Ngabuburit Ajang Silaturahmi dan Menambah Wawasan

Monday, June 11, 2018
Ngabuburit menjadi ajang silaturahmi? So pasti dong. Tapi, kalau ngabuburit bisa menambah wawasan, emang ada? Tentu saja ada. Sebagaimana yang saya dapatkan saat mengikuti kegiatan ngabuburit bersama lalalaway.

Pada kesempatan kedua, uhum kesempatan kedua yeee (Alhamdulillah kesempatan pertama, saya terpilih untuk ikut belajar mengenai SEO, dan yang kedua ini mengenai Facebook Ads). Acara yang berlokasi di Rajakamar itu menghadirkan pakar-pakar di bidangnya, seperti Mas Darwin selaku digital marketing di lalalaway, dan juga Mas Rendra Saputra yang mana pada pertemuan acara pertama kalinya ia memberikan workshop mengenai SEO dan pada kesempatan kedua ini ia memberi workshop mengenai Facebook Instant Article. Intinya, bagaimana cara beriklan di facebook agar bisa memperoleh benefit yaaaa 😉.

Oiya, sebelum masuk ke pembahan mengenai cara beriklan di Facebook. Saya akan menyampaikan sekilas mengenai tumbuh kembangnya Facebook hingga sekarang. Next for your Information!

Sekilas Tentang Facebook.

Generasi millenials tentunya sudah nggak asing lagi dengan media sosial bernama facebook. Bahkan hingga saat ini pun, pengguna media sosial yang didirikan oleh Mark Zukenberg itu terus bertambah meskipun beberapa waktu yang lalu sempat terjadi peristiwa bobolnya data pengguna facebook.


Mark Elliot Zuckerberg atau lebih dikenal dengan Mark Zuckerberg, merupakan seorang pemrogram komputer dan pengusaha internet, yang dikenal karena ia telah menciptakan situs jejaring sosial bernama Facebook bersama teman sekelasnya. Sehingga, pada tahun 2008 Mark Zuckerberg menjadi miliarder termuda di dunia ketika mendirikan Facebook di tahun 2004.

Hal yang paling menarik dari Mark Zuckerberg ialah ketika ia menolak tawaran dari perusahaan besar yang akan membeli Facebook, namun ia menolak dengan alasan "Mark dan rekan-rekannya bertujuan menciptakan aliran informasi yang terbuka untuk orang-orang. Karena yang dipedulikan adalah misi dan membuat dunia terbuka".

Meskipun secara urutan, Facebook berada di posisi kedua, namun berdasarkan data trafik situs per bulannya, Facebook menjadi media sosial yang paling banyak dikunjungi oleh penggunanya dengan pencapaian lebih dari 1 Milliar Juta pengunjung di tiap bulannya.



Nah, materi kali ini tentunya sangat berkaitan erat dengan para blogger yang ingin meningkatkan kemampuan Facebook Optimizer Ads serta memanfaatkan fitur-fitur dari Facebook Ads itu sendiri demi untuk mendapatkan pengunjung serta trafik ke blog seorang blogger. Di sinilah pentingnya seorang blogger harus mampu memaksimalkan fungsi media social sebagai ajang promosi.

Terlebih dari pengalaman yang pernah saya alami, yang mana usia menulis artikel di blog, saya kemudian membagikan artikel tersebut ke setiap grup facebook yang mana saya telah bergabung di grup tersebut.

Dan, sebuah fakta membuktikan bahwa "artikel yang awalnya iseng tidak saya share ke grup-grup facebook ternyata pengunjungnya lebih sedikit dari artikel yang saya share ke berbagai grup facebook".

Materi mengenai facebook ini dijelaskan secara gamblang oleh Mas Darwin, dimana terdapat beberapa type iklan yang terdapat pada facebook, target sasaran beriklan yang tepat, dan lainnya.



Next season Mas Rendra memaparkan mengenai Facebook Instant Articles yang mana meskipun Facebook instant Articles ini baru berumur 3 tahun, namun menurut Mas Rendra, ini sudah benar-benar target blogger untuk monitise blognya.

Contoh Instant Article ada tanda petir bawah tulisan sebelah kanan. 

Apa itu Facebook Instant Articles? Perlu diketahui ya, Facebook Instant Articles atau Artikel Instan Facebook ialah merupakan format publikasi seluler yang memungkinkan penerbit berita untuk mendistribusikan artikel ke aplikasi Facebook. Yang mana berlaku di aplikasi facebook, dan akan muncul simbol seperti petir.

Nah, saat pembaca meng-klik link artikel yang memiliki simbol tersebut, maka pembaca akan lebih cepat masuk ke artikel blog yang di share biasa dan tentunya ter-load agak lama. Tidak hanya itu saja, Instant Article ini memberikan banyak benefit untuk penggunanya.


Acara ini didukung oleh Lalalaway.com

Mungkin diantara teman-teman masih bertanya-tanya apa itu lalalaway.com, untuk lebih jelasnya teman-teman bisa berselancar ke tulisan saya sebelumnya mengenai Cara pesan hotel online mudah tanpa ribet.


Lalalaway merupakan situs booking hotel terpercaya yang mana partner lalalaway ini hotel berbintang 4 & 5 serta maskapai terbaik di Indonesia, selain itu lalalaway juga memberikan harga yang jauh lebih kompetitif ketimbang Online Travel Agent lainnya, sebab lalalaway.com ini merupakan situs Flash Sale yang memberikan pelayanan terbaik serta harga menarik. 

Selain itu, customer juga mendapat benefits diantaranya:
1. Save Money ✔
2. Afford luxury hotels ✔
3. Discover south East Asia ✔

Sudah merencanakan kemana dan mau belajar apa nih? 
7 comments on "Ngabuburit Ajang Silaturahmi dan Menambah Wawasan "
  1. Mungkin juga tergantung grupnya kali ya. Soalnya pengalamanku kalau ngesharenya ke grup yg semua blogger gak banyak yg klik. Tapi kalau dishare ke grup yg membernya org biasa biasanya lbh banyak yg klik.

    ReplyDelete
  2. waah informatif banget nih, ngabuburit berfaedah

    ReplyDelete
  3. Saya sudah 2 tahunan sering pasang iklan di FB, tapi baru tau tentang ini.
    Informatif dan bakal saya cobain deh hehehe.

    Btw meng share artikel ke grup blogger memang berpengaruh juga dengan PV, secara kan banyak yang minta di kunjungi balik hehehe

    ReplyDelete
  4. info yang menarik. saya sering share link di grup blogger sih, tapi kalau pasang iklan sih masih maju mundur maju mundur cantik nih, meski tertarik juga..

    ReplyDelete
  5. Memang benar FB memiliki banyak pengaruh untuk menaiki visitor Dan pv ya.. Karena masih byk org yg membutuhkan FB sekalipun kemarin kena pembobolan data. Kalo lalaway Aku Baru tau itu semacam allikasi travel hehe. BTW iklan lalaway byk sekali akhir2 ini di blog Dan to medsos ya..

    ReplyDelete
  6. Jadi penasaran ma Facebook Instant Article mbak...

    ReplyDelete
  7. Sayang instant artikel hanya untuk wp saja. Huhuhu menunggu blogspot bisa juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature