Inilah Fakta Mengenai Vitamin B3

Tuesday, December 1, 2020
Manfaat vitamin B3 untuk kulit


Sebagai seorang perempuan yang selalu menjaga penampilan, tentunya kita akan membutuhkan skincare buat perawatan kulit, terutama area wajah. Tak ayal, saat jalan-jalan bersama teman-teman ke Mall, pasti toko pertama yang menjadi sasaran adalah toko kosmetik. Beragam produk kecantikan terpampang dengan keunggulannya masing-masing, ada yang dapat memutihkan, mencerahkan, menghilangkan kerutan dan masih banyaklainnya. Tapi, tidak banyak perempuan yang tahu kandungan bahan apa yang terdapat pada produk kecantikan tersebut, asal banyak teman yang pakai maka ikut-ikutan. Pernah seperti itu? Nah, ada baiknya ladies perhatikan salah satu bahan yang bagus buat kulit, yakni yang mengandung Vitamin B3 dan ladies mesti tahu juga manfaat vitamin B3 untuk kulit itu apa aja. Supaya makin paham, kalian mesti tahu juga fakta mengenai vitamin B3.


Setelah kita kenal dan tahu mengenai fakta dari Vitamin B3, tentunya kita bisa lebih aware dalam penggunaannya, apakah dibutuhkan dalam dosis yang banyak untuk tubuh kita, atau sebaliknya. Sebab, ada beragam anggapan yang sering beredar mengenai vitamin, ada yang bilang lebih baik kelebihan vitamin daripada kekurangan vitamin, padahal kelebihan bahkan kekurangan vitamin sama-sama bahayanya bagi tubuh. Maka ada baiknya konsumsi vitamin sesuai kebutuhan harian.


Fakta Tentang Vitamin B3

Vitamin B3 atau niacin merupakan nutrisi yang sangat penting bagi sistem pencernaan, sistem saraf dan juga kulit. Bersifat larut air sehingga tidak bisa disimpan di dalam tubuh. Menurut wikipedia, niacin ini merupakan salah satu senyawa organik yang berfunsi untuk mencegah penyakir pelagra yang ditemukan pada tahun 1937.


  • Dapat Meningkatkan Kolagen

Secara ilmiah, Vitamin B3 ini telah terbukti dapat meningkatkan produk kolagen, dimana Kolagen ini adalah jenis protein yang terbuat dari asam amino, dan kolagen merupakan zat penting yang menjadi salah satu zat pembangun utama  dalam tulang rawan, jaringan ikat, darah, tendon, kulit serta tulang pada tubuh kita. Kolagen ada dua, yakni alami dan sintetis. Kolagen alami yang ada di dalam tubuh sedangkan kolagen sintetis yang bisa diperoleh untuk keperluan kecantikan maupun medis. Untuk kulit, Kolagen bermanfaat mampu membuat wajah terlihat lebih bercahaya dan juga sehat dan dapat mencegah keriput, namun meskipun begitu tetap berdasarkan anjuran dokter dalam penggunaannya.


Vitamin B3 membuat kulit sehat


  • Dapat Menjaga Kadar Gula Darah Stabil

Memiliki kadar gula darah normal pada tubuh tentunya sangat penting, sebab dapat menunjang kinerja tubuh dan  membuat kita tetap sehat. Kadar gula darah normal tidak berpatokan pada satu angka baku, sebab kadar ini bisa saja berubah seperti saat sebelum dan sesudah kita makan ataupun saat waktunya tidur. Perlu diketahui, kadar gula darah sangat erat kaitannya dengan penyakit diabetes dan menurut data Kemenkes  tahun 2014 penyakit diabetes menjadi penyebab kematian nomor 3 di Indonesia.


  • Dapat Mengendalikan Kolesterol

Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh, namun apabila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi maka kolesterol tersebut akan menumpuk di pembuluh darah sehingga dapat mengganggu aliran darah. Kolesterol yang tinggi tidak menimbulkan gejala, sehingga akibatnya banyak orang yang tidak sadar jika tubuhnya memiliki kadar kolesterol tinggi. Sudah sejak tahun 1950an niasin digunakan untuk mengendalikan kolesterol, bahkan vitamin ini dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 5-20 persen. Tapi, meskipun begitu, dikarenakan pertimbangan efek sampingnya niasin kemudian tidak dianjurkan menjadi pengobatan utama dalam menurunkan kolesterol. Niasin akan diberikan bila pasien tidak bisa mengonsumsi obat kolesterol statin. Niasin tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, namun juga dapat membantu menaikkan kadar kolesterol baik.


Vitamin B3 bagus untuk kulit dan kecantikan


Nah, itulah beberapa fakta mengenai Vitamin B3 yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

8 comments on "Inilah Fakta Mengenai Vitamin B3"
  1. berarti kita harus makan makanan yang mengandung b13 untuk bisa mengatur kadar gula agar tidak rendah ataupun tinggi, dan juga mencegah kolesterol

    ReplyDelete
  2. Banyak juga manfaat dari B3 ini tanpa kita sadari ya kak..harus rutin juga dikonsumsi nich buar sehat terus...

    ReplyDelete
  3. Baru tahu begitu banyak manfaat Vitamin B3 untuk tubuh kita. Diantaranya terkait sistem pencernaan, sistem saraf dan kesehatan kulit. Lengkap sekali ulasan ini membuat saya bisa lebih peduli dalam penggunaannya

    ReplyDelete
  4. Wah, banyak ya manfaatnya. Harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin b3 nih. Biar kulit cantik dan sehat.

    ReplyDelete
  5. Kalo ciwi ciwi sadar pentingnya kolagen dan hubungan antara kolagen dengan vitamin B3 pasti rajin deh konsumsi vitamin B3.

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak fakta tentang vaksin B3 ini. Biasanya yang saya tahu cuma untuk memuluskan kulit saja

    ReplyDelete
  7. Wah baru ngerti nih mbak sepenting itu vitamin B3. Ternyata bisa mengendalikan kolestrol dan gula darah ya. Tapi penasaran nih, vitamin B3 ada di makanan apa aja ya?

    ReplyDelete
  8. Ternyata Niasin banyak ya manfaatnya, tapi benar kalau kekurangan gak baik kelebihan juga sama gak baiknya ya.. Mungkin saya harus cari sumber makanan alami agar tidak overdosis ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature