Tips Merawat Gigi Agar Sehat Tanpa Karang

Saturday, May 18, 2019
Pict. Pixabay

Halo Millenials dan teman-teman sekalian. Pernah nggak mendengar tentang karang gigi? Atau kita sendiri yang mengalami? Saya nih, baru-baru ini habis bersihin karang gigi. Padahal rajin sih gigi dibersihin, tapi entah mengapa karangnya bersarang (perlu lebih rajin lagi buat bersihin gigi) 😬. 

Nah, kalau gigi sudah terlanjur berkarang, kita mesti segera membersihkannya, menyingkirkan karang agar tidak makin menebal. Tapi, tidak sedikit orang loh yang takut ke dokter gigi buat bersihin karang gigi, termasuk saya, hihihi...! Sehingga, akhirnya bingung mau melakukan apa. 

By the way, dari pengalaman itu saya mau berbagi tips nih, bagaimana cara mengurangi karang pada gigi dengan sangat mudah. Selain itu, kita tidak perlu pergi ke dokter untuk menghilangkan karang yang menempel pada gigi. 'Bukan berarti saya melarang ke dokter gigi yaa, bukan'. Namun, tips berikut semoga dapat dicoba yaaa!! 

Ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mengurangi karang gigi secara alami yang bisa teman-teman coba, diantaranya:

  • Rajin Menggosok Gigi. 

Saran saya, menggosok gigi minimal dalam sehari tiga kali, yakni pagi saat mandi dan sesudah makan serta malam sebelum tidur. Rajin gosok gigi ini dilakukan agar sisa-sisa makanan yang terselip di gigi bisa dibersihkan, agar sisa-sisa makanan bisa terbersihkan secara sempurna. Selain itu, gunakanlah juga pasta gigi yang mengandung fluoride, pyrophosphates, zinc, citrate, dan juga triclosan. Sebab, Kandungan-kandungan dalam pasta gigi tersebut cukup ampuh untuk menghilangkan plak pada gigi.

  • Flossing, Bersihkan Gigi Dengan Benang. 

Selain menggunakan pasta gigi, Kita juga bisa loh membersihkan karang di gigi dengan menggunakan benang. Tapi, meskipun penggunaan benang sangat tepat untuk menghilangkan plak di gigi, akan tetapi tidak semua benang yaaa bisa digunakan untuk membersihkan plak di gigi. Cara membersihkan plak di gigi hanya bisa dilakukan dengan menggunakan benang khusus saja. 

  • Menggunakan Mouthwash. 

Tips membersihkan gigi paling efektif yang bisa dilakukan berikutnya adalah dengan menggunakan mouthwash. Mouthwash mengandung fluoride dan flossing yang cukup ampuh untuk menghilangkan berbagai plak yang ada pada gigi.

  • Tidak Banyak Mengonsumsi Makanan Dengan Kadar Gula Tinggi. 

Hayooo, siapa nih yang suka makan ataupun minum yang manis-manis? Maka, ada baiknya segera dikurangi. Sebab, gigi menjadi sehat tanpa karang gigi apabila Kita tidak mengkonsumsi makanan yang kadar gulanya terlalu tinggi. Selain itu, hindari juga makanan berpemanis buatan. Sebab, beberapa makanan yang dipercaya sering membuat plak di gigi kerap muncul yaitu saat kita mengonsumsi permen. 


Selain itu, beberapa makanan yang dipercaya banyak mengandung tepung berkemungkinan besar membuat gigi kita lebih berpotensi besar terkena plak. Jadi sangat dihindari sekali mengkonsumsi makanan yang manis – manis dan mempunyai banyak tepung.

  • Hindari atau Kurangi Merokok. 

Sebaiknya mulai sekarang mulailah untuk mengurangi konsumsi rokok. Konsumsi rokok secara berlebihan dipercaya akan membuat plak tumbuh di sela-sela gigi. Akan lebih baik jika konsumsi buah-buahan seperti jeruk, nanas, apel, maupun buah-buah lain yang kaya akan vitamin C. 


Nah itulah beberapa tips merawat gigi supaya sehat tanpa karang. Daan, semoga bermanfaat yaa!!
2 comments on "Tips Merawat Gigi Agar Sehat Tanpa Karang "
  1. Nah ini suka minum kopi jg bs nyebab gigi jd rada kuning yaa.. Thx info dan tipsnya mbaa

    ReplyDelete
  2. kalo ngeliat temenku pakai dental floss, itu kayak pengen ikutan pakai, tp kok ya masih serem wkwkwkk.. berasa ngilu. pdhl itu krn aku blm terbiasa pakai aja kali ya :p

    selama ini cara yg aku pake utk mncegah karang dgn rajin gosok gigi dan kumur pake mouth wash sih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature