Lima Prinsip Cerdas Berinvestasi di Zaman Now

Monday, June 25, 2018

"Investasi? Nanti aja deh, masih muda, kepengen menikmati hasilnya dulu!"

Adakah diantara teman-teman ataupun pasutri (read: pasangan suami-istri) yang berpikiran seperti itu? Diantara sebagian orang tentunya memiliki anggapan yang berbeda-beda mengenai investasi, penting, belum penting dan belum begitu penting. Apalagi kalau masih muda, yang konon katanya Bang Haji Roma Irama "Masa yang berapi-api" muda dalam artian Bang Haji Roma, anak Remaja keless😂. 

Tapi, disini saya akan membahas mengenai mudanya dalam lingkup keluarga. Sering dengar kan istilah pasangan muda? (pasangan muda maksudnya pasangan suami-istri yang baru setahun dua tahun berumah tangga, bukan pasangan muda anak remaja 😁).

"Lalu, apa hubungannya dengan investasi?" Ya jelas ada! Wait! Next For Your Information! 

Sekilas Tentang Investasi

Investasi menurut KBBI merupakan suatu istilah yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi, yang mana berkaitan dengan akumulasi dalam bentuk aktiva dengan harapan mendapat keuntungan pada masa depan. Investasi bisa dikatakan kita membeli sesuatu yang diharapkan pada masa yang akan datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari semula.
Bentuk investasi itu sendiri beragam, diantaranya: investasi tanah, investasi pendidikan, investasi saham, investasi mata uang asing, hingga investasi dalam bentuk tabungan. Perlu diketahui, bahwa pentingnya melakukan investasi ialah untuk persiapan masa depan sedini mungkin, tentunya dengan melalui persiapan perencanaan kebutuhan yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan saat ini. Tidak hanya itu saja, investasi juga perlu dilakukan karena disebabkan adanya inflasi, seperti misalnya kenaikan harga barang dan jasa.



Empat alasan mengapa perlunya kita melakukan investasi sedini mungkin, diantaranya:

  • Untuk kebutuhan masa depan, seperti misalnya untuk biaya pendidikan anak.
  • Untuk melindungi nilai aset yang dimiliki.
  • Untuk menambah nilai aset yang dimiliki, dan
  • Untuk mengatasi inflasi, seperti misalnya membeli emas. 

Mengapa saya letakkan kebutuhan masa depan untuk pendidikan pada list pertama? Sebab, disadari ataupun tidak, biaya pendidikan semakin merangkak tahun akan semakin mahal. Sebagaimana yang saya alami sendiri, dimana saya dan adik perempuan saya selisih umur 1 tahun, kami sama-sama disekolahkan di sekolah yang sama, hanya beda kelas. Saya di kelas XI sedangkan adik saya di kelas X. Biaya pendidikan saya pada saat itu (kelas XI) tentunya berbeda ketika ketika adik saya naik ke kelas XI.
Lalu, pentingnya pendidikan? Dengan pendidikan seseorang dapat melindungi dan menambah nilai aset bahkan mengatasi inflasi, kesejahteraan hidup akan tertata, dengan pendidikan dapat meningkatkan derajat, sebagaimana kalimat yang saya kutip dari apa yang pernah saya baca bahwa "Tuhan akan meninggikan derajat orang yang berilmu".

"Tapi, saya bingung mau memulai investasi darimana?" mulailah investasi dari niat. 

"Tapi, investasi pasti ribet dan melelahkan!"

Tunggu dulu! Tidak semua proses investasi bikin ribet, apalagi kalau berinvestasi ke aplikasi D-Bank by Bank Danamon. Next For Your Information! Complete!



Cerdas Berinvestasi Masa kini

Alhamdulillah, beberapa minggu yang lalu saya bersama anggota Komunitas Kumpulan Emak-emak Blogger menghadiri sebuah acara yang mengedukasi, yang bertema "Langkah Cerdas Berinvestasi Untuk Wujudkan Impian" yang bertempat di Libericca Coffee Summarecon Mall Bekasi.


Langkah Cerdas? Cerdas seperti apa? Mungkin diantara teman-teman ada yang memiliki pertanyaan seperti itu. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Pak Budi Raharjo, selaku selaku direktur dan Senior partner Oneshildt Financial Planning:
"Kita perlu smart dalam mengelola keuangan agar tidak terjebak dengan utang-piutang 5-10 tahun kedepan!" 
Pentingnya berinvestasi ini juga dijelaskan beliau ke dalam lima prinsip dasar pengelolaan, diantaranya:

  • TATA, yakni tata keluar-masuknya pendapatan dengan cara membuat catatan khusus.
  • TITI, yakni teliti serta hati-hati saat hendak mengeluarkan uang. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan, meskipun saat itu ada diskon besar-besaran.
  • TUTU, yakni tuntaskan masalah keuangan. Setiap orang (apalagi yang sudah berumahtangga) pasti memiliki masalah keuangan, entah itu dana pendidikan yang kurang, dana sehari-hari yang makin menipis. Sehingga, disinilah kita dituntut untuk menyelesaikan masalah tersebut, tentunya dengan solusi yang berbeda-beda.
  • TETEk, yakni tetapkan tekad untuk berinvestasi demi masa depan yang lebih baik. Dengan cara kelola keuangan dengan sebijak mungkin.
  • TenTrem, yakni tentram untuk hari tua. Dimana dengan berinvestasi hidup akan sejahtera meskipun telah tua.

"Mulai dari usia 26 tahun, sudah seharusnya kita membuat tabungan, mulai dari untuk dana pernikahan, dana untuk pendidikan anak, dana untuk membeli rumah, kendaraan, perjalanan haji hingga dana untuk di hari tua" terang Pak Budi Raharjo.
Tuh kan, Pak Budi Raharjo aja menetapkan usia 26 tahun menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi, masa kamu harus menunggu tua dulu baru mau berinvestasi! 
Next! Pada kesempatannya, Pak Eko Fitri selaku Affluent Product Manager Bank Danamon Indonesia menyampaikan bahwa:
"Bank Danamon mencoba upgrade pelayanan melalui digital dengan maksud mengikuti lifestyle generasi millenial."
Bank Danamon melakukan pelayanan melalui digital? Yes. Tahu kan jika generasi milenial itu kebanyakan butuh yang mudah, praktis, cepat, tanpa ribet? Termasuk saya 😂. Karena, saya tuh kurang sreg dengan sesuatu yang bikin pusing pala barbie ribet. Dan, tidak hanya itu saja, generasi milenial juga butuh sesuatu yang bikin aman juga nyaman. Apalagi saya punya banyak impian untuk masa depan, seperti: ingin melanjutkan kuliah, membeli properti, memberangkatkan orangtua dan mertua pergi umrah/ haji, dan masih banyak impian-impian yang kalau saya sebut semua mungkin habis satu halaman buku 😂. 



Nah, untuk mewujudkan impian seluruh masyarakat termasuk saya, sehingga Bank Danamon hadir memberikan solusi terbaik melalui fitur terbaru dari aplikasi D-Bank Danamon, yakni Tabungan D-Save.




Tentang Tabungan D-Save

Tabungan D-Save merupakan produk tabungan baru yang dikhususkan untuk nasabah individu dalam nilai mata uang Rupiah. Selain itu, juga dapat membantu setiap nasabah dalam mengatur keuangan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk mengatur pengeluaran hingga untuk kebutuhan perencanaan dalam jangka panjang. Tabungan D-Save ini terdiri dari dua rekening, yang mana masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda-beda, diantaranya:

  • 1. Rekening Tabungan Utama D-Save.
Selain berfungsi sebagai rekening tabungan utama dari Tabungan D-Save, juga berfungsi sebagai rekening untuk bertransaksi.
  • 2. Rekening Tabungan D-Save PLUS.
Selain berfungsi sebagai rekening tambahan untuk rencana atau berbagai tujuan finansial, juga berfungsi hanya sebagai rekening simpanan, tidak dapat digunakan untuk bertransaksi. Dana yang ada pada rekening hanya dapat digunakan apabila rekening ditutup.



Beberapa Keuntungan Membuka Tabungan D-Save

Ngomong-ngomong soal untung, tentu saja semua orang suka dengan produk yang dapat memberikan keuntungan. Dan, berikut adalah beberapa keuntungan yang ditawarkan apabila membuka tabungan D-Save, diantaranya:

  • Membuka rekening dengan syarat yang sangat mudah.
  • Tanpa biaya administrasi bulanan.
  • Tarik tunai, cek saldo hingga hingga transfer secara online antar Bank melalui ATM jaringan prima/ ATM bersama/ Alto, dengan masing-masing 10 kali dalam sebulan tanpa biaya apapun.
  • Memiliki jenjang bunga yang lebih tinggi yang disesuaikan dengan saldo penembatan nasabah.
  • Proses pembukaan rekening yang mudah dan praktis, baik Tabungan D-Save maupun D-Save PLUS tanpa harus datang ke cabang, sebab dapat dilakukan hanya melalui aplikasi mobile banking Danamon yakni D-Bank.
  • Memiliki fitur transaksi ter-update melalui internet banking Danamon (Danamon Online Bangking dan Aplikasi D-Bank).

Cara mendaftar pun mudah, hanya dengan mendownload aplikasi D-Bank di andriod lalu isi data sesuai KTP elektronik, dan tunggu mendapat video call dari operatornya untuk konfirmasi keanggotaan, dan akun tabungan by Danamon siap digunakan. Selain pelayanan yang ramah, nasabah baru juga mendapat saldo Gopay sebesar Rp. 100.000 jika melakukan transaksi awal D-Bank dengan nominal Rp. 100.000.

Bagaimana? Praktis bukan? Iya dong. Sudah saatnyadbank, saatnya pegang kendali. Bank Danamon, pemberi solusi menabung masa kini!

Masih penasaran dengan aplikasi canggih pemberi solusi ini? Berikut kontaknya:
Website: https://www.danamon.co.id
Instagram: @mydanamon
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature