Tips Menjaga Pakaian Agar Tetap Awet

Sunday, October 6, 2019

Loh, kok belum lama beli, warna baju sudah memudar? Siapa nih yang suka bingung dengan kondisi seperti ini? Setiap kita pastinya menginginkan agar pakaian awet dan nggak gampang pudar.

Pakaian merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap orang, sebab selain sebagai pelindung tubuh, pakaian juga berfungsi sebagai ekspresi diri. Tentunya, kalian nggak mau dong pakaian yang kalian pakai terlihat pudar warnanya dan gampang rusak, apalagi pakaian tersebut baru dibeli kemarin. Huh… hancur hatiku, remuk berkeping-keping, baru beli kemarin, setelah dicuci langsung ambyar. Hayooo, siapa yang pernah mengalami?

Nah, jika diantara teman-teman ada yang pernah atau sedang mengalami hal tersebut, tenang, sebab Saya punya solusi nih,

Bagaimana Menjaga Warna Pakaian Agar Tetap Awet.

Pasti makin penasaran kan pengen tahu tipsnya seperti apa! Yuks, langsung simak beberapa tips berikut.

* Jangan terlalu sering dicuci.

Perlu diingat ya, mencuci baju terlalu sering ternyata dapat memudarkan warna asli dari pakaian dan bisa juga dapat merusak serat pakaian tersebut. Nah, jika pakaian kalian masih sehari, belum terlalu kotor ataupun bau, sebaiknya tidak perlu dicuci, cukup digantung (namun tidak disatukan dengan pakaian lainnya).

* Pisahkan pakaian saat mencuci.


Pisahkan antara pakaian yang mudah luntur, berbahan halus dan pakaian biasa. Perlu diketahui, jika pakaian tidak dipisah sesuai serat dan warnanya, dapat merusak pakaian tersebut. Entah terkena lunturan, sobek di beberapa bagian dan lainnya. Apabila pakaian berbahan tipis, banyak manik-manik, ataupun yang benangnya mudah rusak, maka ada baiknya cukup direndam dan dikucek-kucek saja, tidak perlu menggunakan mesin mesin cuci.

* Gunakan pemutih pakaian yang ramah lingkungan.

Terkadang, ada beberapa pakaian putih yang mana kotorannya sedikit sulit luntur. Maka teman-teman bisa gunakan pemutih pakaian yang ramah lingkungan, akan tetapi penggunaan pemutih juga jangan terlalu sering, sebab dapat membuat ketebalan kain mudah menipis.

* Periksa petunjuk perawatan pada pakaian.

Setiap pakaian tentunya berbahan yang berbeda-beda, dan membutuhkan perawatan yang berbeda pula, maka dari itu sebelum mencuci pastikanlah untuk membaca terlebih dahulu label petunjuk pakaian yang terdapat pada pakaian yang kamu beli.

* Simpan pakaian dengan baik.


Saat berganti musim dingin, pastinya teman-teman akan menggunakan pakaian dengan bahan yang mampu menghangatkan tubuh. Nah, saat hendak menyimpan pakaian yang sedang tidak diperlukan saat musim dingin, pastikan kalian menyimpannya dengan baik, agar pakaian tetap awet, dan nggak gampang rusak. Selain itu, gunakankanlah tempat penyimpanan yang dapat melindungi pakaian dari debu, kotoran dan ngengat, serta letakkanlah tempat penyimpanan pakaian di tempat yang sejuk dan tidak lembab, agar terhindar dari  jamur serta perubahan warna pada pakaian.

Nah, itulah beberapa Tips Menjaga Pakaian Agar Tetap Awet. Selamat mencoba!!
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature