Tukar Sampah Dapatkan Perlindungan Asuransi dengan Allianz Indonesia

Sunday, October 20, 2019

Tukar sampah bisa mendapatkan perlindungan asuransi? Masa sih? Pasti diantara teman-teman ada yang bingung atau bertanya-tanya dengan pernyataan tersebut. Akan tetapi itu semua benar adanya. Sebagaimana informasi yang saya dapatkan saat mengikuti acara yang diadakan oleh Allianz Indonesia yang berlokasi di Hall Kota Kasablanka. Pada acara tersebut Allianz mengenalkan dua programnya yang mana program tersebut bertujuan untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, kedua program tersebut yakni "Tukar sampahmu, lindungi dirimu" dan program "Allianz Uang Duka". 

Sebagaimana yang kita ketahui, masyarakat di Indonesia khususnya yang berasal dari kelompok emerging consumers masih belum menjadikan asuransi sebagai suatu kebutuhan yang penting, padahal resiko bisa saja datang kapan pun dan kepada siapa pun yang tak diduga-duga. Tidak hanya Itu saja, masyarakat Indonesia dihadapkan pada kenyataan bahwa sekitar 65 Juta ton sampah yang dihasilkan di Indonesia setiap harinya hanya 7% yang didaur ulang, dan sebanyak 69% berakhir di tempat pembuangan sampah akhir (TPA). Padahal sampah yang dihasilkan tersebut dapat memberikan nilai ekonomis apabila dipilah serta dikelola dengan baik dan benar. 

Sekilas tentang grup Allianz. 

Allianz grup merupakan sebuah perusahaan asuransi dan manajemen aset terkemuka di dunia dengan 92 Juta nasabah personal dan perusahaan, dan nasabah Allianz akan mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi jiwa dan kesehatan, asuransi properti, hingga sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Dengan berbagai manfaat tersebut menjadikan Allianz menjadi salah satu investor terbesar di dunia dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 673 miliar Euro. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index

Program Allianz dan Manfaatnya Untuk Masyarakat. 


Teman-teman literasi pasti penasaran dong apa saja manfaat dari program yang dipersembahkan oleh Allianz Indonesia untuk masyarakat Indonesia. Bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan dan Hari Asuransi yang diperingati pada bulan Oktober, pada tahun 2019 ini Allianz Indonesia kembali melakukan perluasan segmen pemasaran untuk tiga produk asuransinya yang meliputi produk asuransi jiwa mikro, produk asuransi kecelakaan diri dan produk asuransi jiwa berjangka kumpulan kepada masyarakat kelompok emerging consumers melalui dua programnya yakni "Program tukar sampahmu, lindungi dirimu" dan "Program Allianz uang duka". 

  • Program Tukar Sampah. 

Melalui program tukar sampahmu lindungi dirimu, Allianz Indonesia ingin melakukan perluasan akses perlindungan asuransi jiwa mikro Sekoci dan perlindungan asuransi kecelakaan diri kepada masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah, dimana program ini dapat memungkinkan masyarakat mendapatkan perlindungan asuransi dengan cara menukarkan saldo tabungan di bank sampah. 

Dalam program tersebut Allianz Indonesia bekerjasama dengan mitra strategis yang menyediakan aplikasi digital MySmash untuk mendukung kegiatan operasional Bank Sampah di seluruh Indonesia dan berfungsi sebagai kanal distribusi baru untuk memberikan akses perlindungan asuransi jiwa mikro "Sekoci" bagi masyarakat yang menjadi nasabah Bank Sampah sedangkan untuk asuransi kecelakaan diri, tentunya dengan proses pendaftaran yang bisa dilakukan secara manual melalui Bank Sampah dimana tempat nasabah menabung sampah.

  • Program Allianz Uang Duka. 

Program ini merupakan sebuah program yang memberikan santunan kematian dari produk asuransi jiwa kumpulan Allianz, yang mana dapat diakses oleh masyarakat warga Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan tingkat kelurahan. Program ini diambil dari atas asas gotong royong dan kekeluargaan yang sudah menjadi tradisi untuk dijalankan oleh masyarakat warga RT, RW dan tingkat kelurahan saat salah satu dari warga masyarakat mengalami musibah atau kedukaan. Nah, dari sinilah Allianz Indonesia melihat sebagai salah satu peluang untuk memperkenalkan akses dan produk asuransi kepada warga melalui proses pengumpulan dana yang kemudian dinamakan program "Allianz Uang Duka". 

Perluasan akses perlindungan serta produk asuransi melalui kedua program ini merupakan wujud komitmen Allianz Indonesia untuk mendukung program pemerintah dan OJK dalam meningkatkan penetrasi asuransi, literasi keuangan serta inklusi keuangan ke berbagai segmen masyarakat Indonesia sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Keseruan Finansial Expo 2019 Kota Kasablanka. 

Setelah sampai di lokasi, beberapa peserta talkshow sudah datang menghampiri booth Allianz untuk menukarkan dua botol bekas dengan produk asuransi Allianz, tentunya dengan menyerahkan data diri (KTP) untuk pengisian data. Pada acara tersebut juga menghadirkan beberapa produsen barang daur ulang, diantaranya:


  • Threadapeutic (Read: tre.da.poy.tik). 


Merupakan sekelompok kecil pengrajin lokal yang senang bereksperimen dengan tekstil, dimana mereka menerima tekstil sisa dari pembuat garment yang kemudian dimanfaatkan menjadi bahan baku untuk membentuk jantung kerajinan tredapoytik. Untuk melihat hasil kerajinannya, bisa kepoin medsosonya
IG:  @threadapeutico
Website: www.threadapeutic.com

  • Stuffo Bag.


Menjadi salah satu varian upcycled artwork dari stuffo Labs, dan merupakan laboratorium yang didirikan tahun 2017 dimana berfokus terhadap gerakan upcycle dengan membuat berbagai produk tas daur ulang dari sampah banner dan kantong kresek. 
IG: @stuffobag 
Website: www.stuffobag.com. 

  • Smell the perfume. 


Merupakan sosial enterprise berbasis di Jakarta yang bergerak di bidang pemberdayaan wanita serta isu lingkungan. Fokus utamanya adalah untuk membantu kaum wanita yang membutuhkan secara ekonomi sehingga mereka bisa mendapatkan pelatihan keterampilan, kesempatan kerja dan penghasilan bulanan tanpa meninggalkan tugas rumah tangga sehari-hari. Produk utamanya adalah tas belanja pakai ulang yang salah satunya yakni Anthea (Terbuat dari jaring nelayan bekas, 100% lokal dan menggunakan material 100% daur ulang/ pakai ulang). Buat teman literasi yang berminat bisa kepoin medsosnya.
IG: @smelltheperfume
Website: www.smelltheperfume.com

  • Bank sampah Rosella. 


Diketuai oleh Ibu Sri Endarwati, bank sampah Rosella ini berdiri berawal dari ide pada saat ibu Endarwati sebagai ketua bank sampah Rosella mau mantu, untuk hiasan pelaminan dan souvenir semuanya dibuat dari bahan daur ulang begitupun dengan seragam penerima tamu dimana hiasan kainnya dibuat dari bahan daur ulang. Karena bentuknya yang menarik, kemudian banyak orang yang tertarik untuk memesan. 
FB: Bank Sampah Rosella 

  • Topiku.


Merupakan perusahaan sosial California-Indonesia yang mengoperasikan rantai pasokan paling bertanggung jawab di dunia untuk pembuatan topi, dimana mereka memanfaatkan bahan limbah untuk di upcycle dan recycle, topiku mampu memberikan upah layak bagi para pengrajin serta memungkinkan mereka untuk membuat headwear berkualitas premium untuk pasar Internasional. 
IG: @topiku.com 
Website: www.topiku.co

  • XS Project. 

Merupakan organisasi nirlaba yang berbasis di Jakarta yang menghasilkan produk konsumen berkualitas tinggi dari sampah domestik dan korporasi dengan misi untuk meminimalkan kerusakan lingkungan dengan mendaur ulang limbah yang tidak dapat terbiodegradasi serta memutus siklus kemiskinan generasi para pemulung. 
IG: @XSProject_id 
Website: https://xsproject-id.org 

Tidak hanya talkshow saja, namun kita juga dapat mengikuti kuis berhadiah dengan cara mengumpulkan stempel pada kolom dari selembar kertas yang diberikan untuk berkesempatan mendapatkan nomor undian door prize di mana pengundian tersebut dilaksanakan setiap hari jam 07.00 malam. Nah, itulah beberapa keseruannya. Yuk mari kita proteksi diri dengan bergabung Allianz Indonesia.
16 comments on "Tukar Sampah Dapatkan Perlindungan Asuransi dengan Allianz Indonesia"
  1. Gw masih takjub va sama aneka produk fashion yang kemarin, keren2 bgt ya

    ReplyDelete
  2. Lewat program tukar sampah, sudah bisa mendapatkan perlindungan dari allianz. Nah nggak ada alasan dong gak mau berasuransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya mbak Fen. Karena kan sudah dipermudah ya

      Delete
  3. Ya ampun produknya keren-keren ini, peduli lingkungan lagi. Kepoin IG nya ah...
    Dan program Allianz Indonesia beneran menarik, ada tukar sampah jadi asuransi juga Uang Duka. Asuransi bisa menyentuh semua kalangan jadinya. Salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya mbak Dian. Alhamdulillah banget dengan program2nya Allianz

      Delete
  4. melalui Allianz sampah plastik menjadi lebih bermanfaat dan kita jadi bisa punya proteksi, program yang satunya lagi juga aku kepo banget gimana ya caranya bisa ikut dalam Allianz Uang Duka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Indri, dan alhamdulillah banget ya semua kalangan bisa memiliki asuransi

      Delete
  5. Waah para performancer nya kece kece. Salut sama inovasi mereka. Btw idenya kreatif, tukar sampah jadi asuransi gitu yaa mba? Semoga dapat membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Tukar dua botol sampah sama aja dengan 1 produk asuransi

      Delete
  6. Keren banget programnya ya, hasil produknya juga kece-kece.. apalagi malah bisa berasuransi. Dua jempol!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Alhamdulillah banget ya ada program spt ini

      Delete
  7. Kemaren aq sempet tukar botol di booth Allianz dan download terus dapat aqua seliter sama voucher dumdum

    ReplyDelete
  8. Ini semacamnya kayak program csr nggak sik? Waaah, tukar sampah ide bagus juga. Jadi pengin pakai asuransinya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan pakai mbak dan smg bermanfaat ya. Krn bisa ditukar dgn dua botol sampah bekas loh

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature