Berwakaf Bisa Dimulai Dari Sepuluh Ribu

Saturday, October 5, 2019


Wakaf bisa sepuluh ribu? Hmmm... pasti diantara teman-teman masih ada yang belum percaya. Tapi percayalah, itu memang benar adanya. Dan kalian pun juga bisa ikut berwakaf. 

Beberapa hari lalu saya bersama teman-teman blogger mengikuti acara sosialisasi program wakaf Dompet Dhuafa yang bertajuk "Wake up! Wakaf, berlokasi di Kawasan Zona Madinah dan Lembaga Pengembangan Insani, Parung - Bogor. Bagi yang ingin berangkat bareng menggunakan bis, menunggu di Jalan Warung Jati Barat 14, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan untuk berangkat bersama menuju lokasi. 

Sekilas Tentang Dompet Dhuafa 



Dompet Dhuafa merupakan Lembaga Filantropi Islam yang bersumber dari dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) dan dana halal lainnya yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa, tentunya dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik (prophetic socio-technopreneurship). Sejak tahun 1993, Dompet Dhuafa telah membentang kebaikan zakat kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat. 

Ada 5 pilar yang telah dijalankan oleh Dompet Dhuafa, diantaranya: 

  • Kesehatan.

Dalam program kesehatan, Dompet Dhuafa telah mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem mudah dan terintegrasi dengan sangat baik. Peran aktif Dompet Dhuafa diantaranya dalam melayani kaum dhuafa sejak tahun 2001. Melalui program Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), beragam kegiatan telah dilakukan, baik bersifat preventif, promotif dan kuratif. Selain itu, sejak tahun 2009, Dompet Dhuafa membangun rumah sakit gratis bagi pasien dari kalangan masyarakat miskin. Berlokasi di Desa Jampang, Kemang, Kabupaten Bogor, di atas lahan seluas 7,600 m2. RST memiliki fasilitas lengkap, mulai dari poliklinik, dokter spesialis, ruang operasi, rawat inap, UGD, apotek, hingga metode pengobatan komplementer.

  • Pendidikan.

Seperti yang kita ketahui, jika masa depan Indonesia yang lebih baik itu ada di tangan anak-anak, karena alasan inilah kemudian Dompet Dhuafa membantu mewujudkannya dengan memberikan program pendidikan dan beasiswa bagi anak-anak Indonesia yang tidak mampu. 

  • Ekonomi.

Dompet Dhuafa merangkul masyarakat di seluruh daerah dengan berbagai program pemberdayaan, agar terciptanya entrepreneur dan lapangan kerja baru, dengan tujuan untuk memutus lingkaran kemiskinan di Indonesia.

  • Pengembangan sosial/ sosial kemanusiaan.

Seperti yang kita ketahui, jika manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Dompet Dhuafa kemudian bersama dengan para relawan membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah dan tidak tahu arah. Program- program dalam Social Development terus mengalami perkembangan mengikuti dinamika yang terjadi di masyarakat. Program ini dijalankan oleh beragam lembaga di bawah Dompet Dhuafa dan lebih dari 5 tahun telah membantu masyarakat Indonesia.

  • Dakwah dan Budaya 



Jangan Takut Berbagi Melalui Wake up Wakaf. 
Perlu diketahui jika berwakaf itu manfaatnya banyak banget. Macam-macam wakaf, diantaranya sebagai berikut:

  • Dari segi sasaran
1. Wakaf publik, utk masyarakat umum
2. Wakaf privat (keluarga), utk keluarga pewakaf (wakif) 
3. Wakaf Musytarak, gabungan wakaf publik dan privat 


  • Dari segi waktu 
1. Wakaf selamanya, wakaf tanah 
2. Wakaf sementara, wakaf yg dibatasi oleh usia harta/ kemauan pewakaf.
Dari segi penggunaan 
1. Wakaf langsung, spt Masjid, sekolah, RS, dll 
2. Wakaf investasi, harta wakaf diusahakan utk mendatangkan surplus dimana surplus tsb yg dimanfaatkan sesuai sasaran wakaf. 

Wakaf itu sendiri terbagi menjadi:

  • Wakaf Produktif

Wakaf produktif Merupakan sebuah skema pengelolaan donasi wakaf dari umat, yakni dengan memproduktifkan donasi hingga mampu menghasilkan surplus yang berkelanjutan, yang berupa benda seperti logam mulia, uang, tanah dan bangunan. 

  • Wakaf Bersifat Berkelanjutan. 

Dimana wakaf ini dilakukan secara berkelanjutan atau terus menerus.

Dompet Dhuafa tentunya akan terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan. Pada acara bertema 'Wake up Wakaf, Dompet Dhuafa menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya: 
* Bapak Yuli Pujihardi selaku Dir. Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa dan Dir. Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa 
* Boby P. Manulang selaku GM. Wakaf Dompet Dhuafa 
* Ustad syafii selaku Direktur DD pendidikan.


Gerakan Wakaf Sepuluh Ribu dari Blogger.
Setelah usai acara, salah satu teman blogger bernama Mas Ono berinisiatif untuk membentuk sebuah gerakan yang diberi nama Gaspoler, yakni Gerakan Wakaf Sepuluh Ribu dari Blogger. Gaspoler ini dibentuk dengan tujuan sebagai aksi nyata dari Blogger untuk mulai berwakaf meskipun hanya Rp 10.000,- . Wakaf ini akan diperuntukan untuk membeli tanah wakaf yang nantinya akan di bantu oleh dompet dhuafa untuk mengelolanya. Nah, buat teman-teman yang ingin ikut berdonasi, bisa klik pada link berikut: https://www.bawaberkah.org/campaign/gaspoler kemudian pilih donasi. Lalu isi jumlah nominalnya, pilih cara donasinya. 

Dan, untuk pembayaran donasi bisa dilakukan melalui gopay dan bank terkait yang ada di applikasi tersebut. Dan, untuk info lebih lanjut, teman-teman bisa kontak ke nomor 081313106249 dan 085691578042. 

Satu uluran tangan, akan bermanfaat bagi banyak orang.
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature