Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, review serta tips menulis FTV berdasarkan pengalaman penulis.

Manfaat dan Waktu yang Tepat Untuk Mencuci Tangan

Wednesday, December 9, 2020
Ada 5 momen cuci tangan


Mencuci tangan merupakan tindakan membersihkan tangan dan jari, namun mencuci hanya menggunakan air tanpa sabun tentunya belumlah cukup. Mencuci tangan menggunakan sabun merupakan sebuah tindakan yang dilakukan agar tangan menjadi bersih dan supaya dapat memutus mata rantai penyebaran kuman penyakit. Bahkan, dari kegiatan mencuci tangan ini juga dapat mengajarkan pada anak-anak untuk dapat melakukan tindakan kebersihan pada diri sendiri, sehingga dapat menciptakan 5 momen cuci tangan yang menyenangkan bagi mereka.


Perlu kalian ketahui, jika kuman penyakit sangat mudah ditularkan melalui tangan saat melakukan beragam kegiatan, entah ketika memegang sebuah benda seperti bola, ataupun tanaman dan lainnya, lalu ketika akan memasukkan makanan ke mulut tanpa mencuci tangan menggunakan sabun tentunya kuman bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit, meskipun benda yang kita pegang tadi tidak kotor dan berdebu, dan tangan terlihat bersih, namun yang namanya kuman tidaklah tampak. Maka ada baiknya sebelum makan hendaklah mencuci tangan menggunakan sabun dan bilas menggunakan air mengalir hingga bersih, agar kuman tidak ada yang tertinggal di tangan.


Manfaat mencuci tangan pakai sabun


Manfaat Mencuci Tangan

Ada beberapa manfaat mencuci tangan yang perlu kalian ketahui, diantaranya:

  • Dapat menghindari penyebaran bakteri melalui permukaan benda seperti meja, mainan, gagang pintu dan benda-benda lainnya.
  • Dapat mencegah masuknya kuman penyakit melalui sentuhan, seperti misalnya saat menyentuh mata, hidung dan mulut.
  • Dapat mengurangi kotoran serta kuman yang dapat mencemari makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.
  • Dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Dapat meminimalisir adanya kemungkinan penularan diare serta infeksi saluran pernapasan hingga mata.


Nah, setelah kita tahu apa saja manfaat mencuci tangan menggunakan sabun, maka kita juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan, sehingga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 


Baca juga: Cara Benar Mencuci Tangan


Waktu yang Tepat Untuk Mencuci Tangan

Mencuci tangan bukan ketika akan makan saja, namun ada beberapa waktu lainnya yang tepat untuk mencuci tangan, diantaranya:

  • Sebelum Memasak Bahan Makanan.

Ketika akan memasak, maka ada baiknya mencuci tangan, agar kuman yang menyangkut pada tangan setelah melakukan kegiatan tidak terbawa pada bahan makanan yang akan diolah, apalagi bahan makanan tersebut tinggal cemplung seperti misalnya irisan kacang yang telah dibersihkan sebelumnya. 

  • Sebelum dan Sesudah Makan.

5 momen cuci tangan pakai sabun


Saat sebelum makan sangat penting untuk mencuci tangan, supaya kuman yang menempel pada tangan tidak ikut masuk ke dalam tubuh melalui proses memasukkan makanan ke dalam mulut. Apalagi setelah makan, juga perlu mencuci tangan, supaya tangan tidak kotor dengan sisa makanan yang masih menempel pada tangan, kecuali jika kamu makannya menggunakan sendok. 

  • Setelah Beraktivitas di Luar Rumah.

Kita tidak pernah tahu, apa saja yang telah kita sentuh saat berada di luar rumah, apalagi ketika bepergian jauh, misalnya ketika berada di tempat umum seperti pasar, mall, toilet umum bahkan tempat ibadah. Maka, saat pulang ke rumah ada baiknya langsung membersihkan diri dan mencuci tangan menggunakan sabun serta bilas dengan bersih.

  • Sesudah Memegang Hewan.

Baik hewan peliharaan atau ketika berkunjung ke kebun binatang, ada baiknya cuci tangan setelah memegang hewan tersebut. Sebab, kuman pada hewan tadi tentunya ikut menempel pada tangan kita.

  • Setelah Batuk dan Bersin.

Kuman juga dapat timbul ketika kita batuk maupun bersin, maka setelah batuk dan bersin ada baiknya mencuci tangan dengan bersih. Selain itu, tutup wajah menggunakan telapak tangan dengan jarak kira-kira 3cm ketika akan batuk dan bersin agar kuman tidak menyebar, sebab kuman dapat menyebar melalui udara dari percikan bersin yang tidak ditutup menggunakan telapak tangan. 

  • Setelah Menggunakan Toilet.

Toilet, apalagi toilet umum menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit, maka setelah menggunakan toilet ada baiknya cuci tangan menggunakan sabun dan bilas hingga bersih.

  • Setelah Membuang Sampah dan kegiatan lainnya.


Nah, itulah beberapa manfaat dan waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Semoga bermanfaat

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature