Bantu Dengan Donasi Bencana Gunung Ili Lewotolok Melalui Wahana Visi Indonesia

Tuesday, December 15, 2020
Erupsi Gunung Ili Lewotolok


Erupsi Gunung Ili Lewotolok yang terjadi pada 29 November 2020 baru-baru ini tentunya menyita perhatian kita, bahkan dari sumber BNPB jika terjadinya erupsi tersebut telah menyebabkan sebanyak 4.628 orang harus di evakuasi di tujuh titik pengungsian. Dalam kejadian tersebut tidak hanya dibutuhkan bantuan berupa perlengkapan kebersihan saja, akan tetapi juga memerlukan bantuan masker, makanan hingga pendampingan psikososial. Dan, dalam hal ini membutuhkan uluran tangan kita bersama.


Erupsi di Kabupaten Lembata - Nusa Tenggara Timur, yang terjadi di masa pandemi Covid-19 tentu saja menjadi tantangan tersendiri, sebab Kabupaten Lembata memiliki 27 kasus Covid dan juga termasuk dalam zona merah sebagaimana berdasarkan data dari Komite Mitigasi dan Pemulihan Ekonomi Nasional NTT per tanggal 30 November 2020. Hal inilah yang kemudian mendorong Wahana Visi Indonesia (WVI) bergerak untuk segera mendistribusikan masker dan juga perlengkapan cuci tangan dengan sabun (CTPS). Dan, sebagai respon atas situasi ini, WVI akan bekerja sama dengan mitra lokal termasuk pemerintahan setempat supaya dapat menanganinya bersama-sama serta memastikan protokol kesehatan tetap dilakukan mengingat kasus covid di sana saat ini.


Sekilas Tentang Wahana Visi Indonesia

Nah, buat teman-teman yang belum kenal dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) kalian akan tahu setelah baca ulasan Saya berikut. Jadi, Wahana Visi Indonesia (WVI) ini merupakan Yayasan Kemanusiaan Kristen dengan pendekatan tanggap darurat, pengembangan masyarakat serta advokasi, bekerja untuk membawa perubahan yang berkesinambungan yang tidak hanya pada kehidupan anak akan tetapi juga pada keluarga, dan juga masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. Wahana Visi Indonesia juga mendedikasikan diri untuk bekerja sama dengan masyarakat yang paling rentan tanpa membedakan agama, ras, etnis, serta gender. 


Sudah sejak tahun 1998 lalu Yayasan Wahana Visi Indonesia ini telah menjalankan program pengembangan masyarakat yang berfokus pada anak, sehingga sudah ratusan ribu anak di Indonesia yang telah merasakan manfaat dari program pendampingan Wahana Visi Indonesia. Dan, pada tahun 2019-2020, Wahana Visi Indonesia telah melayani sebanyak 52 wilayah layanan di Indonesia di 14 provinsi di seluruh Indonesia. Pengalaman yang telah lebih dari 20 tahun memberdayakan masyarakat ini pulalah kemudian Wahana Visi Indonesia menjadi mitra terpercaya World Vision Internasional, memiliki program multisektor yang terintegrasi bahkan menjadi peraih Millenium Development Goals (MDGs Award).


Wahana Visi Indonesia telah memiliki 11 area pelayanan di NTT serta 4 project GRANT. Salah satu projectnya yakni Moringa, yang beroperasi di wilayah Lembata. Sedangkan area pelayanan terdekat berada di Kabupaten Sikka yang berjarak 242 km dari Kabupaten Lembata. Namun, pada tahun 2016, Wahana Visi Indonesia telah mengakhiri program di Flores Timur yang terletak dekat dengan Kabupaten Lembata.


Saatnya Bantu Saudara Kita Dengan Berdonasi


Nominal donasi erupsi gunung Ili Lewotolok


Perlu kita ketahui bersama, jika pada tanggal 5 Desember 2020 baru-baru ini sebagaimana berdasarkan catatan pos pengamatan Gunung Ili Lewotolok jika erupsi kembali terjadi hingga tiga kali, dimana erupsi pertama terjadi sekitar pukul 02.29 Wita dengan tinggi kolom abu mencapai ± 1.923 di atas permukaan laut, yang disertai dengan lava pijar serta gemuruh, erupsi kedua terjadi saat pukul 05.49 Wita dengan letusan yang menimbulkan kolom abu kelabu yang mencapai intensitas tebal dengan amplitudo mencapai 12 milimeter, sedangkan erupsi ketiga terjadi pada pukul 06.49 Wita dengan ketinggian abu mencapai 2.423 meter di atas permukaan laut.


Dengan terjadinya beberapa kali erupsi ini diharapkan warga tidak beraktivitas dulu dalam zona perkiraan bahaya pada area kawah Gunung Ili Lewotolok hingga area dalam radius empat kilometer. Nah, buat teman-teman yang mau ikut berdonasi pada mereka yang terdampak erupsi caranya mudah, yakni:

  • Masuk ke web https://wahanavisi.org/id/kampanye/erupsi-gunung-lewotolok-ntt
  • Scrool hingga ke bawah maka kalian akan menemukan tulisan 'Donasi Sekarang'.
  • Setelah diklik, kalian akan dibawa pada halaman nominal donasi yang ingin disalurkan.
  • Klik donasi sekarang.

Donasi buat erupsi gunung Ili Lewotolok

Nah, itulah info yang bisa Saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Mari berdonasi, meski nominalnya belum banyak, tapi bagi mereka akan sangat bermanfaat.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature