Lima Prinsip Cerdas Berinvestasi di Zaman Now

Monday, June 25, 2018

"Investasi? Nanti aja deh, masih muda, kepengen menikmati hasilnya dulu!"

Adakah diantara teman-teman ataupun pasutri (read: pasangan suami-istri) yang berpikiran seperti itu? Diantara sebagian orang tentunya memiliki anggapan yang berbeda-beda mengenai investasi, penting, belum penting dan belum begitu penting. Apalagi kalau masih muda, yang konon katanya Bang Haji Roma Irama "Masa yang berapi-api" muda dalam artian Bang Haji Roma, anak Remaja keless😂. 

Tapi, disini saya akan membahas mengenai mudanya dalam lingkup keluarga. Sering dengar kan istilah pasangan muda? (pasangan muda maksudnya pasangan suami-istri yang baru setahun dua tahun berumah tangga, bukan pasangan muda anak remaja 😁).

"Lalu, apa hubungannya dengan investasi?" Ya jelas ada! Wait! Next For Your Information! 

Sekilas Tentang Investasi

Investasi menurut KBBI merupakan suatu istilah yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi, yang mana berkaitan dengan akumulasi dalam bentuk aktiva dengan harapan mendapat keuntungan pada masa depan. Investasi bisa dikatakan kita membeli sesuatu yang diharapkan pada masa yang akan datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari semula.
Bentuk investasi itu sendiri beragam, diantaranya: investasi tanah, investasi pendidikan, investasi saham, investasi mata uang asing, hingga investasi dalam bentuk tabungan. Perlu diketahui, bahwa pentingnya melakukan investasi ialah untuk persiapan masa depan sedini mungkin, tentunya dengan melalui persiapan perencanaan kebutuhan yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan saat ini. Tidak hanya itu saja, investasi juga perlu dilakukan karena disebabkan adanya inflasi, seperti misalnya kenaikan harga barang dan jasa.



Empat alasan mengapa perlunya kita melakukan investasi sedini mungkin, diantaranya:

  • Untuk kebutuhan masa depan, seperti misalnya untuk biaya pendidikan anak.
  • Untuk melindungi nilai aset yang dimiliki.
  • Untuk menambah nilai aset yang dimiliki, dan
  • Untuk mengatasi inflasi, seperti misalnya membeli emas. 

Mengapa saya letakkan kebutuhan masa depan untuk pendidikan pada list pertama? Sebab, disadari ataupun tidak, biaya pendidikan semakin merangkak tahun akan semakin mahal. Sebagaimana yang saya alami sendiri, dimana saya dan adik perempuan saya selisih umur 1 tahun, kami sama-sama disekolahkan di sekolah yang sama, hanya beda kelas. Saya di kelas XI sedangkan adik saya di kelas X. Biaya pendidikan saya pada saat itu (kelas XI) tentunya berbeda ketika ketika adik saya naik ke kelas XI.
Lalu, pentingnya pendidikan? Dengan pendidikan seseorang dapat melindungi dan menambah nilai aset bahkan mengatasi inflasi, kesejahteraan hidup akan tertata, dengan pendidikan dapat meningkatkan derajat, sebagaimana kalimat yang saya kutip dari apa yang pernah saya baca bahwa "Tuhan akan meninggikan derajat orang yang berilmu".

"Tapi, saya bingung mau memulai investasi darimana?" mulailah investasi dari niat. 

"Tapi, investasi pasti ribet dan melelahkan!"

Tunggu dulu! Tidak semua proses investasi bikin ribet, apalagi kalau berinvestasi ke aplikasi D-Bank by Bank Danamon. Next For Your Information! Complete!



Cerdas Berinvestasi Masa kini

Alhamdulillah, beberapa minggu yang lalu saya bersama anggota Komunitas Kumpulan Emak-emak Blogger menghadiri sebuah acara yang mengedukasi, yang bertema "Langkah Cerdas Berinvestasi Untuk Wujudkan Impian" yang bertempat di Libericca Coffee Summarecon Mall Bekasi.


Langkah Cerdas? Cerdas seperti apa? Mungkin diantara teman-teman ada yang memiliki pertanyaan seperti itu. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Pak Budi Raharjo, selaku selaku direktur dan Senior partner Oneshildt Financial Planning:
"Kita perlu smart dalam mengelola keuangan agar tidak terjebak dengan utang-piutang 5-10 tahun kedepan!" 
Pentingnya berinvestasi ini juga dijelaskan beliau ke dalam lima prinsip dasar pengelolaan, diantaranya:

  • TATA, yakni tata keluar-masuknya pendapatan dengan cara membuat catatan khusus.
  • TITI, yakni teliti serta hati-hati saat hendak mengeluarkan uang. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan, meskipun saat itu ada diskon besar-besaran.
  • TUTU, yakni tuntaskan masalah keuangan. Setiap orang (apalagi yang sudah berumahtangga) pasti memiliki masalah keuangan, entah itu dana pendidikan yang kurang, dana sehari-hari yang makin menipis. Sehingga, disinilah kita dituntut untuk menyelesaikan masalah tersebut, tentunya dengan solusi yang berbeda-beda.
  • TETEk, yakni tetapkan tekad untuk berinvestasi demi masa depan yang lebih baik. Dengan cara kelola keuangan dengan sebijak mungkin.
  • TenTrem, yakni tentram untuk hari tua. Dimana dengan berinvestasi hidup akan sejahtera meskipun telah tua.

"Mulai dari usia 26 tahun, sudah seharusnya kita membuat tabungan, mulai dari untuk dana pernikahan, dana untuk pendidikan anak, dana untuk membeli rumah, kendaraan, perjalanan haji hingga dana untuk di hari tua" terang Pak Budi Raharjo.
Tuh kan, Pak Budi Raharjo aja menetapkan usia 26 tahun menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi, masa kamu harus menunggu tua dulu baru mau berinvestasi! 
Next! Pada kesempatannya, Pak Eko Fitri selaku Affluent Product Manager Bank Danamon Indonesia menyampaikan bahwa:
"Bank Danamon mencoba upgrade pelayanan melalui digital dengan maksud mengikuti lifestyle generasi millenial."
Bank Danamon melakukan pelayanan melalui digital? Yes. Tahu kan jika generasi milenial itu kebanyakan butuh yang mudah, praktis, cepat, tanpa ribet? Termasuk saya 😂. Karena, saya tuh kurang sreg dengan sesuatu yang bikin pusing pala barbie ribet. Dan, tidak hanya itu saja, generasi milenial juga butuh sesuatu yang bikin aman juga nyaman. Apalagi saya punya banyak impian untuk masa depan, seperti: ingin melanjutkan kuliah, membeli properti, memberangkatkan orangtua dan mertua pergi umrah/ haji, dan masih banyak impian-impian yang kalau saya sebut semua mungkin habis satu halaman buku 😂. 



Nah, untuk mewujudkan impian seluruh masyarakat termasuk saya, sehingga Bank Danamon hadir memberikan solusi terbaik melalui fitur terbaru dari aplikasi D-Bank Danamon, yakni Tabungan D-Save.




Tentang Tabungan D-Save

Tabungan D-Save merupakan produk tabungan baru yang dikhususkan untuk nasabah individu dalam nilai mata uang Rupiah. Selain itu, juga dapat membantu setiap nasabah dalam mengatur keuangan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk mengatur pengeluaran hingga untuk kebutuhan perencanaan dalam jangka panjang. Tabungan D-Save ini terdiri dari dua rekening, yang mana masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda-beda, diantaranya:

  • 1. Rekening Tabungan Utama D-Save.
Selain berfungsi sebagai rekening tabungan utama dari Tabungan D-Save, juga berfungsi sebagai rekening untuk bertransaksi.
  • 2. Rekening Tabungan D-Save PLUS.
Selain berfungsi sebagai rekening tambahan untuk rencana atau berbagai tujuan finansial, juga berfungsi hanya sebagai rekening simpanan, tidak dapat digunakan untuk bertransaksi. Dana yang ada pada rekening hanya dapat digunakan apabila rekening ditutup.



Beberapa Keuntungan Membuka Tabungan D-Save

Ngomong-ngomong soal untung, tentu saja semua orang suka dengan produk yang dapat memberikan keuntungan. Dan, berikut adalah beberapa keuntungan yang ditawarkan apabila membuka tabungan D-Save, diantaranya:

  • Membuka rekening dengan syarat yang sangat mudah.
  • Tanpa biaya administrasi bulanan.
  • Tarik tunai, cek saldo hingga hingga transfer secara online antar Bank melalui ATM jaringan prima/ ATM bersama/ Alto, dengan masing-masing 10 kali dalam sebulan tanpa biaya apapun.
  • Memiliki jenjang bunga yang lebih tinggi yang disesuaikan dengan saldo penembatan nasabah.
  • Proses pembukaan rekening yang mudah dan praktis, baik Tabungan D-Save maupun D-Save PLUS tanpa harus datang ke cabang, sebab dapat dilakukan hanya melalui aplikasi mobile banking Danamon yakni D-Bank.
  • Memiliki fitur transaksi ter-update melalui internet banking Danamon (Danamon Online Bangking dan Aplikasi D-Bank).

Cara mendaftar pun mudah, hanya dengan mendownload aplikasi D-Bank di andriod lalu isi data sesuai KTP elektronik, dan tunggu mendapat video call dari operatornya untuk konfirmasi keanggotaan, dan akun tabungan by Danamon siap digunakan. Selain pelayanan yang ramah, nasabah baru juga mendapat saldo Gopay sebesar Rp. 100.000 jika melakukan transaksi awal D-Bank dengan nominal Rp. 100.000.

Bagaimana? Praktis bukan? Iya dong. Sudah saatnyadbank, saatnya pegang kendali. Bank Danamon, pemberi solusi menabung masa kini!

Masih penasaran dengan aplikasi canggih pemberi solusi ini? Berikut kontaknya:
Website: https://www.danamon.co.id
Instagram: @mydanamon
99 comments on "Lima Prinsip Cerdas Berinvestasi di Zaman Now"
  1. Salam Mbak Bro
    Padahal langkah kecil sih nabung dan investasi.
    Tapi dampaknya besar banget.
    CUma ngumpulin dikit-dikit dan tiba2 ga usah diambil pusing.
    Udah gede aja
    Mauliate
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting konsisten nabung untuk berinvestasinya

      Delete
  2. Era semua serba digital yang tadinya konvensional harus bergerak cepat untuk menyesuaikan ya seperti D save dari bank Danamon ini. Great!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang sudah serba digital mbak

      Delete
  3. Thanks Mba Eva, baca artikel ini jadi mengingatkanku lagi tentang pentingnya punya investasi, dan segera jangan ditunda tunggu tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jangan tunggu tua dulu baru mau berinvestasi. Nanti tua bisa tinggal memetik hasil

      Delete
  4. Wah keren ini. Kekinian banget, lewat smartphone saja bisa investasi. Daftar bisa melalui video call luar biasaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, makin dimudahkan di era serba digital ini.

      Delete
  5. Tercerahkan, mulai tahu mau investasi apa jadinya. thx mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak. Mulai tetapkan dari sekarang mau investasi apa aja

      Delete
  6. Ini nih Yang paling dicari cari kalau bebas biaya admin, soalnya dulu pernah pengalaman nabung tapi uangnya habis kepotong biaya admin,sungguh menyedihkan deh £¢€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sabar ya mbak, moga diberi penggantinya yg lbih baik, itu anggap aja blm rezeki.

      Delete
  7. Aku termasuk yang telat banget soal investasi. Saat aku mau nikah, baru sadar kalau aku nggak punya tabungan pribadi. Duuh, alhamdulillah dimudahkan dan dapat rejeki untuk nikah. Makanya sekarang getol investasi untuk masa depan. Dulu aku pengguna Danamon pas kuliah, tapi sekarang udah nggak lagi. Ternyata banyak fitur menariknya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak, investasi utk masa tua mulai dari muda. Agar masa tua tinggal memetik hasil

      Delete
  8. Gampang banget ya bikin rekening tabungan zaman sekarang. Nggak perlu ngantri lama di customer service lagi. Tinggal download dan nabung deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Nurul. Era digital semua sudah hampir serba digital.

      Delete
  9. Saya nih lemah banget di TiTi, apalagi kalau ada iming-iming diskon besar 😂. Saat ini kemajuan teknologi sudah menjamah semua bidang kehidupan ya, termasuk juga finansial teknologi, mau nabung atau cek tabungan dan bertransaksi qo bisa semudah itu ya. Keren euy produk D save dari Bank Danamon ini, keep up the good work Danamon. *thumbsup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada diskon besar2an tutup mata mbak 😂.

      Semakin mudah di era digital mbak

      Delete
  10. Di jaman yang serba digital, investasi jadi makin mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes Mas. Jangan lupa berinvestasi ya

      Delete
  11. Wahh baru tau ada D-Save plus ini dan kayaknya cocok nih buat saya yang gatel banget sama uang di atm jadi susah nabung soale gegara diambilin mulu hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. So pasti cocok mbak buat mbak Kurnia dan kita semua

      Delete
  12. nah iya nih, untuk berinvestasi emang gak perlu nunggu tua dulu.. apa lagi jaman serba canggih kayak gini ya.. gak perlu nunggu waktu lama buat buka rekening bank, inovasinya bagus juga ya danamon ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nunggu tua, kapan lagi menikmati hasil investasinya mbak 😁

      Harus semangat investasi

      Delete
  13. Jman now memang harus tepat mencari investasi yang sesuai ya mba. Asik nih mau mencoba yang dtawarkan Danamon biar semakin sejahtera di usia tua nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan coba mbak dan selamat menikmati semua benefitnya

      Delete
  14. Menabung dan investasi itu memang penting banget ya, apalagi zaman now zaman digital semua menjadi begitu mudah. Tinggal cari jenis investasi yang tepat. Jangan menunda, mulai dari sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dong mbak dimulai dari sekarang berinvestasinya. Ntar tua tinggal menikmati hasilnya

      Delete
  15. Keren deh. Nabung makin mudah aja nih via smartphone. Biar masa depan terjamin ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Apalagi era digital spt sekarang ini.

      Delete
  16. Waih lengkap ulasannya mbak..😍
    Memang betul investasi Memang harus dibentuk sejak usia muda selain itu perencanaan Dan perangkat yg mendukung juga memoengaruhi loh. Dan sebnarnya aplikasi danamon dbank ini sangat membantu sekali ya dalam mengelola keuangan rumahtangga. Yg lebih penting bebas admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kita sangat terbantu dengan adanya layanan canggih spt ini

      Delete
  17. Saya sendiri sampai sekarang belum tertarik investasi nih mbak. masih pakai tabungan dan deposito saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung selera masing2 mbak. Yang terpenting di hari tua terjamin

      Delete
  18. Kalo ada yg mulai investasi saat tua, itu mah telat dan percuma. Mending kalo pas tua dia masih sehat2 aja dan pendapatan msh ada, lah kalo sakit2ab, kerjaan udh ga ada, yg ada malah ngerepotin keluarga. Itu yg sangat aku hindari. Pengennya, kalo aku dan suami udh pensiun, kita ga mau ngerepotin anak. Kita hrs punya uang sendiri. Yg mana utk bisa begitu ya harus invest dr skr :). Syukurnya krn aku dan suami kerja di bank, kita gampang mau invest di reksadana, forex, obligasi atopun insurance. Dan utk staff kita dpt benefit free biaya apapun. Dan bisa konsul lgs ama team marketingnya. Intinya, hrs konsisten sih dan niat kuat utk investasi ini. Dan jangan pernah investasi dr hasil utang. Aku ga mau banget itu. Dari gaji aja disisihkan minimal banget 10% nya utk investasi, nth logam mulia, saham, reksadana dll. Biar hari tuanya ga nyusahin yg lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak, bner banget. Untuk itulah ada baiknya dimulai dari muda kalau mau investasi. Tapi ya balik ke masing2 individu sih

      Delete
  19. Saya juga penguna danamon mba, di hape ada aplikasi dbank jadi lebih mudah untuk bertransaksi apa saja via hape

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti udah banyak benefit yg didapat ya mbak. Senangnya

      Delete
  20. Investasi penting banget apalagi zaman sekarang, banyak hal yang tidak terduga, tapi mesti tahuilmunya juga, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat penting mbak, dan akan berefek di hari tua yakni kita tinggal memetik hasilnya

      Delete
  21. Keren banget Bank danamon nih... nasabah bisa berinvestasi secara digital. Memang sangat penting ya perencanaan masa depan apalagi untuk biaya pendidikan anak2 kita. Bisa video call juga. Fasilitasnya high tech.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, di era serba digital ini kita makin dipermudah

      Delete
  22. Zaman sekarang, investasi itu keharusan. Jangan sampai deh kalau sudah tua nanti ngga punya simpanan. Siapin uang untuk investasi lalu ketahui kelebihan dan kekurangan. Paling penting kita tahu tempat berinvestasi itu aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups mbak, sudah seharusnya, jangan sampai menyesal di hari tua kl nggak memulai untuk berinvestasi

      Delete
  23. Istilah prinsip keuangannya ngga biasa ya Mba, jadi sangat mudah diingat dan terbawa suasana juga.. semoga menjadi pengingat buat saya pribadi dan juga orang lain untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mudah diingat dan dipahami. Aamiin ya mbak kita semua makin bijak

      Delete
  24. Setuju,berinvestasi sedini mungkin jangan menunggu tua. Agar investasi sesuai dengan kebutuhan kelak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau udah tua khawatirnya keburu menyesal yang ada

      Delete
  25. Investasi menjadi salah satu solusi zaman sekarang.. Mungkin tidak akan terasa cepat dan langsung, tetapi akan kelihatab manfaatnya nanti ketika usia senja..

    :)
    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes Mas, itulah mengapa investasi sebaiknya sedini mungkin

      Delete
  26. sedari aku dan adik2ku masih sekolah udah dibiasain untuk menabung, kebiasaan ini kebawa sampe kami udah gede, makanya pas aku nikah ya pakai biaya sendiri + gak minta sama ortu :) setelah nabung, kudu naik level dikit dengan investasi barang, aku nabung logam mulia juga nyisihin uang beli tanah hehe cita2 di masa depan kepingin punya kontrakan 5 pintu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak. Semoga terwujud ya mbak. Kalau kita membeli sesuatu dari hasil jerih payah pasti rasanya akan berbeda ya mbak, apalagi untuk investasinya dgn membangun kontrakan 5 pintu, insyaa Allah di hari tua bisa tinggal menikmati hasilnya

      Delete
  27. jadi tercerahkan mengenai investasi nih mbak. selama ini cuma mikir tabungan aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kaau gitu, ayo segera berinvestasi dalam bentuk barang yang bisa tinggi harganya meskipun beberapa tahun kedepan mbak, seperti tanah, rumah, emas dll

      Delete
  28. Iya setuju jangan sampai nanti menyesal di hari tua ya gara2 saat muda kita nggak berpikir untuk mulai berinvestasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, menyesal mah sdh tak ada guna mbak

      Delete
  29. Bank Danamon ini seperti bisa membaca pasar ya. Jaman sekarang orang sudah serba digital. Jadi keren kalau bank danamon punya produk tabungan secara digital. Top dah. Bikin orang makin mager aja nih. Cukup pakai gawai aja 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak Ade. Kan sekarang apa-apa sdh serba digital, makin dipermudahkan

      Delete
  30. Harus banget memang dari sekarang sudah memulai investasi dengan cara menabung. Jadi di hari kemudian, nggak melempem karena kehabisan dana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aapalagi kl anak udah pada gede, biaya pun tdk sedikit yang dibutuhkan

      Delete
    2. Nah.. apalagi buat yang masih single mbak, hemm, jadi tabungan banget nggak hanya untuk investasi kalau nanti udah nggak kerja lagi misalnya, tapi juga buat nanti nikah, hehehe.

      Delete
  31. Dulunya pas masih muda kalo gajian dihambur-hamburkan. Pas udah gak kerja di instansi itu jadi mikir. Hasil kerja kemarin kemana ya? Artikel ini mengingat kembali bahwa semasa masa muda kudu investasi 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups mbak, harus dipikirkan sedini mungkin. Wah sayang banget ya mbak kl gitu. Moga kedepannya lebih memikirkan mau investasi apa agar tua tinggal menikmati hasil

      Delete
  32. setelah membaca ini, jadi mengerti pentingnya investasi, makasih mbak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sam2 mbak. Hayuk ah berinvestasi. Mumpung masih muda

      Delete
  33. Wah, baru sadar setelah baca lagi. Ini artikel sudah kubaca deh. Scroll ke atas ada komenku. Baca dua kaki biar aku cerdas investasi dini

    ReplyDelete
  34. Yang Plus itu bisa digunakan kalau rekening ditutup, mirip2 deposito gtu kayaknya ya?
    Jd gak bisa diambil sesuka hati, bedanya nasabah sendiri yg nentuin kapan waktunya ditarik, gtu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bisa digunakan jika rekening ditutup. 😂

      Delete
  35. zaman now milih investasi emang harus teliti dan cerdas jangan sampai inverstasi abal - abal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak. Yang terpercaya pastinya yang mudah, aman dan juga nyaman

      Delete
  36. Investasi sekarang sudah sangat gampang.tinggal unduh aplikasi dan bisa dilakukan secara online. gampang banget dilakukan. Harus dipelajari sebaik mungkin, pastikan perusahaan aman baru di eksekusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas. Era digital semua makin dipermudah. Mudah, aman dan nyaman sudah pasti menjadi prioritas yang dimiliki D-Bank

      Delete
  37. Ini dia tabungan jaman now ya mba. Segalanya serba smartphone. Hehe. Nice to try.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi nggak perlu capek2 buat ngantri lagi. Cukup dengan sentuhan jari d smartphone

      Delete
  38. Kalau pengambilan diberlakukan jangka waktunya nabung dan investasi bisa lebih fokus, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menabung itu harus fokus dong mbak meskipun diberlkukan jangka panjang ataupun tdk 😁

      Delete
  39. Wah jadi patokannya angka 26 yah. .. Kalo kami sendiri urutan pertamanya bayar hutang kedua baru investasi. Trus kalo mau travelling kudu target tabungan harus sekian baru kami jalan2 biar ga merasa berdosa krn "buang2 uang".... Semoga secepatnya kami bisa melunasi hutang supaya bisa mikir investasi buat masa depan 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya mulai usia 26 udah mulai investasi mbak sebelum banyak kebutuhan lainnya. Investasi harus dimulai sedini mungkin. Aamiin ya mbak hutangnya terlunaskan

      Delete
  40. Saya termasuk telat nih,anak baru sekolah baru mikirin untuk investasi hehehe baru berasa beratnyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Tapi setidaknya mbak mulai investasi sekarang, mana tau rezeki anaknya berlimpah dan mbak bisa investasi

      Delete
  41. 26 udah mulai investasi? Ak ap kabar ya? Menurut ak anak n rumah udh termasuk kategori investasi aset sih meski nyicil. Hihi. Tp klo pny budget tambahan why not ya kan. Krn investasi emg penting bgt buat masa depan. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, investasi sangat penting untuk hari tua. Apalagi kebutuhan pendidikan anak yg tdk sedikit

      Delete
  42. Kita semakin dipermudah utk menabung dan berinvestasi ya.. Tinggal kemauan dan motivasi yg kuat aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kl nggak ada keinginan dan motivasi yg kuat jg gak bakalan bisa investasi yg ada kepakai lagi, lagi-lagi kepakai

      Delete
  43. wah, aku juga tertarik investasi. tapi masih ragu kalo ada kaitannya sama bank. makasih ya mba reviewnya, jadi buat referensi nih.

    ReplyDelete
  44. Wah aku senang sekali kalau nggak ada biaya administrasi. Hihihi. Jadinya memang lebih memudahkan dan praktis yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak. Mudah, aman, dan nyaman pastinya

      Delete
  45. Paling penting nih investasi pendidikan anak2 dan harta yang dimiliki untuk kini dan masa depan. Apalagi anakku kepengen jadi dokter...jadi kudu ambil langkah cepat. Ada Bank Danamon yang wow... Ga ada biaya administrasinya. Cocok deh. Biar makin banyak hasil tabungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tercapai ya mbak cita2 anaknya yg ingin jadi dokter.

      Delete
  46. Sekarang bank konvensional pun udah merambah ke tabungan digital ya. Saya juga skrg lagi berusaha nabung setelah kemarin bongkar tabungan buat anak sekolah. Kerasa banget manfaatnya bisa nyicil nabung buat anak sekolah.

    ReplyDelete
  47. Ooo gtu, yg plus itu emang bagusnya buat jangka panjang ya. Bisa tu kalau buat yg merencanakan keluarga, segera nabung di sana buat biaya sekolah anak atau modal usaha, misalnya. TFS

    ReplyDelete
  48. Investasi jadi makin mudah ya dengan aplikasi yang diakses melalui gadget kita....

    ReplyDelete
  49. Wah nambah lagi referensi untuk invesatasi yang oke, aku belum pernah berurusan sama Bank Danamon mba, penting nih buat alternatif tempat berinvestasi..

    ReplyDelete
  50. Investasi sedini mungkin memang penting banget, menuntut kita untuk pintar2 mengatur keuangan juga. Karena, berhemat di masa muda itu susah2 gampang, bawaannya pengen cari hiburan dengan alasan "bayaran" untuk kerja keras yang dilakukan,itu yang aku pikir dulu, nyeselnya sekarang, haha.

    ReplyDelete
  51. ya ampun model investasi jaman now banget ya, semua bisa dilakukan melalui genggaman tangan. Yuk ah mulai berinvestasi mumpung masih muda

    ReplyDelete
  52. Lah, artikel ini lagi yang kubaca. Dah khatam nih aku, Eva. Makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  53. Investasi penting banget dimulai sejak dini biar masa depan lebih cerah. Sekarang enak ya, banyak aplikasi yang memudah kita untuk berinvestasi, salah satunya D-bank ini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature