Tips Menjadi Sukses Sebelum Tua

Thursday, March 14, 2019


“Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect.”- Brian Tracy, Million Dollar Habits. 


Siapa yang setuju dengan apa yang diungkapkan oleh Brian Tracy mengenai sukses? Saya setuju banget. Mengapa? Sebab, suksesnya seseorang ketika ia mampu menjalani hidupnya sesuai dengan keinginan, dapat melakukan apa yang paling ia nikmati. Sebagaimana sebuah inspirasi yang saya dapatkan dari seorang remaja berusia 14 tahun. 

Bayangkan! Di usianya yang masih terbilang remaja tersebut, ia sudah bisa sukses mendulang rupiah, yang mana gajinya sudah mencapai Miliaran rupiah. Wow, siapa yang nggak mau booo'. Bahkan, kita bingung mikir, itu uang sebanyak berapa koper yaaa, apa nggak pegel ngitung itu duit? Wkwkwk... 

Tapiiii... Masa iya kita harus terkagum-kagum aja melihat orang yang sukses tanpa melakukan sesuatu? Pastinya, jika ingin ikutan sukses, ya kita mesti bertindak. 

Ada beberapa hal yang bisa kita lkukan diataranya: 

  • Temukan dan Kembangkan Apa yang Menjadi Hobi.

Setiap makhluk Tuhan, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitupun dengan hobi, tentunya masing-masing kita telah dikaruniai hobinya masing-masing, tinggal kita mau mengasah dan menjadi sukses atau membiarkan hobi tersebut hilang begitu saja. 

Mengapa dimulai dari hobi? Mungkin diantara teman-teman ada yang menanyakan hal itu. Yups, balik lagi ke diri kita, apabila sudah menyukai apa yang menjadi hobi, tentunya kita akan menjalaninya dengan sungguh-sungguh, dan kesungguhan itulah yang kemudian dapat menuai hasil. Seperti misalnya hobi memasak (bagi perempuan), dengan hobi memasak tersebut ia bisa membuka usaha kecil-kecilan, baik itu warteg hingga akhirnya menjadi usaha besar.

  • Mulailah Menabung Meskipun Receh.

Pixabay

Siapa nih yang masih enggan buat menabung? Maka mulailah menabung dari sekarang? Bagi sebagian remaja, menabung bukanlah kewajiban utama, toh bisa minta uang dari orangtua. Padahal jika mau, kita (read: remaja) bisa kok memulainya dari uang receh yang kita dapatkan saat diberi ibu dari hasil uang kembalian. Atau mungkin, sebagian dari uang jajan yang diberi Ayah. 

Ingat, kan, kata pepatah "sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit"? Nah, dari yang sedikit itulah lambat laun akan menjadi banyak. Yang kemudian dapat digunakan untuk mengembangkan hobi memasak kita tadi. Meskipun masih kecil-kecilan.

  • Berani Untuk Memulai Bisnis.

Pixabay

Hobi sudah ada, tabungan pun sudah punya, maka langkah selanjutnya adalah memulai bisnis. Namun, kadangkala ada yang belum berani untuk memulainya, dikarenakan takut gagal, takut bangkrut dan ketakutan-ketakutan lainnya yang membuat seseorang tersebut tidak jadi untuk berbisnis. Padahal, kegagalan terbesar adalah Menyerah. 

Pernah mendengar tentang Jack Ma? Ia seorang yang telah jatuh bangun dengan kegagalan demi kegagalan yang dialaminya, yang mana pernah ditolak tiga kali dari Universitas yang ia pilih, bahkan ia pernah ditolak sebanyak 30 kali ketika melamar pekerjaan, dan penolakan-penolakan lainnya, hingga ia dapat membangun perusahaan Alibaba. Kalau Dilan, pasti gak akan sanggup menerima penolakan tersebut. Sebab, kegagalan adalah guru terbaik sedangkan kunci kesuksesan adalah ketika kita mengerti pelajaran dari kegagalan tersebut. 

Bagaimana? Masih menunda untuk memulai sukses? Say to No! 

Oh iya, saya juga punya info menarik nih yang bisa bikin kamu punya modal untuk bisnis kecil-kecilan, yakni dengan mengikuti sayembara menulis blog yang diselenggarakan oleh MoneySmart. Siapa tahu beruntung menjadi juaranya. Caranya gampang banget, dan teman-teman bisa isi Form perlombaannya


Semoga beruntung!😉
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature