Hadapi New Normal dengan Normal

Thursday, June 4, 2020
Tips hadapi new normal

Sobat pembaca setia, bagaimana keadaan Kalian hingga saat ini? Sudah tiga bulan lebih pandemi ini belum berlalu dan tentunya banyak hal yang telah Kita rasakan bersama, terutama soal ekonomi. Sejak makin bertambahnya korban Covid-19, dan ditetapkannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tentu saja banyak yang merasakan dampaknya, terlebih mereka yang kena PHK. Menyebabkan pengangguran makin bertambah, sehingga kesulitan ekonomi makin dirasa. 

Banyak warga yang ingin kembali bekerja, termasuk Saya, sebab tidak mungkin terus menggantungkan hidup dengan bantuan pemerintah (ya meskipun Saya tidak mendapatkan bantuan tersebut 😢), sehingga kembali bekerja seperti sediakala menjadi harapan Kita. Tentunya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup. 
Sebagaimana keputusan Mentri Dalam Negeri (Kemendagri), Tito Karnavian, pada tanggal 27 Mei 2020 dengan nomor 440-830 menerbitkan pedoman tatanan normal baru atau New Normal, yang mana protokol tersebut mengatur kegiatan Aparatur Sipil Negara (ASN), ojek online, layanan kesehatan, sekolah hingga pusat keramaian agar bisa kembali produktif akan tetapi tetap aman dari Covid-19. Alasan diterapkannya tatanan era new normal ini karena memiliki dampak terhadap ekonomi yang dianggap sudah mengkhawatirkan, sehingga jika tidak segera diterapkan New Normal ini tentunya akan lebih banyak yang akan merasakan dampaknya. 

Tips Jalani Kehidupan New Normal

Nah, dalam menghadapi era New Normal ini, Kita tetaplah harus waspada agar dapat terhindar dari Covid-19 dan pelan-pelan dapat memutus rantai penyebarannya. Beberapa hal berikut bisa Teman-teman terapkan jika ingin kembali bekerja atau kembali beraktivitas di luar rumah.

  • Gunakan Masker dan Bawa Cadangan. 

Saat akan beraktivitas ke luar rumah, sebaiknya tetap gunakan masker serta bawa cadangan 3 masker jika diperlukan. Selain itu, bawa kantong kresek untuk menjadi tempat masker yang telah dipakai. Setelah tiba di rumah segeralah rendam dengan deterjen ± 15 menit, cuci bersih. 

Tips jalani new normal selama pandemi

  • Gunakan Sarung Tangan. 

Sarung tangan juga menjadi benda penting utk digunakan ketika akan melakukan aktivitas seharian di luar, sebab buat jaga-jaga agar saat melakukan perjalanan (seperti misalnya ke tempat kerja) tangan Kita aman dari menyentuh benda apapun yang biasa digunakan di tempat umum seperti mesin atm, gagang pintu dan benda-benda lainnya.

  • Bawa Selalu Hand sanitizer dan sabun cair. 

Semangat hadapi new normal

Ini penting dibawa agar tangan Kita selalu bersih, terlebih lagi saat berada di tengah keramaian maka sering-seringlah mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. 

  • Bawa Helm dan Perlengkapan Ibadah Sendiri. 

Jika Kalian menggunakan ojek online, akan lebih baik membawa helm sendiri, dan juga bawa perlengkapan ibadah yang berbahan ringan. Ya meskipun sedikit ribet dan berat, namun itu semua demi keamaan bersama.

  • Bawa Tissu basah dan Kering. 

Jika tidak memungkinkan untuk membawa serbet, Kalian bisa gunakan tissu basah ataupun tissu kering untuk mengelap tangan yang habis dicuci. 

  • Bawa Wadah Makan dan Botol Minum Sendiri. 

Jika kembali bekerja, tentunya kita akan membutuhkan makan dan minum saat istrihat siang. Maka ada baiknya bawa bekal makan dan minum sendiri. Bila tidak memungkinkan untuk membawa bekal makan sendiri dari rumah, Kalian tetap bawa wadah makan dan botol minuman agar tidak makan di tempat (kantin, warung). 

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Kita lakukan selama proses New Normal ini. Semoga pandemi ini segera berlalu dan Kita dapat menyesuaikan diri dengan era New Normal yang berlaku. Tetap jaga kesehatan dan pikiran, tetap semangat menjalani hari-hari seperti sediakala.
1 comment on "Hadapi New Normal dengan Normal"
  1. masker dan hand sanitizer tidak pernah lepas dari tas saat keluar rumah
    daripada ada apa apa mending selalu sedia ya mbak
    walau sulit tapi new normal ini harus kita hadapi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature