Mengapa Harus Menulis Blog

Friday, June 5, 2020
Temukan manfaat menulis blog

Menjelang akhir Tahun 2018, Saya berkenalan dengan salah satu teman sesama daerah Bengkulu. Saat itu kami sama-sama tergabung di grup kepenulisan di Facebook, di bawah naungan penulis kondang Asma Nadia beserta sang suami, Isa Alamsyah. Di grup itulah Saya mengenal mbak Mildaini (Bengkulu), yang ternyata seorang blogger. 

Sebelumnya, Saya tidak tahu apa itu blogger dan apa manfaatnya nge-blog (biasa, Saya masih kudet, taunya main FB buat posting jualan buku, alat elektronik dan pakaian 😂), setelah berkenalan dengan mbak Mildaini barulah pelan-pelan Saya belajar. Mbak Mildaini atau akrab disapa Mbak Milda, ternyata merupakan ketua komunitas Blogger Bengkulu. Saya pun diajak bergabung ke grup, dan belajar banyak hal tentang blog, tentang membuat konten menarik dan belajar banyak hal lainnya, termasuk media sosial. 

Pelan-pelan, Saya pun akhirnya punya blog dan isi blog Saya saat itu tentang cerpen yang pernah jadi juara harapan II lomba menulis cerpen dengan tema "Surabaya Berdongeng". Dan juga, masih banyak hal yang Saya tulis di blog tersebut, yang pelan-pelan Saya pun men-domain-kan (kebetulan saat itu ada promo beli domain) yang hingga saat ini Kalian kenal dengan blog www.elvanasira.com Selama Saya mengenal dan memulai menulis di blog pribadi, banyak hal yang Saya dapat, selain dapat wawasan baru, teman baru bahkan hal-hal lain yang tidak pernah Saya duga sama sekali. Nah, apa aja yang Saya dapat selama menulis blog? Berikut ulasannya! 

Manfaat Menulis di Blog

Diantara teman-teman mungkin masih ada yang belum tahu apa saja manfaat menulis di blog. Agar nggak penasaran, berikut ulasannya:

  • Sebagai Sarana Latihan Menulis yang Bermanfaat

Blog menjadi sarana latihan menulis buat Saya. Selain itu, di blog Saya juga bisa memposting kisah-kisah menarik (Bisa dari pengalaman pribadi ataupun orang lain) yang kemudian diolah agar dapat memberi pembelajaran bagi orang lain (Pembaca blog Saya). 


Manfaat menulis blog yang belum banyak diketahui

  • Menjadi Wadah Promosi. 

Di era digital seperti sekarang ini, kita bisa menggunakan media sosial untuk promosi bisnis yang sedang Kita bangun, baik itu bisnis kuliner, bisnis barang ataupun jasa. Tentu saja blog menjadi salah satu sarana yang bagus buat promosi, terlebih jika yang kita promosikan tersebut diulas dengan baik dan mencapai trafik yang tinggi, maka besar peluang bisnismu akan diketahui banyak orang. Menarik, Kan!

  • Membuat Otak Kita Selalu Belajar 

Dengan memiliki blog (apalagi blog sudah berdomain) tentu saja Kita akan belajar banyak hal, mulai dari bagaimana membuat konten tulisan yang menarik minat pembaca, bagaimana mengelola blog agar tampilannya enak dibaca, belajar coding dan masih banyak lainnya.

  • Sarana Menambah Koneksi 

Saat kita berkunjung ke blog orang lain, bukan hanya tambahan informasi yang akan Kita dapat, akan tetapi juga bertambah jaringan pertemanan. Dengan saling mengunjungi blog masing-masing, memberi komentar yang baik, tentu saja lama kelamaan membuat Kita akan dikenal. Nah, kalau udah saling mengenal, biasanya satu sama lain akan bertukar informasi, baik informasi segi kepenulisan, info workshop menulis, hingga informasi job menulis dan lain sebagainya.


Beragam manfaat menulis blog

  • Menulis Blog Bisa Menghasilkan Uang 

Wah, siapa sih yang tidak mau uang alias duit atau piti 😄? So pasti semua pada mau yaaa! Nah, agar blog Kamu bisa menghasilkan, maka tulislah yang bermanfaat bagi orang banyak dan yang banyak dicari, seperti tentang Parenting, resep masakan, tips menulis dan tulisan bermanfaat lainnya. Jika pengunjung blogmu sudah banyak, lambat laun blogmu akan dilirik oleh brand yang ingin mengiklan-kan produk mereka di blogmu. Waah, pasti seneng banget yaaa! Soalnya Saya sudah merasakannya. 

Eit, tapi meskipun begitu, ini jangan dijadikan tujuan utama ya, anggap saja menjadi keuntungan tambahan agar Kamu makin semangat menulis sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain (read: pembaca blogmu), karena kalau tujuan utama-mu hanya uang, dikhawatirkan tulisanmu jadi nggak ngalir lagi dibaca, alias nulis nggak dari hati. Bagaimana? Asikkan nge-blog? 

Nah, buat Kalian yang belum bisa atau belum punya akun blog, bisa banget baca di ulasanku mengenai Tutorial Sederhana Membuat Blog. Caranya mudah banget jika dipraktekkin step by stepnya. Selamat mencoba dan selamat berkarya!
3 comments on "Mengapa Harus Menulis Blog "
  1. Terimakasih mbak,ilmunya.
    Saya baru belajar dari nol. Mohon bimbingannya ☺️☺️

    Saya asal Jatim, tapi nyangkut di Papua. Hehe. Jadi mau belajar terbatas segala sesuatunya. Ini Alhamdulillah sudah mulai pancar internet, baru 4 tahunan ini. Dulu sinyal telf saja sulit.

    Salam kenal mbak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Mbk Elva atas pencerahannya... aku udah punya blog, insyaAllah mau rajin diisi blognya, biar bermanfaat.. ☺

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mbak, ulasannya sangat bermanfaat. Saya baru belajar membuat blog dan masih gaptek. Mohon bimbingannya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature