karakter yang cocok untuk dipasangkan dengan karakter utamamu, serta hubungan yang terbentuk sepanjang perjalanan cerita yang dibuat.

Nah, saat teman-teman akan menulis cerita/ sinopsis untuk FTV, bisa juga dengan menganalisa orang-orang di sekitarmu, bahkan dengan melakukan riset kecil-kecilan. Agar karakter tokoh yang dibuat menjadi menarik, memiliki kepribadian yang kuat, bahkan membuat karaktermu tak mudah dilupakan.

Contoh Karakterisasi Pemain

  • TANIA (25 tahun), perempuan miskin, anak Pak Iwan, cantik dan memiliki kepribadian yang lembut, berjualan kue keliling. Saat pulang dari membeli sayur, ia melihat Pak Bondan (penagih hutang) memarahi Ayahnya. Melihat Tania, Pak Bondan memberi penawaran agar hutang tersebut lunas, yakni menikahkannya dengan Tania. Tania setuju asal Ayahnya tidak dipukuli. Setelah pernikahan, ujian orang ketiga yang mengusik rumah tangganya. Namun, Tania memilih mempertahankan rumah tangganya meskipun awalnya terpaksa menikah, tentu saja dengan bantuan Cika, sahabatnya.
  • BONDAN (50 tahun), pria kaya, mata keranjang, membuat hidup Tania menderita. Namun, akhirnya menyesali perbuatannya.
  • VERA (20 tahun), cantik, seorang sekretaris yang bekerja di kantor Bondan, berambisi untuk mendapatkan harta Bondan sehingga melakukan segala cara untuk bisa menjauhkan Bondan dari Tania.
  • CIKA (22 tahun), sahabat baik Tania dan selalu ada untuk Tania di segala kondisi.
  • BIMO (30 tahun), tampan, alim, membuka warung kecil-kecilan. Menyukai Tania namun cintanya tidak kesampaian karena Tania terpaksa menikah dengan Bondan demi melunasi hutang Ayahnya.
  • RUDI (30 tahun) orang suruhan Vera untuk melancarkan misinya memisahkan Tania dengan Bondan. Namun, akhirnya Rudi sadar dan meminta maaf pada Tania.
  • IWAN (48 Tahun) Ayah Tania, pengangguran, suka berhutang pada Bondan untuk berjudi.

Nah, karakterisasi pemain inilah yang juga penting teman-teman sertakan dalam sinopsis FTV yang akan teman-teman kirim ke PH. Ingat! Di atas hanya contoh ya, teman-teman bisa mengembangkannya dengan ide karakter menarik lainnya, agar ide cerita teman-teman lolos untuk ditayangkan di stasiun televisi yang teman-teman tuju. Semoga sukses dan berhasil! 🙂
3 comments on "Karakterisasi Pemain Beserta Contohnya"
  1. Terima kasih sharing ilmunya, Kak. Jadi semakin ingin belajar nulis sinopsis untuk ftv, nih 😊

    ReplyDelete
  2. wahh salah fokus sama foto latarnya. Sering banget nonton itu..

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat sekali ilmunya. Makasih, Kak. Salam.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature