Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, review serta tips menulis FTV berdasarkan pengalaman penulis.

Fakta Kanker dan Cara Mencegahnya

Saturday, December 19, 2020
Faktor risiko kanker


Penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular yang menjadi salah satu penyebab kematian di dunia. Bahkan, dikutip dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, diperkirakan insidens kanker di tahun 2040 akan mengalami peningkatan menjadi 29,5 juta orang. Dengan kata lain, setiap 2 detik ada satu orang baru yang terdiagnosis kanker, dan setiap tiga detik akan ada satu orang yang meninggal dunia. Dan, jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat. Sel kanker bersifat ganas, termasuk salah satunya kanker rahim wanita yang apabila tidak ditangani bisa berbahaya.


Perlu diketahui, jika sel kanker bersifat ganas dan bisa menginvasi bahkan merusak sel-sel normal di sekitarnya dan merusak fungsi jaringan tersebut. Penyebaran sel kanker bisa melalui pembuluh darah maupun pembuluh getah bening, dan dapat berasal dari semua unsur yang membentuk suatu organ, kemudian dalam perjalanan selanjurnya tumbuh bahkan menggandakan diri sehingga membentuk massa tumor. Kanker tentunya tidak hanya menyerang wanita saja, tapi juga bisa menyerang pria, anak-anak maupun dewasa. Untuk itu penting bagi kita mengetahui faktor risiko dan cara mencegahnya agar tidak menyerang kita ataupun keluarga.


Faktor Risiko Kanker

Faktor risiko merupakan suatu kondisi yang dapat meningkatkan terjadinya suatu penyakit, dan berikut merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker, diantaranya:

  • Polutan

Merupakan zat atau bahan yang dapat menjadi penyebab pencemaran, bisa berasal dari pabrik atau industri, hasil dari sisa kegiatan atau aktivias pekerjaan misalnya seperti bekas galian bahan tambang, maupun dari rumah tangga,


  • Kurangnya Aktifitas Fisik

Meskipun selama pandemi kita di rumah saja, bukan berarti bermalas-malasan buat melakukan aktifitas fisik, seperti misalnya berolahraga minimal selama 30 menit dalam sehari. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat menjaga berat badan.


  • Paparan Asap Rokok

Perlu kalian ketahui, jika paparan asap rokok menjadi salah satu faktor risiko terbesar terjadinya penyakit kanker. Tidak hanya perokok aktif saja yang berisiko terkena kanker, namun juga bisa terkena pada mereka yang perokok pasif. 


Faktor penyebab penyakit kanker


  • Dari Makanan yang Dikonsumsi

Makanan yang kontak dengan zat-zat Kimia seperti Penyedap, Perasa, Pengawet dan Pewarna tentunya harus diwaspadai. Selain itu, ada baiknya juga batasi konsumsi makanan olahan yang cenderung tinggi kalori, gula tambahan dan lemak tak sehat, sebab dapat meningkatkan risiko kanker dan masih banyak faktor risiko lainnya.


Pencegahan Penyakit Kanker

Salah satu pencegahan utama adalah dengan menghindari faktor risiko penyebab kanker, serta melakukan deteksi dini penyakit kanker. Selain itu, kita juga harus waspada terhadap beberapa gejala berikut, diantaranya:

  • Waktu buang air besar ataupun kecil yang mengalami perubahan kebiasaan atau semacam gangguan
  • Alat pencernaan terganggu bahkan sulit menelan.
  • Suara serak atau batuk yang tak kunjung sembuh
  • Payudara ataupun di tempat lain ada semacam benjolan
  • Andeng-andeng (Tahi Lalat) yang makin berubah sifatnya menjadi gatal dan besar.
  • Darah ataupun lendir abnormal yang keluar dari tubuh.
  • Adanya koreng ataupun borok yang tidal kunjung sembauh.


Dari proses kegiatan pencegahan terhadap penyakit kanker, berikut merupakan kunci yang harus kalian ketahui dan catat bersama, diantaranya:

  • Bersama menggerakkan serta memberdayakan masyarakat untuk bisa menjalani hidup sehat, sehingga dapat terhindar dari faktor risiko penyakit kanker.
  • Ikut mendorong pelaksanaan pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat mengurangi kemungkinan-kemungkinan terkena paparan faktor risiko penyakit kanker terhadap masyarakat.
  • Bersama-sama melakukan kegiatan senam, sepeda santai, serta melakukan aktivitas fisik lainnya.
  • Ikut mendorong tercapainya Standar Pelayanan Minimal dalam bidang kesehatan, baik kabupaten ataupun kota yang berkaitan dengan deteksi dini kanker
  • Ikut mengkampanyekan melalui media elektronik maupun media cetak mengenai pesan-pesan pencegahan serta pengendalian kanker sesuai tema dan pesan utamanya.


Nah, itulah beberapa informasi yang perlu kalian ketahui. Ingat, setiap penyakit tentu ada obatnya dan cara mencegah dari penyakit tersebut. 


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature