Tips Jenius Kelola Finansial di Era Digital

Friday, March 8, 2019

Halo Emaks, siapa nih yang sudah mengelola keuangan rumah tangga dengan baik? Dengan tertata? Kita para Emak pasti setuju banget ya jika mengelola keuangan rumah tangga menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga yang tentunya bisa dibilang susah-susah gampang. Bahkan, terkadang saking banyaknya angka yang harus dicatat dan diingat membuat kita pusing kepala 😁. Sehingga, jika salah dalam mengelola, bisa runyam urusan. 

Dalam menjalani peran sebagai ibu rumah tangga, tentunya kita sudah bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan pokok dan mana yang hanya sekadar keinginan. Namun, pada kenyataannya dan masalah yang umum terjadi ialah bagaimana cara kita mengendalikan diri terhadap desakan keinginan tersebut. Yang perlu kita ketahui dan pahami adalah bahwa suksesnya seseorang dalam mengelola keuangan bukanlah terletak pada upayanya memperbesar pemasukan melainkan pada caranya dalam mengelola pengeluaran. 

Dalam urusan mengelola keuangan, tidak peduli apa latar belakang pendidikan seorang ibu rumah tangga tersebut, namun soal pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola keuangan keluarga tentunya sangat diperlukan. Sosok ibu rumah tangga merupakan sosok hebat yang mampu mengerjakan semua tugas-tugas domestik dengan penuh tanggungjawab dan tanpa kenal lelah, namun sebagai seorang Emak tentunya kita pernah dihadapkan pada kondisi dimana kesulitan mengatur atau mengelola keuangan sehingga akhirnya Emak memiliki utang untuk menutup kebutuhan keluarganya, dihadapkan pada sulitnya menabung, bahkan Emak akhirnya ambil andil dengan membantu suami mencari tambahan pendapatan keluarga namun masih saja tidak dapat mencukupi kebutuhan tersebut. 

Rencanakan Tujuan Keuangan 

Sebuah pepatah mengatakan, jika penghasilan ibarat sebuah sepatu, yang apabila terlalu kecil ia akan menjepit kita, namun jika terlalu besar sepatu itu dapat membuat kita tersandung di dalam perjalanan. Sehingga diperlukan pengendalian terhadap diri, emosi dan pola hidup. 

Dalam mengelola keuangan, tentunya kita mesti mempunyai perencanaan yang baik seperti tujuan keuangan itu untuk apa, prediksi biaya sekarang dan biaya masa depan, jangka waktu untuk berapa tahun dan berapa tabungan rutin yang harus dilakukan per bulannya. Melakukan perencanaan keuangan seperti menyiapkan dana untuk masa pensiun, membuat anggaran, berinvestasi, menabung untuk dana darurat tentunya dapat membantu kita agar hidup lebih sejahtera meskipun kedepannya akan ada badai keuangan yang datang. 

JENIUS Membantu Kelola Keuangan 

Alhamdulillah, di era digitalisasi seperti sekarang ini, kita semakin dimudahkan. Emak tinggal pencet handphone, apa saja sudah bisa dipesan, bahkan Emak yang masih bingung kelola keuangan pun bisa terbantu, yakni dengan bantuan JENIUS



Dengan bantuan Jenius, Emak akan sangat tertolong, mulai dari mengatur budget pengeluaran, menabung hingga berinvestasi, bisa dilakukan hanya dengan 1 (read: SATU) rekening saja dari ponsel. 


Sekilas Tentang Jenius 

Jenius merupakan sejenis kartu yang dikeluarkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) yang memberikan kemudahan bagi penggunanya mulai dari pembukaan rekening full via aplikasi hingga penggunaan fitur-fiturnya. Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup isi form pendaftaran secara lengkap, kemudian kita akan diwajibkan untuk melakukan verifikasi akun yang telah dibuat.

Proses verifikasi akun pun sangat mudah, yakni kita bisa memilih ingin datang langsung ke Bank BTPN atau memanfaatkan fitur memanggil crew ke lokasi dimana kita berada. Dari pengalaman saya ketika membuat kartu Jenius, saya menggunakan fitur memanggil Crew untuk proses verifikasi, terbilang sangat cepat, karena prosesnya kurang dari 30 Menit. 

Setelah melakukan verifikasi akun, kemudian petugas memberikan saya tutorial mengenai cara penggunaan aplikasi dan fitur-fitur yang dimiliki setelah akun kita tadi aktif. 


Beberapa Fitur JENIUS


Agar pengelolaan keuangan lebih terarah, Jenius memberikan pelayanan jenis fitur yang dapat digunakan sesuai keinginan, diantaranya:


  • Save it. 

Yang terdiri dari Flexi Safer, Dream Saver dan Maxi Saver. Menjadi fitur yang dapat digunakan untuk merencanakan tabungan, memaksimalkan tabungan dan wujudkan mimpi dengan mudah. 


  • Card Center. 
Merupakan fitur kartu Debit ATM (fisik) yang terdiri M-Card dan e-Card. 
M-Card merupakan kartu ATM yang dapat kita gunakan untuk menarik uang dari ATM manapun tanpa biaya administrasi, bahkan dapat  kita digunakan untuk transaksi penarikan sampai 25 kali dalam satu bulan, sedangkan
E-Card merupakan kartu elektronik yang dapat digunakan untuk transaksi online. Kartu ini dapat berfungsi layaknya VCC ketika kita ingin melakukan verifikasi akun pembayaran online seperti Paypal, dan lainnya. 

  • E-Wallet Center. 

Merupakan fitur yang dapat digunakan untuk belanja online, untuk pembayaran kebutuhan rutin seperti, tagihan TV berbayar, token listrik dan lain sebagainya.


  • Fitur cashtag.

Fitur ini juga dapat memudahkan kita dalam bertransaksi menggunakan aplikasi keuangan online jenius menggantikan nomor rekening yang terkadang kita sendiri tidak hapal nomor rekening sendiri. Proses pengiriman uang menjadi lebih mudah dengan menggunakan fitur cashtag. Nanti Anda bisa membuat cashtag Anda sendiri dengan inisial nama panjang Anda misalnya. Panjang minimal sebuah cashtag akun jenius yaitu 4 karakter dengan maksimal panjang 30 karakter. Misalnya Anda ingin transfer uang ke sesama pengguna akun jenius. Tinggal tanya saja apa nama cashtag yang dia pakai. Jadi tidak perlu lagi mengingat atau menyimpan nomor rekening yang panjang dan sulit dihapal itu lagi.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa mendapatkan kartu Jenius? Tentunya dengan cara yang sangat mudah, yakni kita download terlebih dahulu aplikasinya di Play Store atau Apple Store. Kemudian siapkan dokumen yang diperlukan, seperti: alamat email aktif, omor handphone, KTP atau SIM dan NPWP. Dan, untuk proses tanda tangan elektronik dapat dilakukan pada saat petugas verifikasi datang melakukan pengecekan data. Setelah melakukan upload dokumen, Anda akan diarahkan ke pengisian data pembukaan akun Bank Baru. 

Setelah semua isian form lengkap, maka langkah selanjutnya adalah proses verifikasi akun. Cukup mudah bukan?


2 comments on "Tips Jenius Kelola Finansial di Era Digital"
  1. Jenius mampu mengelola keuangan semua profesi mbak. Apalagi ada kartu visa dipakai untuk transaksi internasional hehe.

    ReplyDelete
  2. lengkap juga fiturnya ini aplikasi,
    bisa nyimpen pendapatan sama pengeluaran.
    di jaman digital emng perlu aplikasi kyk gini,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature