Keseruan Cooking Class Bersama Mom Blogger Community

Thursday, June 7, 2018

Saat ngomong soal cooking class, sudah pasti bisa membayangkan keseruan yang terjadi saat memasak. Dan itu yang saya rasakan saat mengikuti kegiatan tersebut. 

Memasak sudah menjadi tugas dan kewajiban seorang ibu, tapi memilih makanan yang sehat serta cara pengolahan yang tepat juga penting loh. Seperti saya yang sebelum mengikuti acara cooking class ini masih asal-asalan masaknya *edisicurhat* 😂. 

Beruntungnya bisa mengikuti kegiatan yang memantik rasa ingin tahu saya ini dan setidaknya setelah ini saya nggak asal-asalan lagi saat akan menyajikan makanan sehat buat keluarga. Aamiin. 

Kegiatan cooking class ini terselenggara atas kerjasama dari Komunitas Mom Blogger Community yang diketuai oleh Mbak Amalia Sarah dengan pihak Bakso Bonanza. 

"loh, apa hubungannya dengan bakso?"

Jelas ada dong, kan ibu-ibu menjadi prioritas penghidang makanan buat keluarga. Dan kita ketahui sendiri jika bakso merupakan jajanan anak bangsa, yakni Indonesia. Jadi, sudah sepatutnya seorang ibu harus menyajikan jajanan sehat sendiri di rumah, terutama olahan bakso. Nggak mau dong anggota keluarga konsumsi makanan sembarangan yang kita sendiri nggak tahu asal usulnya, baik tidaknya untuk dikonsumsi? Nah, untuk itulah acara cooking class diselenggarakan, selain memberi pengetahuan lebih kepada ibu-ibu mengenai bakso yang sehat dikonsumsi, ibu yang hadir juga mendapat tips agar sajian untuk keluarga tercinta lebih berasa enaknya. pssst... Bukan hanya moms aja, tapi dads juga hadir ke acara tersebut

Sekilas Mengenai Komunitas Mom Blogger Community

Mom Blogger Community atau yang lebih dikenal dengan MBC ini berdiri pada tanggal 6 Maret 2018. Komunitas yang mewadahi para mamah blogger ini didirikan dengan misi-misi yang positif, tentunya semua berkat kerjasama para founder, yakni Mbak Amalia Sarah dan Mbak Icha Faizah.

Didirikannya komunitas yang memiliki warna dominan pink ini, bertujuan untuk memfasilitasi para mamah blogger agar dapat menyampaikan informasi serta ilmu yang didapat pada masyarakat luas melalui tulisan yang dibuat. Sebagaimana informasi yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini setelah sebelumnya saya diundang pada acara Cooking Class Bakso with Chef Gaby Dharmadji". Agar nggak penasaran, next for your information, Moms!

Memasak Jajanan Sehat Untuk Keluarga

Saat tiba di acara Cooking Class yang diadakan di Farmers Market Serpong Tangerang Selatan (30 Mei 2018), lokasi telah dihadiri oleh mamah-mamah yang sangat antusias ingin belajar cara mengolah makanan sehat untuk keluarga tercinta, dimana bahan pokok yang digunakan saat acara berlangsung adalah Bakso Bonanza. Mengapa harus bakso? Sebab, kita ketahui sendiri jika bakso menjadi makanan khas tradisi serta budayanya Indonesia yang dimasak dengan beranekaragam masakan serta paling diminati, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Bahkan, bakso pun disukai oleh wisatawan asing saat berwisata ke Indonesia, sebagaimana informasi yang saya dapat saat mengikuti acara peluncuran bakso Bonanza.

Sebagai seorang ibu, tentunya Mamah wajib menyediakan makanan sehat untuk keluarga, terutama jika makanan yang akan disajikan berupa bakso. Akan tetapi, bakso juga seringkali menimbulkan berbagai kekhawatiran di kalangan ibu rumah tangga, seperti misalnya daging yang digunakan bukan daging segar, menggunakan pengawet, penambahan borax hingga asal sapi yang tidak jelas asal muasal serta pemeliharaannya. Duuh, tentunya mamah tambah khawatir kalau anggota keluarga jajan bakso di luaran 😖. Untuk itulah, pada acara Cooking Class, produk yang digunakan adalah bakso, sekaligus mengenalkan kepada mamah-mamah yang hadir bahwa dari sekian banyak isu miring yang beredar mengenai bakso, ternyata masih ada bakso yang diolah secara baik, baik dalam bahan yang digunakan hingga pemeliharaan sapi yang dijadikan bahan utama bakso, yakni Bakso Bonanza.



Sekilas Tentang Bakso Bonanza (Bonanza Beef Bakso)

Bakso Bonanza merupakan bakso berbahan utama dari 84 % daging sapi yang berasal dari peternakan sapi sendiri yang dirawat dengan menerapkan ‘good farming practice’, yang menjamin kesejahteraan hewan, keamanan pangan, dan diproses secara halal dan ‘good manufacturing practice’. Pemeliharaan sapi berlokasi di Terbanggi Besar, Lampung.

Karena mengandung 84 % daging sapi inilah sehingga Bakso Bonanza berasa banget dagingnya, dan tentu saja tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga pada proses penyimpanan bakso Bonanza pun harus disimpan frozen.

Nah, sudah tahukan alasan mengapa memilih Bakso Bonanza? Masih mau pilih bakso yang lain? Kalau saya sih, No! Oke, Mah! Selanjutnya masuk ke menu masakan yang diajarkan oleh Chef Gaby. Yang mau praktek masak buat berbuka maupun sahur, boleh dicatat ya!

1. Bakso Kuah Spesial ala Rumah.

Untuk olahan Bakso Kuah, Chef Gaby menyarankan agar membuat kuah bakso menggunakan bumbu segar yang ada di rumah, sehingga mamah nggak perlu menggunakan bumbu instan, karena sebetulnya membuat bumbu kuah bakso daging sapi itu sangatlah mudah asalkan baksonya memang sudah enak dan berkualitas.



Bahan Kuah Bakso:

500gr tulang sapi
3L air 
6 buah kemiri 
8 buah bawang putih 
3 buah daun bawang (putihnya saja)
8 buah bawang merah (dimasak sampai caramelize)
1 pack bakso BONANZA

Cara Membuat:

  1. Panaskan air sampai mendidih, rebus tulang sapi selama 2-3 menit. Angkat dan cuci.
  2. Masukan 3L air dan tulang sapi. Rebus sampai air panas.
  3. Giling kemiri, bawang putih dan daun bawang. Tumis selama 3-4 menit atau sampai wangi.
  4. Campurkan ke kuah dan diamkan sambil direbus.
  5. Masukan bawang merah yang sudah di masak kedalam air rebusan.
  6. Godok selama 20 menit dan masukan bakso 10 menit sebelum disajikan.
  7. Beri garam pada kuah bakso secukupnya.

Taraaa! Bakso kuah siap dihidangkan!  
Next, berikutnya mamah akan kasih resep kedua dari Chef Gaby.

2. Bakso Bakar Yakitori ala Jepang

Siapa yang suka mencicipi sajikan masakan ala Restoran Jepang? Saya! 😂. Nah, olahan yang kedua ini, mamah bisa menyajikan sajian masakan ala Restoran Jepang ke dalam Rumah. Sehingga, mamah dan keluarga tidak perlu lagi susah payah keluar rumah atau pesan makanan delivery.
Tidak hanya itu saja, menu yang satu ini ketika dimasak pun langsung tercium aroma sedapnya yang begitu menggoda selera.



Bahan TERIYAKI SAUCE:

1/2 cup kecap asin kikkoman
1/2 cup air
3 sdm gula
1 buah daun bawang diiris
secukupnya jahe diparut
1/4 buah bawang bombay diiris
4 buah bawang putih dicincang
1/2 sdm minyak goreng
4 lembar daun jeruk
1 pack bakso BONANZA
Sayuran-sayuran sesuai selera

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay, daun bawang, daun jeruk selama 3 menit.
  2. Masukan bawang putih dan tumis selama 1-2 menit atau sampai harum.
  3. Masukan kecap asin kikkoman, air, gula, jahe. Tambahkan gula bila kurang manis.
  4. Masak selama 6 menit sampai mengental.
  5. Kreasikan sate bakso BONANZA sesuka mamah, dan bakar sambil dilumuri saos teriyaki. 

Bakso Bakar Yakitori ala Jepang pun sudah siap dinikmati.

Next, menu terakhir!

3. Bakso Goreng Crispy

Mamah, menu yang satu ini juga menjadi menu yang sangat pas untuk dihidangkan saat berbuka puasa, atau bisa disajikan sebagai camilan tamu di rumah, dan pastinya nanti langsung diserbu.



Adonan Pertama:

1 buah telur
1/2 cup tepung beras
1/2 cup tepung terigu
2 sdm tepung kentang
2 sdt baking soda
3/4 cup air dingin
secukupnya gula, garam, lada.

Adonan Kedua:

1/2 cup tepung beras
1/2 cup tepung terigu
secukupnya gula, garam, lada
1 pack bakso BONANZA
secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Campurkan semua adonan yang pertama hingga benar-benar tercampur rata.
  2. Masukan bakso BONANZA kedalam adonan pertama.
  3. Masukan bakso kedalam adonan kedua.
  4. Kemudian kembalikan bakso kedalam adonan pertama dan goreng selama 4 menit atau sampai coklat keemasan.
  5. Sajikan dengan saos kesukaan mamah sekeluarga. 


Enak ya, Mah, sambil ngabuburit, dan melihat makanan-makanan tersebut langsung bikin laper! 😂. Oiya, Mah! Selain rasanya yang enak, mengenyangkan, serta sehat, ternyata Bakso Bonanza juga bisa dikreasikan menjadi banyak menu.

Duuh, rasanya nggak bakalan bosan untuk makan Bakso apalagi Bakso Bonanza, yang mana saat makan tidak ada perasaan khawatir sama sekali, sebab selain konten dagingnya banyak, aman dari borax dan bahan pengawet, bakso Bonanza juga aman dimakan hingga beberapa butir, sehingga mamah dan keluarga tercinta jadi mau lagi dan lagi.

"Mau dong, nyobain Bakso Bonanzanya. Tapi, dimana ya belinya?"

Tenang, Mah! Selain di Farmers Market, Bakso Bonanza Beef (Daging Sapi) juga bisa didapatkan di Supermarket seperti di Ranch Market, Papaya, Grand Lucky dan beberapa Supermarket lainnya. Soal harga, Mamah cukup merogoh kocek Rp. 85.000, sudah dapat Bakso Bonanza dengan berat 500 gram, Isi +- 30 Butir.

Untuk Informasi lebih lanjut mamah bisa di cek ke: 
www.bonanza-beef.co.id
Instagram @bonanzabeef.id
fb.me/bonanzabeef.id
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature